Jawaban Bab IV Bahasa Indonesia Halaman 123 Kelas 7 Kurikulum Merdeka Kegiatan 6 Semester 2

Kunci jawaban Bab 4 Bahasa Indonesia kelas 7 halaman 123 kurikulum merdeka Kegiatan 6 Mencermati Unsur Kebahasaan dalam Berita Eksplanasi. Tepatnya pada materi Bab IV Aksi Nyata Para Pelindung Bumi pada buku semester 2.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan pembahasan sebelumnya dimana kalian telah mengerjakan soal Kegiatan 5. Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan buka link tersebut!

Kegiatan 6:
Mencermati Unsur Kebahasaan dalam Berita Eksplanasi

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Kurikulum Merdeka Halaman 123 Kegiatan 6

Akun Twitter @masawep atau Arief Arbianto yang mengunggah video tersebut menulis, “Mohon doanya agar Kota Meulaboh baik2 saja. Pemandangan awan pagi ini di atas kota Meulaboh, Aceh Barat.»

Melihat fenomena alam yang viral ini, sebagian masyarakat bertanya-tanya apakah awan ini pertanda datangnya bencana alam.

Menanggapi viralnya video fenomena awan tersebut, Kepala Bidang Prediksi dan Peringatan Dini BMKG, Miming Saepudin, pun angkat bicara. Miming menuturkan bahwa memang benar fenomena awan berbentuk seperti tsunami di video tersebut merupakan fenomena yang relatif jarang terjadi.

“Secara ilmiah, fenomena awan tersebut dinamakan dengan awan arcus,” kata Miming kepada Kompas.com, Senin (10/8/2020).

Untuk diketahui, awan arcus adalah jenis awan rendah dan memiliki formasi pembentukan horizontal. Dijelaskan Miming, awan arcus ini terbentuk sebagai hasil ketidakstabilan atmosfer sepanjang atau di depan pertemuan massa udara yang lebih dingin yang mendorong massa udara hangat dan lembap naik. “Sehingga terbentuklah tipe awan arcus yang pola pembentukannya horizontal,” jelasnya. (Baca secara lengkap pada buku)

Temukanlah unsur-unsur bahasa dalam berita eksplanasi “Muncul Awan Seperti Gelombang Tsunami di Aceh, Ini Penjelasan BMKG”, lalu lengkapilah tabel di bawah ini dengan contoh-contoh kalimat yang mengandung unsur kebahasaan ini.

Jawaban :

No Unsur Kebahasaan Ada/Tidak Penggunaan dalam Kalimat
1. Kalimat tunggal Warganet ramai memperbincangkan video viral tentang awan berbentuk tsunami di atas Kota Meulaboh Provinsi Aceh, Senin (10/8/2020).
2. Kalimat majemuk Antisipasi bagi para nelayan yaitu agar berlindung dan menjauhi daerah tersebut karena dapat menyebabkan angin kencang, serta hujan lebat yang disertai kilat atau petir.
3. Konjungsi kronologis Dijelaskan Miming, awan arcus ini terbentuk sebagai hasil ketidakstabilan atmosfer sepanjang atau di depan pertemuan massa udara yang lebih dingin yang mendorong massa udara hangat dan lembab naik. “Sehingga terbentuklah tipe awan arcus yang pola pembentukannya horizontal,” jelasnya.
4. Konjungsi kausalitas
5. Kata ganti

Jawaban soal diatas lengkap, buka DISINI

Baca Juga Pembahasan Soal Lainnya:

Kegiatan 7:
Menganalisis Sumber Berita

Jawaban, buka DISINI

Demikian pembahasan kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 7 SMP MTS halaman 123 kurikulum merdeka Bab IV Aksi Nyata Para Pelindung Bumi di buku kelas VII semester 2. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Terimakasih, selamat belajar!

3 Comments