Karangan Singkat dengan Ide Pokok Aku Mempunyai Hewan Kesayangan

Buatlah sebuah karangan singkat dengan ide pokok paragraf 1 aku mempunyai hewan kesayangan, pembahasan kunci jawaban tema 1 kelas 5 halaman 11 12 14 17 18 19 tepatnya pada materi pembelajaran 2 subtema 1 Organ Gerak Hewan di buku tematik siswa sekolah dasar.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan dari tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal ide pokok dan kalimat pengembang bacaan gerak ikan dalam air di buku tematik.

Karangan Singkat dengan Ide Pokok Aku Mempunyai Hewan Kesayangan

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 Halaman 18 sampai 19

Ayo Renungkan

1. Buatlah sebuah karangan singkat dengan ide pokok berikut ini.
Paragraf 1: Aku mempunyai hewan kesayangan.
Paragraf 2: Aku bermain dengan hewan kesayanganku setiap hari.
Paragraf 3: Aku rajin memberinya makan.
Paragraf 4: Aku rajin membersihkan tubuh dan kandangnya.

Jawaban :

Jhony Kelinci Kecilku

Aku mempunyai hewan kesayangan. Hewan kesayanganku adalah seekor anak kelinci yang kuberi nama Jhony. Memiliki hewan peliharaan merupakan hal yang menyenangkan bagiku. Apalagi hewan peliharaan tersebut sudah memiliki kedekatan seperti layaknya seorang sahabat. Hal itulah yang membuat aku mau memiliki hewan peliharaan.

Aku bermain dengan kesayanganku setiap hari. Jhony adalah anak kelinci yang ramah dan setia. Hampir setiap hari aku bermain dengannya. Aku dan Jhony juga sering bermain sambil becanda dan berkejar-kejaran. Dia mengejarku sambil meloncat-loncat dan mengibaskan ekornya.

Aku rajin memberinya makan. Aku memberi makan Jhony secara teratur, tiga kali sehari. Dia menyukai hampir semua makanan yang aku berikan padanya, misalnya, sayuran dan buah-buahan. Dia hanya minum air putih karena aku tak pernah memberinya susu.

Aku rajin membersihkan tubuh dan kandangnya. Aku memandikannya tiga kali seminggu. Kadang aku membawanya ke dokter hewan untuk memeriksakan kesehatannya. Selain itu kandangnya aku bersihkan hampir setiap hari. Semua aku lakukan agar Jhony tumbuh dengan sehat dan dapat menemaniku saat ada di rumah.

2. Perbedaan organ gerak pada hewan vertebrata merupakan karunia dan bentuk keadilan Tuhan. Amatilah salah satu binatang yang ada di sekitarmu. Catatlah gerakan-gerakan yang dilakukan hewan tersebut dan organ gerak yang digunakan. Tuliskan hasilnya pada kolom berikut.

Jawaban : Cara bergerak hewan yang ada di udara berbeda dengan cara bergerak hewan yang ada di dalam air. Hewan udara contohnya yaitu burung. Burung-burung dapat terbang karena bentuk tubuhnya memiliki gaya angkat yang lebih besar, sehingga dapat melepaskan dari dari pengaruh gaya gravitasi bumi.

Bentuk sayap burung memiliki susunan rangka yang kuat namun ringan. Selain itu burung juga diperkuat oleh tulang dada dan otot-otot yang solid dan kekar saat menahan terpaan angin yang kencang pada waktu sedang terbang di udara. Kontruksinya tulang sayap yang kuat dan ringan memberikan gaya angkat yang cukup besar bagi burung saat akan terbang.

Demikian pembahasan kunci jawaban soal tema 1 kelas 5 SD halaman 18 sampai 19 tentang karangan singkat dengan ide pokok aku mempunyai hewan kesayangan secara lengkap. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 2 subtema 1 organ gerak hewan di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya: Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 Halaman 24 25 26 27 28 29 30 Pembelajaran 3 Subtema 1 Organ Gerak Hewan

2 Comments