Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Bab IV Kelas 7 Kurikulum Merdeka Halaman 108 109 Mangrove Adalah Ekosistem Terpenting yang Berada di Pesisir Pantai

Kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 7 halaman 108 109 kurikulum merdeka Mangrove adalah ekosistem terpenting yang berada di pesisir pantai Wilayah ini memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi, tepatnya pada materi Bab IV Aksi Nyata Para Pelindung Bumi pada buku semester 2.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan pembahasan sebelumnya dimana kalian telah mengerjakan soal Buatlah Rancangan Teks Prosedur secara lengkap. Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan buka link tersebut!

Menganalisis Teks Berita
Kegiatan 1:
Memahami Isi Berita dengan Strategi Prediksi

Kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 7 halaman 108 109 kurikulum merdeka Mangrove adalah ekosistem terpenting yang berada di pesisir pantai

Kalian telah membaca sebuah teks berita. Sekarang periksalah tabel prediksi kalian untuk menandai apakah pernyataan-pernyataan tersebut benar atau salah pada kolom “Setelah Membaca” di sebelah kanan. Kemudian, bandingkan jawaban kalian pada kolom “Setelah Membaca” dengan prediksi kalian pada kolom “Sebelum Membaca” di sebelah kiri.

Setelah membandingkan, berikan tanda centang pada pernyataan tersebut untuk menandai apakah pendapat kalian setelah membaca sesuai dengan prediksi. Apabila kalian belum dapat menentukan apakah pernyataan tersebut benar atau salah bahkan setelah membaca, berikan tanda centang pada kolom paling kanan.

Jawaban :

No Pernyataan Prediksi Saya Benar Prediksi Saya Salah Saya Tak Menemukan Jawabannya Pada Bacaan
1. Mangrove adalah ekosistem terpenting yang berada di pesisir pantai. Wilayah ini memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi.
2. Selain menjaga kelestarian alam, konservasi mangrove dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.
3. Membuang sampah di gunung akan menyebabkan bencana alam.
4. Salah satu tujuan aksi nyata memunguti sampah di gunung adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat.
5. Pihak yang paling dirugikan oleh banyaknya sampah adalah manusia.

Apabila kalian masih belum dapat menentukan pendapat kalian terhadap pernyataan tersebut, kalian dapat menuliskan bagian yang belum kalian pahami pada teks bacaan. Kalian juga dapat menuliskan pertanyaan lain terkait materi yang belum kalian pahami pada bacaan. Diskusikan pertanyaan ini dengan teman dalam kelompok dan guru kalian.

Hal-hal yang belum saya pahami.
  1. Mengapa konservasi mangrove yang menjadi pilihan? Apa tidak bisa dengan tanaman lain?
  2. Apa itu pelatihan daur ulang kertas? Bagaimana caranya?
  3. Bagaimana aksi nyata saving water and energy?
  4. Apa itu bank sampah?

Baca Juga Pembahasan Soal Lainnya:

Kegiatan 2:
Mencari Kosakata Baru untuk Memahami Berita

Jawaban, buka disini : Kosakata yang Sulit bagi Saya

Demikian pembahasan kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 7 SMP MTS halaman 108 109 kurikulum merdeka Bab IV Aksi Nyata Para Pelindung Bumi di buku kelas VII semester 2. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Terimakasih, selamat belajar!

3 Comments