Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 3 Halaman 37 38 39 41 43 44 Subtema 1 Ciri-Ciri Makhluk Hidup Pembelajaran 5 Aturan Sebelum Makan

Kunci jawaban soal Tema 1 Kelas 3 SD MI halaman 37 38 39 41 43 44 Subtema 1 Ciri-Ciri Makhluk Hidup tepatnya pada materi pembelajaran 5 di buku tematik siswa. Silahkan kalian pelajari materi subtema 1 kelas 3 SD, lalu kerjakan soal-soal yang diberikan oleh guru mulai dari halaman 37 sampai dengan 44 secara lengkap.

Ayo Menulis! Perhatikan gambar berikut ini!

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 3 Halaman 37 38 39 41 43 44 Subtema 1 Ciri-Ciri Makhluk Hidup Pembelajaran 5 Aturan Sebelum Makan

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 3 Halaman 37 – 38

Bekerjalah dengan cara berkelompok!
Buatlah cerita berdasarkan gambar di atas. Buatlah cerita pada tempat yang sudah disediakan di halaman berikutnya! Ceritakan hasil kerja kelompokmu di depan kelompok yang lain!

Contoh Cerita Berdasarkan Gambar:

  • Gambar 1 menunjukkan Udin dan teman-teman sedang bermain tanah.
  • Gambar 2 salah satu teman Udin yang sudah bermain tanpa mencuci tangan langsung makan. Sementara Udin dan teman-teman lainnya mencuci tangan terlebih dahulu.
  • Gambar 3 semua siswa sedang makan bersama.
  • Gambar 4 siswa yang tidak mencuci tangan sedang terbaring sakit.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 3 Halaman 39

Ayo Berdiskusi!

Perhatikan kembali gambar seri di depan! Apa yang dilakukan salah satu teman Udin sehingga ia jatuh sakit?
Tuliskan pada tempat yang tersedia.

Contoh hasil diskusi : Teman Udin sakit karena sebelum makan ia tidak mencuci tangan.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 3 Halaman 41

Ayo Bercerita!

Aturan Sebelum Makan

Salah satu ciri makhluk hidup adalah tumbuh. Untuk bertumbuh makhluk hidup perlu makanan dan air. Makanan yang baik untuk pertumbuhan adalah makanan yang bersih dan sehat.

Kebersihan makanan juga akan mempengaruhi pertumbuhan. Jika makanan yang kita makan tidak bersih, kesehatan dan pertumbuhan kita akan terpengaruh.

Salah satu cara menjaga makanan agar tetap bersih adalah dengan menutup makanan. Hal ini perlu dilakukan agar makanan tidak dihinggapi lalat atau hewan lainnya. Makanan dapat menjadi tempat lalat bertelur yang menyebabkan makanan menjadi kotor.

Selain menjaga kebersihan, kita juga harus berdoa sebelum makan. Berdoa untuk berterima kasih atas karunia yang diberikan-Nya. Makan sesuai kebutuhan, menjaga kebersihan makanan, serta berdoa sebelum dan sesudah makan merupakan contoh sikap bersyukur.

Sikap bersyukur merupakan pengamalan sila pertama Pancasila, yaitu Ketuhanan yang Maha Esa. Jika kita sudah makan sesuai kebutuhan, menjaga kebersihan, serta berdoa sebelum dan sesudah makan, berarti kita sudah melaksanakan sila pertama Pancasila.

Berdoa juga menunjukkan sikap berterima kasih kepada Tuhan. Selalu berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan juga merupakan contoh pengamalan sila pertama Pancasila.

Tuliskan kebiasaan yang kamu lakukan sebelum makan. Lalu, ceritakan di depan teman-temanmu!

Jawab:

Kebiasaan sebelum makan :

  • Mencuci tangan.
  • Berdoa.
  • Mengambil makanan yang terdekat terlebih dahulu.
  • Mengambil makanan secukupnya.
  • Menghabiskan makanan.

Bandingkan kebiasaanmu dengan kebiasaan temanmu. Adakah kebiasaan makan yang baik, tetapi belum kamu lakukan? Bagaimana kamu akan melakukannya?

Contoh Jawaban: Perbedaan saya dengan teman saya teman saya kalo makan sesuatu selalu rapi dan bersih tapi saya sebaliknya kalau makan apapun selalu berantakan. Kebiasaam makan yang baik belum selalu begitu. Bagaimana saya melakukanya mungkin memperbaiki cara makan yang berantakan dan lebih berhati hati.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 3 Halaman 43

Ayo Berlatih!

Susu sapi adalah salah satu contoh makanan yang sangat baik untuk kesehatan. Beberapa perusahan memproduksi susu sapi dalam bentuk kemasan kotak siap saji agar mudah dikonsumsi. Berikut ini adalah jumlah susu kemasan kotak yang dapat dihasilkan oleh beberapa perusahaan.

No Perusahaan Jumlah susu kemasaan yang dihasilkan per bulan
1 Perusahaan A 1.200 kotak
2 Perusahaan B 3.000 kotak
3 Perusahaan C 4.800 kotak
4 Perusahaan D 3.250 kotak
5 Perusahaan E 2.200 kotak

Berdasarkan daftar tersebut, selesaikan beberapa persoalan berikut ini!

1. Manakah perusahaan yang menghasilkan susu kemasan kotak paling banyak setiap bulan? Jawab : Perusahaan C
2. Manakah perusahaan yang menghasilkan susu kemasan kotak paling sedikit setiap bulan? Jawab : Perusahaan A

Contoh soal : Berapa jumlah susu kemasan kotak yang dihasilkan perusahan A dan D? Permasalahan tersebut diselesaikan dengan penjumlahan. Penjumlahan dapat dilakukan dengan cara susun ke bawah. Letakkan bilangan sejajar sesuai nilai tempatnya, lalu jumlahkan sesuai kelompok.

Cara menyelesaikan : Perusahaan A menghasilkan 1.200 kotak. Perusahaan D menghasilkan 3.250 kotak. Jumlah susu kotak semuanya: 1.200 + 3.250 = 4.450

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 3 Halaman 44

Selesaikan soal-soal berikut ini!
1. Berapa jumlah susu kemasan kotak yang dihasilkan perusahaan A dan B?
2. Berapa jumlah susu kemasan kotak yang dihasilkan perusahaan B dan E?
3. Berapa jumlah susu kemasan kotak yang dihasilkan perusahaan A dan E?
4. Berapa jumlah susu kemasan kotak yang dihasilkan perusahaan B dan C?
5. Berapa jumlah susu kemasan kotak yang dihasilkan perusahaan A dan C?

Jawaban: buka DISINI.

Demikian pembahasan secara lengkap kunci jawaban tema 1 kelas 3 SD MI halaman 37 38 39 41 43 44 pembelajaran 5 Subtema 1 Ciri-Ciri Makhluk Hidup pada buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2017. Semoga bermanfaat dan berguna. Terimakasih, selamat belajar!