Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 5 Halaman 126 127 Subtema 3 Cara Memelihara Kesehatan Organ Peredaran Darah Manusia Pembelajaran 5 Buku Tematik

Kunci jawaban Tema 4 Kelas 5 halaman 126 127 Subtema 3 Cara Memelihara Kesehatan Organ Peredaran Darah Manusia, tepatnya pada materi pembelajaran 5 di buku tematik siswa. Silahkan kalian pelajari materi subtema 3 kelas 5 SD, lalu kerjakan soal-soal yang diberikan oleh guru mulai dari halaman 126 sampai 127 secara lengkap.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 5 Halaman 126 127 Subtema 3 Cara Memelihara Kesehatan Organ Peredaran Darah Manusia Pembelajaran 5

Masih ingatkah langkah-langkah yang harus kamu siapkan dalam membuat gambar cerita? Kamu bisa mengingat lagi melalui persiapan Udin
dalam membuat gambar cerita berikut ini.

1. Menentukan cerita yang akan digambar. Udin akan menggambar cerita Si Pitung.

2. Udin mempelajari cerita Si Pitung.

3. Udin mempelajari karakter tokoh dalam cerita. Misalnya, Si Pitung merupakan sosok pemuda yang pandai mengaji dan pandai silat. Dua teman si Pitung bernama Rais dan Jii memiliki karakter baik hati, penolong, murah hati, pemberani, dan berakhlak mulia. Ada juga karakter kompeni yaitu jahat, egois, keras kepala, dan pemarah.

4. Udin mempelajari alur cerita sederhana tentang Si Pitung. Inilah alur cerita tentang Si Pitung.
a. Si Pitung rajin mengaji dan silat.
b. Si Pitung gemar berlatih silat bersama teman-temannya.
c. Si Pitung gagah berani melawan kompeni demi membela rakyat, bangsa, dan negaranya.

5. Selanjutnya, Udin mulai menggambar sesuai alur cerita yang telah dibuat.

Sebelum menggambar tentu saja Udin menyiapkan berbagai hal yang dibutuhkan seperti berikut.

1. Alat dan bahan untuk membuat gambar cerita.
2. Membuat sketsa gambar cerita berdasarkan tema atau cerita yang telah ditentukan.
3. Menyempurnakan sketsa gambar cerita berdasarkan tema atau cerita yang telah ditentukan.

Kunci Jawaban Soal Tema 4 Kelas 5 Halaman 126

Ayo Berkreasi

Berdasarkan jenis-jenis penyakit yang mengganggu organ peredaran darah pada tubuh manusia, tentunya dapat kamu buat diagram alur jenis penyakit yang mengganggu organ peredaran darah seperti contoh berikut.

Nah, buatlah diagram alur terhadap penyakit lainnya yang dapat mengganggu organ peredaran darah tubuh manusia. Tuliskan diagram alur tersebut pada kolom berikut!

Jawaban :

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 5 SD Halaman 126

Hipertensi adalah kondisi di mana tekanan darah lebih tinggi dari 140/90 milimeter merkuri (mmHG). Lihat gambar diagram lengkap DISINI

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 5 Halaman 127

Ayo Menulis

Cermati pantun di atas! Apa hikmah yang terkandung dalam pantun di atas? Berdasarkan amanat yang terkandung di dalamnya, termasuk jenis pantun apakah pantun di atas? Buatlah pantun seperti jenis pantun di atas. Tuliskan dalam kolom berikut. Bacakan pantun yang kamu buat dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang benar.

Jawaban : Hikmah yang terkandung dalam pantun di atas adalah kita harus menghormati guru kita yang sudah memberikan ilmu kepada kita dan juga harus menghormati orang tua, serta berbakti kepada guru dan orang tua kita.

Pantun tersebut merupakan jenis pantun nasehat. Berikut contoh pantun nasehat:

Pergi ke pasar membeli papan
Tak lupa juga membeli lilin
Ada PR harus dikerjakan
Agar jadi anak disiplin

Ayo Renungkan

Sudahkah kamu melakukan upaya untuk menjaga kesehatan organ peredaran darah pada tubuhmu? Bagaimanakah upaya yang sudah kamu lakukan? Tuliskan bentuk upaya yang sudah kamu lakukan untuk menjaga kesehatan organ peredaran darah pada tubuhmu!

Jawaban : Upaya yang dilakukan yaitu dengan memakan makanan sehat, olahraga secara rutin, dan menghindari kebiasaan merokok serta begadang agar kesehatan organ peredaran darah tetap sehat.

Demikian pembahasan secara lengkap kunci jawaban soal tema 4 kelas 5 halaman 126 127 subtema 3 Cara Memelihara Kesehatan Organ Peredaran Darah Manusia pada pembelajaran 5 di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat dan berguna. Lihat juga : Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 5 Halaman 129 130 131 132