Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 179 181 182 186 187 Pembelajaran 5 Subtema 3 Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan Buku Tematik

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 179 181 182 186 187 pembelajaran 5 Subtema 3 Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan tepatnya pada materi di buku tematik siswa. Silahkan kalian pelajari materi subtema 3 kelas 5 SD, lalu kerjakan soal-soal yang diberikan oleh guru mulai dari halaman 179 sampai 187 secara lengkap.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 179 181 182 186 187

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 179

Ayo Menulis

Pada halaman 178 terdapat bacan Bahan Konduktor dan Isolator di Sekitar Kita. Berdasarkan bacaan di atas, tuliskan hal-hal yang kamu pahami dari setiap paragraf pada bacaan dalam sebuah kalimat. Kalimat-kalimat tersebut akan mewakili isi dari bacaan yang kamu baca. Tuliskan pada tempat yang telah disediakan.

Jawaban : Tulislah jawaban di bawah ini pada tempat yang sudah kalian buat.

Isi Paragraf 1
Barang-barang sehari-hari banyak yang bersifat konduktor atau isolator, seperti panci dan selimut.

Isi Paragraf 2
Cara kerja selimut adalah dengan terperangkapnya udara dalam selimut, sehingga badan tetap hangat.

Isi Paragraf 3
Panci yang biasa digunakan di dapur terbuat dari bahan aluminium yang merupakan penghantar panas yang baik.

Isi Paragraf 4
Oven/panggang menggunakan prinsip perpindahan panas secara konduksi, biasanya berbentuk tertutup untuk memaksimalkan panas.

Isi Paragraf 5
Mesin memerlukan energi panas dan listrik, sehingga mesin kendaraan terbuat dari bahan yang bersifat konduktor

Isi Paragraf 6
Setrika kuno menggunakan bara arang, sedangkan setrika modern menggunakan listrik sebagai sumber panas. Konduktor setrika lama adalah tembaga, sedang setrika modern dari bahan logam. Isolator setrika lama dari kayu, sedang isolator setrika modern dari plastik.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 180

Buatlah sebuah paragraf untuk menjelaskan isi bacaan yang melibatkan semua isi dalam setiap paragraf! Jangan lupa untuk memperhatikan penggunaan kata-kata baku dan ejaan yang tepat.

Jawaban : Barang-barang sehari-hari banyak yang bersifat konduktor dan isolator, contohnya seperti panci dan selimut. Cara kerja selimut adalah dengan terperangkapnya udara dalam selimut, sehingga badan tetap hangat ketika menggunakan selimut. Sedangkan panci yang biasa digunakan di dapur terbuat dari bahan aluminium yang merupakan penghantar panas yang baik. Contoh lainnya adalah Oven atau pemanggang yang menggunakan prinsip perpindahan panas secara konduksi, biasanya berbentuk tertutup untuk memaksimalkan panas. Contoh lainnya adalah mesin, mesin memerlukan energi panas dan listrik, sehingga mesin kendaraan terbuat dari bahan yang bersifat konduktor. Contoh alat yang menggabungkan sifat konduktor dan isolator dari suatu logam adalah setrika. Setrika kuno menggunakan bara arang, sedangkan setrika modern menggunakan listrik sebagai sumber panas. Konduktor setrika lama adalah tembaga, sedang setrika modern dari bahan logam. Isolator setrika lama dari kayu, sedang isolator setrika modern dari plastik.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 181

Berdasarkan bacaan di atas, buatlah sebuah diagram untuk menjelaskan apa yang telah kamu baca. Gunakan beberapa bentuk diagram yang sudah diberikan contoh sebelumnya. Namun, kali ini kamu dapat menambahkan gambar-gambar yang mewakili pokok pikiran pada paragraf bacaan.

Jawaban, buka disini: Diagram Bacaan Bahan Konduktor dan Isolator di Sekitar Kita

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 182

Ayo Mengamati

Perhatikanlah beberapa peralatan yang ada di rumahmu! Jika kamu perhatikan, ada beberapa peralatan yang menggunakan bahan isolator dan konduktor sebagai bagian dari peralatan tersebut. Lakukanlah pengamatan secara saksama di rumahmu. Temukan beberapa peralatan yang menggunakan bahan isolator dan konduktor dengan kegunaannya masing-masing. Identifikasikan nama, kegunaan, dan sifat hantaran yang ada pada alat tersebut. Gunakanlah tabel berikut untuk membantumu! Lihatlah contoh yang telah disediakan.

Jawaban :

Nama Alat dan BagiannyaBahanKegunaanSifat Hantaran (Konduktor/Isolator)
Pegangan panciPlastikUntuk membuka dan menutup tutup panciIsolator
PanciAluminiumMemasakKonduktor
SolderBesiUntuk menyolderKonduktor
Pegangan solderPlastikUntuk memegang solder saat dipakaiIsolator
Alas setrikaTembagaMerapikan pakaian/ kainKonduktor
Pegangan setrikaPlastikUntuk memegang setrika panasIsolator

Kesimpulanku :
Manusia memanfaatkan sifat benda dalam penghantaran panas untuk mempermudah aktivitas manusia. Sifat penghantaran panas benda bersifat konduktor dan isolator. contoh benda-benda yang dimanfaatkan manusia dengan sifat konduktornya adalah panci, mesin motor, oven, solder, setrika. Sedang benda yang dimanfaatkan manusia dengan sifat isolatornya adalah selimut, pegangan setrika, pegangan panci, pegangan solder dan lain-lain.

Pertanyaanku :
– Apa yang dimaksud dengan isolator?
– Apa yang dimaksud dengan konduktor?
– Mengapa pegangan panci sebagian besar berbahan plastik?

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 186 Sampai 187

Ayo Mencoba

Setelah kamu mengetahui alat dan bahan yang digunakan untuk membuat gambar cerita, gunakanlah informasi di atas untuk melakukan kegiatan berikut bersama dengan kelompokmu.

1. Jelaskanlah, apa yang kamu ketahui tentang gambar cerita. Tuliskan pemahamanmu dengan menggunakan kata-katamu sendiri, pada buku catatanmu!

2. Berdasarkan pemahamanmu tentang gambar cerita, bersama kelompokmu, carilah beberapa gambar cerita dari majalah dan koran.
3. Guntinglah gambar cerita tersebut dan tempelkan di beberapa kertas gambar ukuran A4.

4. Tuliskanlah di bawah cerita tersebut beberapa keterangan, seperti:
a. Pembuatan gambar :
Gambar pertama di buat oleh Aesop dalam cerita fabel “Hare and tortoise (Kelinci dan kura-kura. Gambar kedua dibuat oeh tantri dalam cerita Putri Alor.

b. Teknik yang digunakan :
Pada gambar pertama menggunakan teknik basah, sedangkan pada gambar kedua dengan teknik kering.

c. Alat yang digunakan :
Gambar pertama dengan alat kuas, cat air dan palet cat air. Sedangkan pada gambar kedua menggunakan alat krayon.

5. Amatilah gambar cerita yang telah kamu pilih, lalu diskusikan dengan teman sekelompokmu, cerita apa yang disampaikan dari gambar cerita tersebut. Tuliskanlah cerita yang kamu tangkap dari gambar tersebut di bawah keterangan gambar.

Jawaban, buka disini: Jelaskanlah Apa yang Kamu Ketahui Tentang Gambar Cerita

Demikian pembahasan secara lengkap kunci jawaban tema 6 kelas 5 halaman 179 181 182 186 187 Subtema 3 Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan pada pembelajaran 5 di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat dan berguna. Terimakasih, selamat belajar! Lihat juga pembahasan soal lain dikolom pencarian.

5 Comments