Kunci Jawaban Tematik Tema 7 Kelas 5 Halaman 46 47 48 50 Pembelajaran 4 Subtema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 46 47 48 50 Subtema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan tepatnya pada materi pembelajaran 4 di buku tematik siswa. Silahkan kalian pelajari materi subtema 1 kelas 5 SD, lalu kerjakan soal-soal yang diberikan oleh guru mulai dari halaman 46 sampai dengan 50 secara lengkap.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 46 47 48 50 Pembelajaran 4 Subtema 1

Jawaban Soal Halaman 46 Tema 7 Kelas 5

Ayo Berlatih

1. Mengapa berbagai bentuk perlawanan terhadap Belanda sering mengalami kegagalan?
2. Bagaimanakah perubahan strategi perlawanan terhadap Belanda dilakukan oleh kaum atau golongan muda terpelajar?
3. Peristiwa apa yang menandai lahirnya masa pergerakan nasional?4. Jelaskan pembagian masa pergerakan nasional!
5. Peristiwa apa yang menjadi latar belakang ditetapkannya Hari Kebangkitan Nasional? Jelaskan alasannya!

Jawaban :

1. Berikut beberapa faktor penyebab gagalnya perjuangan bangsa Indonesia dalam mengusir penjajah yaitu perlawanan tidak dilakukan secara serentak, perjuangan bersifat kedaerahan, masih bergantung pimpinan (jika pemimpin tertangkap, perlawanan terhenti), kalah dalam persenjataan, dan Belanda menerapkan politik adu domba.

2. Para kaum terpelajar ingin berjuang dengan cara yang lebih modern, yaitu menggunakan kekuatan organisasi.

3. Peristiwa berdirinya organisasi Budi Utomo pada tanggal 20 Mei 1908.

4. Masa awal pergerakan nasional (tahun 1900-an), masa awal radikal (tahun 1920-1927-an),dam masa moderat (tahun 1930-an).

5. Berdirinya Budi Utomo sebagai organisasi modern yang pertama kali muncul di Indonesia, sehingga pemerintah Republik Indonesia menetapkan tanggal berdirinya Budi Utomo sebagai hari kebangkitan nasional.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 47

Ayo Menulis

Carilah sumber bacaan seperti buku, koran, majalah atau internet yang menjelaskan biografi dr. Sutomo.

1. Tuliskan secara singkat tentang perjuangan dr. Sutomo dalam menghadapi penjajah.
2. Baca dengan jelas dan berikan komentar (presentasikan) biografi dan kisah perjuangan dr. Sutomo tersebut di depan kelas.

Jawaban :

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 47

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 48

Ayo Berdiskusi

Pada bacaan di atas, disebutkan salah satu faktor munculnya rasa kebangsaan di Indonesia. Sekarang, diskusikan bersama kelompokmu mengenai faktor-faktor lain yang memicu munculnya rasa kebangsaan Indonesia. Sebagai bahan diskusi, kamu dapat mencari referensi dari buku atau artikel.

Jawaban :

Faktor InternalFaktor Eksternal
Kenangan kejayaan masa lalu pada masa kerajaan.Perkembangan nasionalisme di berbagai negara, seperti pergerakan kebangsaan India.
Perilaku Belanda yang menyengsarakan rakyat Indonesia sehingga menimbulkan rasa senasib sepenanggungan rakyat Indonesia.Adanya politik etis dari Belanda.
Lahirnya kaum terpelajar.Peristiwa Perang Dunia I menyadarkan kaum terpelajar mengenai penentuan nasib bangsanya sendiri.
Lahirnya kelompok terpelajar Islam.Munculnya dorongan untuk melawan penjajah karena perbedaan ideologi.
Lahir dan munculnya semangat persamaan derajat pada masyarakat Indonesia.Kemenangan Jepang atas Rusia.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 50

Ayo Berdiskusi

Bersama kelompokmu, diskusikan pengaruh dan keberlanjutan keadaan masyarakat Indonesia pada masa munculnya rasa kebangsaan pada masa sekarang!

Jawaban :

Pengaruh perkembangan dan keadaan masa munculnya rasa kebangsaan pada masa sekarang di bidang pendidikan?

Karena adanya politik etis dari Belanda, muncul banyak kaum terpelajar dari bangsa Indonesia. Para kaum terpelajar ini menjadi pelopor kesadaran rasa kebangsaan, senasib sepenanggungan. Rasa kebangsaan ini disadari para kaum terpelajar sehingga memacu mereka untuk lebih menggiatkan kegiatan dibidang pendidikan, sehingga makin banyak rakyat Indonesia yang memperoleh pendidikan dan semakin tinggi semangat nasionalismenya, hingga tercapainya kemerdekaan. Karena sadar pentingnya pendidikan, maka bangsa Indonesia hingga kini terus meningkatkan taraf pendidikan rakyat Indonesia.

Pengaruh perkembangan dan keadaan masa munculnya rasa kebangsaan terhadap kehidupan masa kemerdekaan hingga sekarang di bidang ekonomi?

Rasa kebangsaan timbul salah satu sebabnya adalah adanya kesenjangan ekonomi antara rakyat Indonesia dengan penjajah, serta tidak adanya kedaulatan ekonomi yang menyebabkan kesengsaraan rakyat Indonesia. Oleh karena itu dengan munculnya rasa kebangsaan, ada tuntutan di hati rakyat Indonesia untuk berdaulat secara ekonomi, keinginan untuk meningkatkan taraf hidup rakyat Indonesia yang bebas dari kemiskinan dan kesengsaraan, yang pada akhirnya hingga kini terbentuk masyarakat yang terus bergerak menuju kebebasan dari kesulitan ekonomi.

Pengaruh perkembangan dan keadaan masa munculnya rasa kebangsaan terhadap kehidupan masa kemerdekaan hingga sekarang di bidang politik?

Dengan munculnya rasa kebangsaan, ada tuntutan untuk kebebasan mengeluarkan pendapat, kebebasan dalam memakai paham-paham baru, seperti nasionalisme, liberalisme, demokrasi, sosialisme. Dengan mencapai kemerdekaan, maka kini ada jaminan dalam undang-undang untuk mendapat kebebasan berserikat, berkumpul, mengeluarkan pikiran, menentukan pilihan politik dan lain-lain.

Pengaruh perkembangan dan keadaan masa munculnya rasa kebangsaan terhadap kehidupan masa kemerdekaan hingga sekarang di bidang sosial dan budaya?

Rasa kebangsaan menimbulkan rasa cinta tanah air, cinta terhadap hal-hal berciri bangsa sendiri, seperti seni budaya bangsa Indonesia, dan menolak/menyaring budaya bangsa penjajah. Dari Indonesia merdeka sampai sekarang, bangsa Indonesia terus menerus melestarikan dan menggali seni budaya bangsa sendiri untuk makin memperkuat kepribadian bangsa Indonesia.

Lihat pembahasan soal selanjutnyaDISINI

Demikian pembahasan secara lengkap kunci jawaban tema 7 kelas 5 Subtema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan pada pembelajaran 4 di buku tematik siswa halaman 46 47 48 50. Semoga bermanfaat dan berguna. Terimakasih, selamat belajar! Lihat juga pembahasan soal lain dikolom pencarian.