Kunci Jawaban Tematik Tema 7 Kelas 5 Halaman 9 10 13 14 15 16 17 Pembelajaran 1 Subtema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 9 10 13 14 15 16 17 Subtema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan tepatnya pada materi pembelajaran 1 di buku tematik siswa. Silahkan kalian pelajari materi subtema 1 kelas 5 SD, lalu kerjakan soal-soal yang diberikan oleh guru mulai dari halaman 9 sampai dengan 17 secara lengkap.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 9 10 13 14 15 16 17 Pembelajaran 1 Subtema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan

Jawaban Soal Halaman 9 Tema 7 Kelas 5

Ayo Menulis

Salah satu latar belakang kedatangan bangsa-bangsa Eropa ke Indonesia adalah Semboyan 3G (Gold, Gospel, Glory).
Tuliskan kembali arti Gold, Gospel, dan Glory pada kolom berikut!

Jawaban : Gold memiliki arti adanya keinginan untuk mencari kekayaan. Sedangkan gospel memiliki arti adanya keinginan untuk menyebarkan agama. Glory memiliki arti adanya keinginan untuk mencari kejayaan.

Tuliskan pendapatmu mengenai Semboyan 3G tersebut.

Jawaban :Tidak setuju dengan semboyan 3G dikarenakan akibat semboyan 3G tersebut rakyat Indonesia menjadi menderita, seperti :

– Kekayaan yang ada di Indonesia dikuras habis-habisan oleh bangsa Eropa tanpa peduli atas akibat yang ditimbulkan terhadap kehidupan rakyat Indonesia.
– Dengan adanya pemaksaan terhadap agama tertentu kepada rakyat Indonesia.
– Rakyat Indonesia menjadi sangat tertindas, menjadi budak di negeri sendiri, kekuasaan bangsa Eropa di Indonesia menjadi tidak terbatas/tidak terkendali dan merusak hak asasi rakyat pribumi.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 10

Ayo Berlatih

Buatlah pengandaian berkaitan dengan peristiwa kedatangan bangsa-bangsa Eropa di Indonesia!

Seandainya aku menjadi rakyat Indonesia pada masa itu, aku akan MENOLAK kedatangan bangsa-bangsa Eropa di Indonesia.

Penjajah MENYENGSARAKAN kehidupan rakyat Indonesia
Sikap para penjajah awalnya BAIK. Namun, pada akhirnya, kelihatan juga sifat aslinya, yaitu MENINDAS DAN KEJAM.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 13

Percobaan 1

1. Apakah ujung pensil berubah bentuk setelah diraut?
2. Apakah ujung karet penghapus pensil berubah bentuk setelah digosokkan?
3. Apakah kesimpulanmu?

Jawaban :

1. Ya, berubah ujung pensilnya setelah diraut.
2. Ya, berubah bentuk setelah digosokkan.
3. Suatu benda padat dapat diubah dengan perlakuan tertentu, seperti diberi panas, diberi tekanan yang tinggi, atau diberi perlakuan secara fisik (menggunting, menekan, melipat/menyobek).

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 14 15

Percobaan 2

1. Bagaimana bentuk permukaan air di gelas saat sebelum dan sesudah dimiringkan?
2. Apakah yang terjadi ketika air dituangkan ke dalam wadah yang lain?
3. Bagaimana cara air tersebut dapat mengalir?
4. Apa yang terjadi ketika air dituang ke atas tanah? Ke manakah air itu mengalir?
5. Bagaimana cara air tersebut dapat mengalir?
6. Apa yang terjadi ketika air dituang ke atas tanah? Ke manakah air itu mengalir?
7. Apakah kesimpulanmu?

Jawaban :

1. Bentuk permukaan pada gelas tetap mendatar, baik sebelum maupun sesudah dimiringkan.
2. Bentuk air maka akan mengikuti wadahnya.
3. Sifat air adalah mengalir ke tempat yang lebih rendah.
4. Air akan meresap ke dalam tanah, mengalir ke tempat yang lebih rendah, sehingga air di permukaan tanah tersebut lama-lama akan habis.
5. Cara air mengalir adalah Air mengalir ke tempat yang lebih rendah.
6. Lama-lama air akan habis. Hal ini dikarenakan air ternyata masuk ke dalam tanah melalui celah-celah atau pori-pori dalam tanah (meresap).
7. Bahwa sifat dari benda cair adalah bentuknya tidak tetap, selalu mengikuti bentuk wadahnya, bentuk dari permukaan air adalah datar, benda cair bersifat mengalir ke tempat lebih rendah, menekan ke segala arah serta meresap melalui pori-pori atau celah-celah.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 16

Percobaan 3

1. Apakah yang terjadi pada saat kamu membenamkan gelas tersebut? Mengapa?

2. Apa yang terjadi pada saat gelas dimiringkan? Mengapa hal itu terjadi?

3. Apakah kesimpulanmu dari percobaan ini?

4. Berdasarkan percobaan di atas, buatlah sebuah laporan percobaan dengan menggunakan poster. Dalam poster, jelaskan perbedaan sifat ketiga wujud benda tersebut. Lengkapi dengan gambar dan keterangan yang diperlukan untuk menjelaskannya. Presentasikanlah postermu di dalam sebuah kegiatan galeri berjalan dengan percaya diri.

Jawaban :

1. Gelas akan terangkat kembali karena mendapat tekanan/dorongan udara yang terperangkap dalam gelas tersebut.
2. Akan keluar gelembung udara karena dalam gelas berisi udara yang terperangkap.
3. Kesimpulannya yaitu bahwa sifat benda gas adalah mengisi seluruh ruangan yang ditempatinya, benda gas menekan ke segala arah.

4.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 16

Sifat benda-benda yang ada di sekitar kita itu berbeda-beda. Pada umumnya benda di sekitar kita terbagi menjadi 3 jenis yaitu padat, cair, dan gas. Setiap benda-benda tersebut mempunyai sifat yang berbeda juga. Untuk benda padat, sifat bentuk benda padat adalah tetap. Benda padat bisa dirubah bentuknya dengan perlakuan tertentu, seperti ditumbuk, dipotong atau digosok. Sifat benda cair adalah bentuknya tidak tetap, mengikuti bentuk wadahnya, bentuk permukaan benda cair yang tenang selalu datar, selalu mengalir ke tempat yang lebih rendah serta dapat meresap melalui celah-celah kecil. Adapun sifat dari benda gas adalah mengisi seluruh ruangan yang ditempati serta selalu menekan ke segala arah.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 17

Ayo Renungkan

1. Kamu telah memahami konsep dan pengetahuan mengenai latar belakang kedatangan bangsa-bangsa Eropa di Indonesia. Kemukakan pendapatmu, sesuaikah perilaku dan latar belakang orang-orang Eropa tersebut dengan nilai-nilai budaya kita?

2. Kamu telah memahami konsep dan pengetahuan mengenai perubahan wujud benda. Jelaskan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Jawaban : Lihat pembahasan lengkap DISINI

Kerja Sama dengan Orang Tua

Bersama orang tua atau anggota keluargamu yang lain, amatilah wujud bendabenda di rumahmu. Identifikasilah, lalu tuliskan benda berwujud padat, benda berwujud cair, dan benda berwujud gas.

Jawaban : Benda padat meliputi kayu, sendok, gelas, buku, dan kaca. Sedangkan benda cair meliputi air, minyak goreng, madu, parfum, dan bensin. Sedangkan benda gas meliputi udara, gas oksigen, gas karbondioksida dan gas nitrogen.

Lihat pembahasan soal selanjutnya DISINI

Demikian pembahasan secara lengkap kunci jawaban tema 7 kelas 5 Subtema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan pada pembelajaran 1 di buku tematik siswa halaman 9 10 13 14 15 16 17. Semoga bermanfaat dan berguna. Terimakasih, selamat belajar! Lihat juga pembahasan soal lain dikolom pencarian.