Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 99 102 103 104 107 108 109 110 Pembelajaran 3 Subtema 2 Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 SD/MI Halaman 99 102 103 104 107 108 109 110 Subtema 2 Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan tepatnya pada materi pembelajaran 3 di buku tematik siswa. Silahkan kalian pelajari materi subtema 2 kelas 5 SD, lalu kerjakan soal-soal yang diberikan oleh guru mulai dari halaman 99 sampai dengan 110 secara lengkap.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 99 102 103 104 107 108 109 110 Pembelajaran 3 Subtema 2

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 99

Ayo Menulis

Pahamilah bacaan di atas! Tuliskan informasi penting dalam bacaan ke dalam kolom-kolom berikut dengan menggunakan prinsip: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana!

Ir. Soekarno

1. Siapakah nama tokoh berikut?
2. Kapan dan di manakah beliau dilahirkan?
3. Bagaimanakah riwayat pendidikannya?
4. Julukan apa yang diberikan kepadanya? Mengapa dijuluki seperti itu?
5. Apa saja yang sudah diperjuangkannya bagi bangsa dan negara Indonesia?

Jawaban :

1. Ir. Soekarno.
2. Beliau lahir Surabaya, Jawa Timur, pada tanggal 6 Juni 1901.
3. Riwayat pendidikan beliau bersekolah dari Indische School (IS) di Tulungagung, Europesche Lagene School (ELS) Mojokerto, Hogene Burger School (HBS) Surabaya; dan Technische Hogere School (THS),hingga memperoleh gelar insinyur.
4. Ir. Soekarno dijuluki sebagai Macan Podium, karena beliau pandai berpidato dan menguasai beberapa bahasa asing.
5. Pada tanggal 17 Agustus 1945, Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta beserta para tokoh lainnya memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Drs. Mohammad Hatta

1. Siapakah nama tokoh berikut?
2. Kapan dan di manakah beliau dilahirkan?
3. Bagaimanakah riwayat pendidikannya?
4. Julukan apa yang diberikan kepadanya? Mengapa dijuluki seperti itu?
5. Apa saja yang sudah diperjuangkannya bagi bangsa dan negara Indonesia?

Jawaban :

1. Drs. Moh. Hatta.
2. Beliau lahir di Bukittinggi, Sumatra Barat pada tanggal 12 Agustus 1902.
3. Riwayat pendidikan beliau menimba ilmu di Europoesche Lagere School (ELS) di Bukittinggi, Meer Uitgebreid Lagere Onderwijs (MULO) di Padang, dan Handels Middelsbare School (HMS) di Jakarta.
4. Beliau mendapat julukan Bapak Koperasi Indonesia, karena perhatian beliau yang dalam terhadap penderitaan rakyat kecil mendorongnya untuk mempelopori Gerakan Koperasi yang pada prinsipnya bertujuan memperbaiki nasib golongan miskin dan kelompok ekonomi lemah.
5. Pada tanggal 17 Agustus 1945, Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta beserta para tokoh lainnya memproklamasikan kemerdekaan Indonesia dan Beliau juga sangat berperan dalam upaya memperoleh pengakuan dari pemerintah Belanda terhadap kedaulatan.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 102

Ayo Berlatih

1. Bagaimanakah reaksi rakyat Indonesia menyambut Proklamasi Kemerdekaan?
2. Apa yang terjadi di Hotel Yamato Surabaya pada tanggal 19 September 1945?
3. Peristiwa apa yang melatarbelakangi dibangunnya Tugu Muda di Semarang?
4. Mengapa pemuda Bali melakukan perlawanan terhadap Jepang?
5. Apa yang dilakukan oleh rakyat Kalimantan dalam menyambut Proklamasi Kemerdekaan?

Simak penjelasan jawaban soal di atas DISINI

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 103

Ayo Berdiskusi

Bersama dengan kelompokmu, tentukan kota-kota atau daerah-daerah yang melakukan tindakan heroik menyambut Proklamasi Kemerdekaan pada peta buta di bawah ini. Berilah tanda merah ? pada kota dan daerah yang kamu tunjuk!

Lihat pembahasan soal di atas DISINI

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 104

Ayo Menulis

Mengapa rakyat di seluruh daerah di Indonesia sangat antusias mendengar dan menyambut berita mengenai Proklamasi Kemerdekaan Indonesia? Tuliskan cerita kalian pada kolom berikut.

Jawaban : Karena proklamasi adalah peristiwa di mana rakyat Indonesia merdeka, terbebas dari penjajahan, serta bisa berdiri sendiri, sehingga peristiwa ini menyebabkan rakyat Indonesia sangat berantusias.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 107

Ayo Mengamati

1. Ayo, amati berbagai keberagaman yang ada di kelasmu. Tuliskan pada tabel berikut.

Jawaban : Sesuai dengan keberagaman siswa di kelas.

2. Bagaimanakah menciptakan kerukunan dalam kelasmu? Tuliskan pada kolom berikut!

Jawaban : Cara menciptakan kerukunan seperti tidak membeda-bedakan teman berdasarkan agama, suku, serta ras, saling menghormati dan menghargai teman, tolong menolong dan saling membantu teman.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 108 sampai 109

Ayo Berlatih

Pentingnya Persatuan di Tempat Tinggalku Untuk mengetahui pentingnya persatuan, kamu dapat mengamati masyarakat sekitar tempat tinggalmu. Kamu dapat melakukan kegiatan ini secara berkelompok.

Dengan bantuan anggota keluargamu, catatlah kegiatan-kegiatan yang melibatkan seluruh anggota masyarakat di sekitar tempat tinggalmu. Masukkan hasil pengamatanmu pada tabel di bawah ini.

Simak penjelasan jawaban soal di atas DISINI

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 110

Gunakan hasil pengamatanmu sebagai bahan untuk membuat laporan. Kemudian, presentasikan hasil laporanmu di depan guru dan teman-temanmu.

Jawaban : Sesuai dengan pengamatan masing-masing siswa.

Ayo Renungkan

Sekarang, kamu juga sadar bahwa kamu juga bisa hidup dalam keberagaman, bukan? Sebutkan bentuk-bentuk keberagaman yang ada di masyarakat sekitar tempat tinggalmu! Bagaimana caramu menyikapi keberagaman tersebut? Kemukakan pada kolom berikut!

Lihat pembahasan soal di atas DISINI

Demikian pembahasan secara lengkap kunci jawaban tema 7 kelas 5 Subtema 2 Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan pada pembelajaran 3 di buku tematik siswa halaman 99 102 103 104 107 108 109 110. Semoga bermanfaat dan berguna. Terimakasih, selamat belajar! Lihat juga pembahasan soal lain dikolom pencarian.