Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 Halaman 63 65 68 69 71 73 74 Pembelajaran 2 Subtema 2 Manusia dan Lingkungan

Kunci jawaban tema 1 kelas 5 halaman 63, 65, 68, 69, 71, 73 dan 74 subtema 2 Manusia dan Lingkungan tepatnya pada materi pembelajaran 2 di buku tematik siswa. Silahkan kalian pelajari materi subtema 2 kelas 5 SD, lalu kerjakan soal-soal yang diberikan oleh guru mulai dari halaman 63 sampai 74 secara lengkap.

Kunci Jawaban Tematik Tema 1 Kelas 5 Halaman 63 65 68 69 71 73 74 Pembelajaran 2 Subtema 2

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 Halaman 63

Amatilah gambar di atas. Kemudian, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.

1. Kegiatan yang nampak pada gambar di atas adalah ….
2. Kegiatan di atas termasuk permainan yang menggunakan ….
3. Tempat yang aman untuk melakukan kegiatan tersebut adalah ….
4. Apa saja yang harus dilakukan sebelum melakukan kegiatan tersebut?

Jawaban :
1. Kegiatan yang nampak pada gambar adalah seorang anak yang sedang menendang bola.
2. Kegiatan tersebut termasuk kegiatan yang menggunakan organ gerak (kaki).
3. Kegiatan bermain bola akan kebih aman jika dilakukan di lapangan bola.
4. Sebaiknya sebelum bermain bola melakukan pemanasan agar otot-otot siap untuk bergerak dan tidak mengalami cedera.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 Halaman 65

Ayo Berlatih

Tubuh manusia, khususnya tangan dan kaki terdiri atas beberapa tulang. Nah, perhatikan gambar rangka tangan dan kaki berikut ini. Coba kenali dan tunjukkan nama tulang-tulang tersebut melalui gambar berikut. Pasangkan antara gambar dengan keterangan menggunakan garis.

Jawaban :

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 Halaman 65

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 Halaman 68 sampai 69

Ayo Berdiskusi

Kamu telah mengetahui organ gerak manusia, terutama tulang. Sekarang, diskusikan dengan temanmu fungsi dari masing-masing tulang tersebut. Untuk memudahkan pekerjaanmu, kamu bisa mencari buku referensi di perpustakaan sekolah.

Jawaban, buka disini: Nama Tulang Lengan dan Fungsinya

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 Halaman 71

Berdasarkan bacaan Penyandang Cacat yang Sukses di atas, temukan ide pokok masing-masing paragrafnya.

Jawaban :

Paragraf 1
Ide pokok: Sidik lahir dengan kondisi yang memprihatinkan, ia tak memiliki kedua kaki mulai dari pangkal paha.

Paragraf 2
Ide pokok: Meski tubuhnya tak sempurna, sejak kecil Sidik tidak mau merepotkan orang lain.

Paragraf 3
Ide pokok: Setelah bertahun-tahun bekerja di Yayasan Swa Prasidya Purna tapi tak menghasilkan materi berarti, Sidik memilih keluar dan mencari pekerjaan lain.

Paragraf 4
Ide pokok: Modalnya ketika itu sumbangan dari Pemda DKI sebesar satu juta rupiah.

Paragraf 5
Ide pokok: Ia juga sudah punya merek lengkap dengan cap di pembungkus produknya.

Paragraf 6
Ide pokok: Beruntung ada seorang pengusaha lokal yang melihat kegigihan Sidik dan akhirnya menyumbangkan sebuah sepeda motor untuk operasional usaha.

Paragraf 7
Ide pokok: Saat ini Sidik terus mengembangkan pemasaran produknya.

Paragraf 8
Ide pokok: Kini, dari hasil usahanya Sidik mengantungi keuntungan berkisar 1 sampai 2 juta rupiah perbulan.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 Halaman 73 sampai 74

Sekarang giliranmu untuk membuat gambar pada cover atau sampul buku. Kamu dapat membuatnya berdasarkan isi bacaan yang berjudul Penyandang Cacat yang Sukses. Lihat contoh cover atau sampul buku disini: Bacaan Penyandang Cacat yang Sukses

Ayo Renungkan

Setelah mengetahui pengertian karangan dan cara membuat karangan singkat, buatlah sebuah karangan singkat dengan ide pokok berikut ini :

  1. Makan sayur membuat sehat
  2. Aku gemar makan sayur
  3. Sayur bayam adalah sayur kesukaanku
  4. Sayur yang sehat adalah yang bebas dari pestisida

Jawaban :

1. Makan sayur membuat tubuh kita sehat. Karena sayur banyak mengandung vitamin dan zat-zat lainnya yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Jika kekurangan makan sayur, penyakit akan mudah masuk ke dalam tubuh kita.

Alternatif jawaban : Makan sayur baik bagi kesehatan tubuh manusia jika kita banyak mengonsumsi sayuran maka badan kita akan menjadi lebih sehat, bugar, dan sayur tidak mengandung bahan bahan berbahaya.

2. Aku gemar makan sayur, terutama sayuran segar. Seperti selada, kubis, tomat, dan mentimun. Ibuku memasak sayur setiap hari karena tidak hanya aku saja yang menyukai sayur, tetapi seluruh keluarga juga menyukainya.

Alternatif jawaban : Aku gemar makan sayur. Kegemaranku ini diwariskan oleh ibu. Beliau adalah orang yang sangat suka memakan sayur dan juga pandai memasak sayur. Kegemaranku pada sayuran dimulai dari masakan sayur ibu yang enak.

3. Sayur bayam adalah sayur kesukaanku. Ibu selalu menambahkan wortel dan tomat ke sayur kesukaanku. Rasanya lebih segar dan nikmat. Ibu juga menggoreng tempe sebagai lauk pendamping sayur bayam.

Alternatif jawaban : Sayur bayam adalah sayur kesukaanku. Di antara semua masakan ibu, bayam inilah yang paling aku gemari meski rasanya sederhana namun menjadikan makanan nikmat di lidah. Bayam biasanya diolah bersama dengan jagung dan kacang panjang.

4. Sayur yang sehat adalah sayur yang bebas dari pestisida. Pestisida adalah obat-obatan untuk mengusir hama dan ulat. Oleh karena itulah ibu menanam beberapa sayuran di halaman rumahku agar terbebas dari pestisida. Seperti bayam, kangkung, cabai, tomat, daun bawang, dan seledri.

Alternatif jawaban : Sayur yang sehat adalah sayur yang bebas dari pestisida. Pestisida digunakan petani untuk menghalau hama agar tanaman sayur sehat. Pestisida menempel pada tanaman sayur dan jelas berbahaya jika dikonsumsi. Oleh sebab itu wajib membersihkan sayur dengan seksama ketika hendak diolah.

Demikian pembahasan secara lengkap kunci jawaban tema 1 kelas 5 halaman 63 65 68 69 71 73 74 subtema 2 Manusia dan Lingkungan pada pembelajaran 2 di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat dan berguna. Terimakasih, selamat belajar! Lihat juga pembahasan soal lain dikolom pencarian.

13 Comments