Mengolah Bahan Dasar Pakaian Materi Tema 7 Kelas 3 Subtema 2

Mengolah Bahan Dasar Pakaian – Materi tema 7 kelas 3 SD dan MI pada pembelajaran 2 subtema 2 Perkembangan Teknologi Produksi Sandang di buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2018.

Udin memiliki pakaian dari beberapa jenis bahan dasar. Bahan dasar diolah menjadi pakaian. Bagaimana cara mengolah bahan dasar menjadi pakaian? Mari, ikuti kegiatan berikut!

Ayo Membaca! Bacalah dengan nyaring!

Mengolah Bahan Dasar Pakaian

Indonesia kaya akan bahan dasar pakaian. Ada serat alami yang berasal dari kapas, daun, kayu, batang pohon, kepompong ulat sutra, dan bulu domba. Ada juga bahan dasar berupa serat buatan seperti nilon.

Dahulu, bahan dasar pakaian diolah dengan cara sederhana. Daun dijemur hingga kering. Kayu dipukul-pukul hingga tipis. Kulit hewan direndam dan dikeringkan. Semua diolah menjadi pakaian.

Saat ini, bahan dasar pakaian diolah dengan cara modern. Bahan dasar diolah menjadi serat. Serat dipintal menjadi benang. Lalu, benang ditenun menjadi kain. Semua itu dilakukan dengan mesin yang canggih.

Mengolah Bahan Dasar Pakaian Materi Tema 7 Kelas 3 Subtema 2

Cara mengolah kain menjadi pakaian juga semakin maju. Mulanya kain dijahit dengan tangan. Kemudian, kain dijahit dengan mesin jahit yang digerakkan kaki. Saat ini kain dijahit dengan mesin jahit modern.

Pembuatan pakaian berkembang dengan cepat. Bahan dasar yang digunakan semakin banyak. Mesin-mesin yang mengolah bahan dasar juga bertambah canggih. Pakaian yang dihasilkan semakin beragam. Bersyukurlah kepada Tuhan karena kita memiliki pakaian.

Ayo Berlatih

Bacalah kembali teks “Mengolah Bahan Dasar Pakaian” dengan teliti! Garis bawahi kalimat pertama dari setiap paragraf! Tuliskan isi cerita dari setiap paragraf!

Demikian pembahasan Mengolah Bahan Dasar Pakaian Materi Tema 7 Kelas 3 Subtema 2. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Baca juga materi lain pada pembelajaran tematik kali ini.