Nama Organ Gerak Belalang, Cacing, Ubur-Ubur dan Fungsinya

Nama organ gerak belalang, cacing, ubur-ubur dan fungsinya, soal pembelajaran 5 tema 1 subtema 1 organ gerak hewan kelas V (5) SD/MI di buku tematik halaman 43. Pada pembahasan soal sebelumnya, kalian telah mempelajari tentang perbedaan karakteristik kelinci dan siput.

Apakah kamu masih mengingatnya? Kelinci merupakan hewan vertebrata, karakteristiknya meliputi beranak, gerakannya melompat lincah, dan dipenuhi bulu halus. Sedangkan Siput merupakan hewan Avertebrata dengan karakteristik bertelur, gerakan merayap lamban dan dilindungi cangkang.

Ayo Mengamati!

Di sekitarmu pastinya banyak sekali jenis hewan avertebrata. Bersama temanmu amati hewan-hewan tersebut dan identifikasikan organ geraknya. Tuliskan hasilnya pada tabel berikut.

HewanOrgan GerakFungsinya
BelalangKaki depan dan kaki belakangKaki depan untuk mencengkeram dan kaki belakang untuk melompat
CacingOtot dibawah kulitUntuk bergerak dan berpindah tempat
Ubur-UburTentakelUntuk bergerak dan sebagai alat perlindungan

Nama Organ Gerak Belalang, Cacing, Ubur-Ubur dan Fungsinya

Belalang adalah serangga herbivora dari subordo Caelifera dalam ordo Orthoptera. Serangga ini memiliki antena yang hampir selalu lebih pendek dari tubuhnya dan juga memiliki ovipositor pendek.

Cacing adalah banyak hewan yang memiliki hubungan jauh yang berbeda yang biasanya memiliki tubuh seperti tabung panjang, tidak ada anggota badan, dan tidak ada mata.

Ubur-ubur adalah sejenis binatang laut tak bertulang belakang yang termasuk dalam filum Cnidaria, ubur-ubur yang dimaksud disini adalah hewan dari kelas Schypozoa, sehingga sering disebut ubur-ubur sejati agar tidak dibingungkan dengan hewan lain yang juga disebut ubur-ubur seperti: Ctenophora dan Cubozoa.

Sumber : Wikipedia

Nah itulah nama hewan (belalang, cacing, ubur-ubur) beserta nama organ gerak dan fungsinya. Semoga pembahasan diatas bermanfaat dan berguna. Baca dengan teliti dan pahami, selamat belajar!