Jawaban Pada Bulan Apakah Musim Penghujan Terjadi di Indonesia Kelas 5

Pada bulan apakah musim penghujan terjadi di Indonesia, pembahasan kunci jawaban tema 1 kelas 5 halaman 89 90 91 92 93 94 95 97 101 102 103 tepatnya pada materi pembelajaran 4 subtema 2 Manusia dan Lingkungan di buku tematik siswa sekolah dasar.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan dari tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal mencari tahu bentuk muka bumi atau bentang alam provinsimu (Jawa Tengah) di buku tematik.

Pada bulan apakah musim penghujan terjadi di Indonesia

Keadaan iklim di Indonesia secara umum sebagai berikut.

Iklim musim, dipengaruhi oleh angin musim yang berubah-ubah setiap periode waktu tertentu. Biasanya satu periode perubahan adalah enam bulan sekali.

1. Iklim laut, terjadi karena Indonesia memiliki wilayah laut yang luas. Iklim Indonesia sangat dipengaruhi oleh laut dan lautan. Laut dan lautan Indonesia mengakibatkan tingginya penguapan. Wilayah yang memiliki tingkat penguapan yang tinggi, juga akan memiliki curah hujan yang tinggi.

2. Iklim panas, terjadi karena Indonesia berada di daerah tropis. Suhu yang tinggi mengakibatkan penguapan yang tinggi dan berpotensi untuk terjadinya hujan.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 Halaman 95

Ayo Berlatih

Berdasarkan penjelasan iklim di atas jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
1. Pada bulan apakah musim penghujan terjadi di Indonesia?
Jawaban : Musim penghujan berlangsung pada bulan Oktober sampai bulan April.

2. Pada bulan apakah musim kemarau terjadi di Indonesia?
Jawaban : Musim kemarau berlangsung pada bulan April sampai bulan September.

3. Ceritakan fenomena alam angin muson di Indonesia!
Jawaban : Angin muson atau angin musim adalah angin yang bertiup secara periodik. Di Indonesia terjadi dua angin muson setiap tahun yaitu angin muson barat dan angin muson timur. Hal ini terjadi karena perbedaan tekanan udara. Angin akan bertiup dari daerah bertekanan udara maksimum ke daerah bertekanan udara minimum.

Angin muson Barat bertiup antara bulan Oktober-April. Tekanan udara yang tinggi di bagian bumi utara (musim dingin) dan tekanan udara rendah di belahan bumi bagian selatan mengakibatkan perbedaan tekanan sehingga menimbulkan tiupan angin muson barat dari Asia ke Australia yang melewati Indonesia. Hal ini menyebabkan curah hujan menjadi tinggi, air akan melimpah, tanah menjadi subur. Di Indonesia terjadi musim hujan. Namun akhir-akhir ini musim hujan menjadi momok menakutkan di Indonesia karena akan terjadi banjir dimana-mana.

Angin Muson Timur bertiup dari bulan April sampai bulan Oktober. Terjadinya angin muson timur adalah kebalikan dari angin muson barat yaitu disebabkan karena tekanan udara di belahan selatan lebih tinggi daripada tekanan udara di belahan utara. Ketika angin bertiup maka Indonesia akan mengalami musim kemarau, suplai air berkurang, dan tanah menjadi sulit untuk bercocok tanam.

Lihat juga pembahasan soal selanjutnya di bawah ini DISINI

Tentukan ide pokok dari masing-masing paragraf bacaan Beragamnya Flora dan Fauna Indonesia di atas.

Demikian pembahasan kunci jawaban soal tema 1 kelas 5 SD halaman 95 secara lengkap. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 4 subtema 2 Manusia dan Lingkungan di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian: Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 Halaman 89 90 91 92 93 94 95 97 101 102 103 Pembelajaran 4 Subtema 2 Manusia dan Lingkungan

3 Comments