Pembelajaran 6 Tema 1 Subtema 2 Manusia dan Lingkungan

Rangkuman materi pembelajaran 6 tema 1 subtema 2 Manusia dan Lingkungan Kelas 5 SD dan kunci jawabannya. Pada topik pelajaran tematik 1 SD/MI kelas V tentang “Organ Gerak Hewan dan Manusia” dibagi menjadi beberapa subtema, salah satunya Manusia dan Lingkungan. Subtema 2 ini dibagi menjadi 6 pembelajaran. Berikut ini ringkasan isi pembelajaran keenam.

Pembelajaran 6 Tema 1 Subtema 2 Manusia dan Lingkungan

Macam-Macam Gerak Otot

1. Gerak meluruskan contohnya meluruskan lutut, siku dan ruas jari.
2. Gerak menekan ke bawah atau menurunkan.
3. Gerak memutar lengan sehingga telapak menelungkup.
4. Gerak menjauhkan, contohnya gerak tungkai menjauhkan dari sumbu tubuh.
5. Gerak yang memutar lengan sehingga tangan menegadah.
6. Gerak yang mendekatkan sumbu tubuh contohnya gerak yang mendekatkan tungkai dengan sumbu tubuh.
7. Gerak yang membengkokkan contohnya membengkokkan siku, ruas jari dan lutut.

Ayo Mengamati!

Kamu telah mengetahui berbagai macam gerak otot. Termasuk macam gerak otot yang manakah gerakan-gerakan pada gambar berikut ini?

Materi Pembelajaran 6 Tema 1 Subtema 2 Manusia dan Lingkungan Kelas V SD

Ayo Berkreasi!

Untuk menambah pemahamanmu mengenai otot buatlah model sederhana dengan menggunakan stryrofoam. Kegiatan ini dapat kamu lakukan bersama dengan kelompokmu.

Siapakan alat dan bahan: Satu lembar styrofoam, pensil, spidol warna, pemotong/cutter

Langkah kerja:
1. Menggambar pola pada styrofoam menggunakan pensil.
2. Memotong styrofoam sesuai pola.
3. Memberikan warna yang berbeda pada tiap-tiap jenis otot.
4. Merangkai tiap jenis potongan sesuai gambar berikut.

Perhatikan contoh berikut.

buatlah model sederhana dengan menggunakan stryrofoam

Ayo Membaca!

Ade Rai, Binaragawan Perkasa Indonesia

Ide Pokok Teks Ade Rai Binaragawan Perkasa Indonesia

Ade Rai adalah sosok pria perkasa yang sangat terkenal di Indonesia, bahkan di dunia. Sebagai binaragawan Indonesia, banyak sudah prestasi yang diraihnya, baik di tingkat nasional maupun internasional. Saat ini Ade Rai telah pensiun sebagai atlet binaraga, meskipun demikian, ia tetap aktif menjadi pembina dan membuka tempat kebugaran di beberapa daerah di Indonesia.

Pada waktu kecil, Ade Rai hanya seorang anak kecil yang memiliki tubuh kurus, bahkan bisa dibilang sangat kurus. Pada umur 10 tahun, Ade Rai hanya memiliki berat badan 25 kg. Bahkan, hingga mencapai remaja dengan tinggi 183 cm, berat badan Ade Rai hanya 55 kg.

Ade Rai, dia memiliki minat yang tinggi dalam bidang olahraga. Pada awalnya dia menggeluti bidang olahraga bulu tangkis. Namun, Ade Rai tidak begitu lama menggeluti bulu tangkis, hingga pada akhirnya dia lebih memilih untuk menjadi seorang atlet binaraga.

Prestasi pertama Ade Rai dalam bidang binaraga diraih pada tahun 1995. Prestasi tersebut memicunya untuk terus aktif mengikuti berbagai kejuaran, mulai dari lingkup kecil hingga besar, mulai dari lokal, nasional, hingga internasional. Hingga akhirnya Ade Rai terus berkembang dan meraih prestasi demi prestasi dari berbagai kejuaraan.

Masalah prestasi yang diraih Ade Rai tidak perlu diragukan lagi. Dari berbagai kejuaraan yang diikutinya selalu membuahkan hasil yang mengagumkan. Salah satunya kemenangannya di Musclemania World (Kejuaraan Dunia Binaraga ) kelas berat ringan. Dari situlah kemudian membawa Ade Rai menuju ke kejuaraan multi-event Asia Tenggara (Sea Games) pada tahun 1997. Pada kejuaraan tersebut Ade rai pun mampu mempersembahkan emas bagi bangsa Indonesia. Bahkan, setelah itu masih banyak piala dan medali yang dia raih dari berbagai kejuaraan tingkat nasional dan internasional.

Berkat prestasi-prestasinya itulah, Ade Rai turut mempromosikan binaraga di Indonesia. Dari sebelumnya yang sepi peminat, hingga akhirnya olahraga binaraga menjadi olahraga yang banyak diminati di Indonesia, baik oleh pria maupun wanita.

Setelah pensiun sebagai atlet pun, Ade Rai masih berkecimpung dalam dunia binaraga. Dia membuka beberapa pusat latihan dan kebugaran di beberapa daerah. Selain itu, Ade Rai juga menjual suplemen dan melakukan perlatihan sertifikasi untuk para profesional di bidang fitness. Ade juga aktif mengampanyekan hidup sehat melalui fitness dengan menerbitkan buku dan majalah serta menjadi pembicara di berbagai
seminar dan acara.

Berdasarkan bacaan di atas, temukan ide pokok masing-masing paragraf.

ParagrafIde Pokok
1Ade Rai adalah binaragwan yang tidak hanya terkenal di Indonesia, tetapi juga di dunia.
2Pada waktu kecil, Ade Rai hanya serorang anak kecil yang memiliki tubuh kurus, bahkan bisa dibilang sangat kurus.
3Ade Rai memiliki minat yang tinggi dalam bidang olahraga.
4Prestasi pertama Ade Rai dalam bidang binaraga diraih pada tahun 1995.
5Prestasi yang diraih Ade Rai tidak perlu diragukan lagi.
6Berkat prestasi-prestasinya itulah, Ade Rai turut mempromosikan binaraga di Indonesia.
7Setelah pensiun sebagai atlet, Ade Rai masih tetap berkecimpung dalam dunia binaraga.

Nah itulah rangkuman materi pembelajaran 6 tema 1 subtema 2 Manusia dan Lingkungan 5 SD dan kunci jawabannya secara singkat, semoga bermanfaat. Lihat secara lengkap? Buka buku siswa dan guru tema 1 subtema 1 Organ Gerak Hewan. Terimakasih.

One Comment