Jawaban: Pengertian Unsur-Unsur dan Manfaat Gotong Royong

Pengertian Unsur-Unsur dan Manfaat Gotong Royong, pembahasan kunci jawaban soal tema 4 kelas 5 SD halaman 108 109 pembelajaran 3 materi Subtema 3 Cara Memelihara Kesehatan Organ Peredaran Darah Manusia di buku tematik siswa Sekolah Dasar.

Pengertian Unsur-Unsur dan Manfaat Gotong Royong

Jawaban Soal Halaman 108 109 Tema 4 Kelas 5 SD

Contoh bentuk kegiatan gotong royong. Berdasarkan gambar di atas, buatlah kesimpulan tentang pengertian gotong royong, unsur-unsur gotong royong, dan manfaat gotong royong.

Jawaban : Gambar diatas merupakan contoh gotong royong saat membangun rumah warga di daerah pedesaan.

Ayo Menulis

1. Gotong royong adalah bentuk kerja sama antara sejumlah orang dalam menyelesaikan sesuatu atau pekerjaan tertentu yang dianggap berguna untuk kepentingan bersama.

2. Unsur-unsur gotong royong meliputi meliputi keikhlasan dan sukarela dari setiap orang, tanpa pamrih, kegiatan kerja bersama dan bermanfaat bagi kepentingan bersama.

3. Manfaat gotong royong adalah meningkatkan rasa kekeluargaan dengan sesama, meringankan biaya dan lebih menghemat waktu, serta menumbuhkan sikap tolong menolong dan kebersamaan antar sesama anggota masyarakat.

Ayo Membaca

Gotong royong memiliki arti penting dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan serta meningkatkan solidaritas dan rasa kekeluargaan dengan sesama. Oleh karena itu, gotong royong menjadi tanggung jawab semua warga masyarakat. Apa makna tanggung jawab warga masyarakat itu?

Pada dasarnya, setiap orang tidak bisa hidup sendiri tanpa pertolongan orang lain. Sejak dalam kandungan sampai mati, setiap orang membutuhkan pertolongan orang lain. Orang-orang yang saling membutuhkan dan mempunyai kepentingan yang sama dalam suatu tempat yang disebut masyarakat. Hidup bersama dalam masyarakat sangat penting karena Tuhan menciptakan manusia untuk saling melengkapi, saling membantu, dan saling menyayangi, serta saling menjaga hubungan baik dengan orang lain. Untuk menjaga hubungan baik dalam kehidupan masyarakat, maka setiap anggota masyarakat hendaknya sadar akan tanggung jawabnya sebagai warga masyarakat.

Tanggung jawab sebagai warga masyarakat, adalah menjalankan tugas dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat. Sebagai warga masyarakat, setiap individu hendaknya memperhatikan hal-hal yang menjadi tanggung jawabnya agar tercipta kehidupan masyarakat yang harmonis.

Demikian pembahasan kunci jawaban soal tema 4 kelas 5 SD halaman 108  109 secara lengkap. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 3 subtema 3 Cara Memelihara Kesehatan Organ Peredaran Darah Manusia di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Simak pembahasan soal selanjutnya Bentuk interaksi bidang ekonomi bidang politik bidang sosial dan budaya bidang moral