Perbedaan Gaya dan Gerak Tema 8 Kelas 4 Halaman 9

Bersama kelompokmu, diskusikan tentang perbedaan gaya dan gerak. Tuliskan hasil diskusi pada kolom berikut. Kunci jawaban tema 8 kelas 4 halaman 9, tepatnya pada materi pembelajaran 1 subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku.

Perbedaan Gaya dan Gerak Tema 8 Kelas 4 Halaman 9

Pembahasan perbedaan gaya & gerak kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal tentang Apa yang terjadi pada meja saat ditarik. Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan buka link berikut ini:

Baca juga: Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 8

Gaya adalah suatu kekuatan yang mengakibatkan benda yang dikenainya dapat mengalami gerak, perubahan kedudukan, atau perubahan bentuk. Gaya juga dapat diartikan sebagai tarikan atau dorongan yang dapat memengaruhi keadaan suatu benda.

Gerak adalah perpindahan kedudukan suatu benda terhadap benda lainnya, baik perpindahan kedudukan yang mendekati maupun menjauhi suatu benda atau tempat asal akibat benda itu dikenai gaya.

Ayo Berdiskusi

Bersama kelompokmu, diskusikan tentang perbedaan gaya dan gerak. Tuliskan hasil diskusi pada kolom berikut.

Perbedaan Gaya dan Gerak

No Gaya Gerak
1 Gaya merupakan kekuatan yang menyebabkan suatu benda yang dikenai gaya menjadi bergerak, berubah kedudukannya, ataupun berubah bentuk. Sementara itu, gerak merupakan perpindahan kedudukan suatu benda terhadap benda lain atau tempat asal sebagai akibat benda tersebut dikenai gaya.

Ayo Renungkan

Apa yang kamu pahami tentang cerita fiksi?
Apa ciri-ciri cerita fiksi?
Apa yang dimaksud dengan gaya?
Apa yang dimaksud dengan gerak?
Apa yang membedakan gaya dan gerak?

Jawaban: buka DISINI.

Kerja Sama dengan Orang Tua : Bekerja samalah dengan orang tuamu. Amati gaya tarikan dan dorongan yang kamu temui di lingkungan tempat tinggalmu. Diskusikan tentang gerak yang ditimbulkan akibat gaya tersebut. Tuliskan hasilnya pada kertas. Kemudian, ceritakan kepada guru dan teman-temanmu saat di sekolah.