Seperti Apa Keragaman Umat Beragama di Lingkungan Provinsimu Tema 1 Kelas 4 Halaman 121

Seperti apa keragaman umat beragama di lingkungan provinsimu? Bagaimana antarumat beragama saling menjalin persatuan? Ayo, cari tahu dengan menggali dari berbagai sumber. Tulis hasil temuanmu pada kertas HVS dan presentasikan dalam kelompok!

Pembahasan kunci jawaban tema 1 kelas 4 halaman 121, tepatnya pada materi pembelajaran 5 subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman, buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2017. Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal mengenai Contoh Cerita tentang perayaan hari besar keagamaan yang pernah kamu ikuti! Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan buka link tersebut!

Seperti Apa Keragaman Umat Beragama di Lingkungan Provinsimu

Keberagaman suku bangsa dan agama di Indonesia adalah sumber kekayaan yang tidak ternilai harganya. Keberagaman tersebut menyebar dari Sabang sampai Merauke.

Seperti apa keragaman umat beragama di lingkungan provinsimu? Bagaimana antarumat beragama saling menjalin persatuan? Ayo, cari tahu dengan menggali dari berbagai sumber.

Tulis hasil temuanmu pada kertas HVS dan presentasikan dalam kelompok.

Seperti apa keragaman umat beragama di lingkungan provinsimu?

Jawaban:

Keragaman Agama Di Provinsi Jawa Tengah

Provinsi Jawa Tengah terdiri dari 35 kabupaten dan kota. Sebagian besar penduduk Jawa Tengah beragama Islam yaitu sekitar 96%. Agama dan kepercayaan yang ada di Jawa Tengah adalah: Islam, Kristen ,Katolik, Hindu, Buddha, Konghucu, dan Kepercayaan. Jawa Tengah merupakan pusat penyebaran Kristen dan Katolik di Pulau Jawa. Seperti di kota Semarang, Magelang, Surakarta dan Salatiga.

Agama Hindu banyak dianut oleh warga Klaten, Karanganyar, Kota Semarang, Kota Surakarta, dan Boyolali. Sedangkan agama Budha dianut oleh warga Boyolali, Temanggung, Jepara, Kebumen dan Wonogiri.

Keberagaman agama di tengah-tengah masyarakat Jawa Tengah menunjukkan bahwa warga Jawa Tengah adalah masyarakat yang relijius. Semua agama meyakini akan keberadaan dan kekuasaan Tuhan. Akan tetapi sistem keyakinan dan ibadah antara satu agama dengan agama yang lain berbeda.

Bagaimana antarumat beragama saling menjalin persatuan?

Jawaban:

Dalam mewujudkan persatuan umat beragama, ada beberapa langkah yang dapat diwujudkan, yaitu :
1. Sikap Toleransi. Toleransi beragama adalah menghargai, dengan sabar menghormati keyakinan atau kepercayaan seseorang atau kelompok lain.
2. Saling menghormati dan menghargai hak orang dan golongan lain mengikuti agamanya
3. Mencegah terjadinya konflik antar agama dengan tidak menjelekan agama lain.

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 1 kelas 4 SD dan MI di buku tematik siswa halaman 121. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Kerjakan juga soal lain pada materi pembelajaran 5 Subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman. Terimakasih, selamat belajar! Jawaban lengkap, buka disini: Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 117 118 119 120 121 Pembelajaran 5 Subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman

2 Comments