3 Tarian yang Menggunakan Lebih Dari Dua Properti Tema 5 Kelas 5 SD

Sebutkan tarian yang menggunakan lebih dari dua properti untuk menarikan tarian, apakah properti-properti tari yang digunakan memperkuat pesan yang disampaikan lewat tarian, pembahasan kunci jawaban tema 5 kelas 5 halaman 60 61 62 65 tepatnya pada materi pembelajaran 2 subtema 2 Hubungan Antar makhluk Hidup dalam Ekosistem di buku tematik siswa sekolah dasar.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan dari tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal Lengkapilah Tabel Berikut dengan Nama Tarian dan Properti yang Digunakan di buku tematik.

Sebutkan tarian yang menggunakan lebih dari dua properti untuk menarikan tarian

Keberadaan ekosistem juga dijadikan sebagai inspirasi dalam berkarya, seperti yang terdapat dalam beberapa tari daerah. Hasil panen yang diperoleh dari ekosistem sawah atau ladang dituangkan menjadi karya tari yang indah dan menarik. Beberapa tarian daerah juga menjadikan tindak tanduk hewan dalam sebuah ekosistem sebagai inspirasi tarian mereka.

Berikut adalah beberapa tari daerah yang mengetengahkan tentang berkah Tuhan lewat ekosistem di sekitar.

Tari Tradisional Caping
Ngancak yang berasal dari Lamongan, Jawa Timur menceritakan tentang kehidupan petani. Tari ini menggambarkan para petani yang sedang bekerja mulai dari menanam, merawat, hingga memanen padi. Seperti petani sebenarnya, para penari juga mengenakan caping. Caping merupakan penutup kepala yang biasa dikenakan petani saat bekerja di sawah. Caping berbentuk kerucut terbuat dari anyaman bambu.

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 65

c. Sebutkan tarian yang menggunakan lebih dari dua properti untuk menarikan tarian tersebut.

Jawaban : Tari musyoh, tari lilin, dan tari baksa dadap. Untuk properti tarinya bisa melihat tabel di atas.

b. Menurut pendapatmu, apakah properti-properti tari yang digunakan memperkuat pesan yang disampaikan lewat tarian?

Jawaban : Tentu saja karena properti tari dapat mempertegas gerakan penari sehingga maksud cerita tari dapat ditangkap oleh penonton. Entah itu tari peperangan, tari penyambutan, atau yang lainnya.

Ayo Berlatih
1. Apakah peran produsen, konsumen, dan pengurai dalam sebuah rantai makanan?
2. Menurutmu, apa sajakah yang dapat mengganggu rantai makanan? Bagaimana pengaruhnya terhadap ekosistem?
3. Apakah yang dimaksud dengan properti dalam seni tari? Berikan contoh properti tari yang kamu ketahui!

Jawaban, buka disini: Apakah Peran Produsen Konsumen dan Pengurai dalam Sebuah Rantai Makanan

Demikian pembahasan kunci jawaban soal tema 5 kelas 5 SD halaman 65 secara lengkap. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 2 subtema 2 Hubungan Antar makhluk Hidup dalam Ekosistem di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian:

4 Comments