Teks Nonfiksi Tentang Semangat Kekeluargaan dan Gotong Royong

Buatlah teks nonfiksi tentang semangat kekeluargaan dan gotong royong yang terdapat di daerahmu, pembahasan kunci jawaban tema 5 kelas 5 halaman 94 95 96 97 tepatnya pada materi pembelajaran 6 subtema 2 Hubungan Antar makhluk Hidup dalam Ekosistem di buku tematik siswa sekolah dasar.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan dari tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal Bagaimana Cara Memperkuat Semangat Kekeluargaan dan Gotong Royong di buku tematik.

Buatlah teks nonfiksi tentang semangat kekeluargaan dan gotong royong yang terdapat di daerahmu

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 96

Ayo Menulis

Buatlah teks nonfiksi tentang semangat kekeluargaan dan gotong royong yang terdapat di daerahmu. Untuk memperkaya tulisanmu, carilah artikel-artikel yang membahas tentang kegiatan masyarakat yang mengetengahkan semangat kekeluargaan dan gotong royong. Kamu dapat mencari artikel di koran, majalah, atau internet. Gunakan kalimatmu sendiri. Tuliskan di selembar kertas A4 dengan rapi. Pastikan menggunakan tata bahasa dan ejaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Jawaban : Berikut contoh teks nonfiksinya,

Semangat Kekeluargaan dan Gotong Royong Di Lingkungan Tempat Tinggalku

Semangat kekeluargaan dan gotong royong telah menjadi kebiasaan bagi masyarakat di sekitar lingkunganku. Semangat kekeluargaan dan gotong royong telah dipraktikkan dalam berbagai bidang kehidupan sehari-hari. Gotong royong berarti bekerja bersama-sama, tolong menolong dan bantu-membantu secara ikhlas baik untuk kepentingan bersama maupun untuk keperluan orang-perorang.

Segala pekerjaan akan lebih ringan bila dikerjakan secara bersama-sama yang dijiwai rasa saling memerlukan dan saling membantu. Praktik semangat kekeluargaan dan gotong royong dapat ditemukan dalam berbagai kegiatan dan kehidupan masyarakat. Misal di lingkungan keluarga, rukun tetangga (RT), rukun warga (RW), desa, sekolah bahkan masyarakat, bangsa dan negara.

Semangat kekeluargaan dan kegotongroyongan juga dikembangkan dalam kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan bidang keagamaan, keamanan, pertanian dan lainnya. Dalam bidang keagamaan terlihat saat akan memperingati hari besar agama. Warga dengan sukarela menyiapkan tempat dan juga konsumsi untuk acara tersebut. Dalam bidang keamanan semangat gotong royong ditunjukan dengan melakukan kegiatan siskamling secara bersama-sama. Dalam bidang pertanian semangat gotong-royong ditunjukkan pada saat musim tanam tiba. Warga bergantian saling membantu menanam tanaman tanpa meminta upah.

Semangat kekeluargaan dan gotong royong mengandung nilai-nilai luhur yang patut dilestarikan oleh bangsa Indonesia yang beragam. Nilai-nilai luhur gotong royong yang dimaksud, antara lain: adanya sikap kerja sama yang tinggi, menjunjung tinggi sikap kekeluargaan , sikap hormat menghormati teman kerja, mengutamakan kerja keras, dan mengutamakan kepentingan bersama Kepentingan diri sendiri menjadi nomor dua.

Ayo Membaca
1. Apa pendapat kelompokmu tentang tari tradisional Turuk Laggai?
2. Apa pendapat kelompokmu tentang gerakan tari yang ditarikan oleh anggota kelompokmu?
3. Apakah setiap anggota kelompok telah mampu bekerja dalam kelompok dengan baik?
4. Apa yang harus ditingkatkan dalam kerja kelompokmu?

Jawaban, buka disini: Apa Pendapat Tentang Tari Tradisional Turuk Laggai

Demikian pembahasan kunci jawaban soal tema 5 kelas 5 SD halaman 96 secara lengkap. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 6 subtema 2 Hubungan Antar makhluk Hidup dalam Ekosistem di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian:

4 Comments