Upaya yang Dapat Kita Lakukan Untuk Menjaga Keselamatan Diri Saat Berenang

Apa saja upaya yang dapat kita lakukan untuk menjaga keselamatan diri saat berenang? Pembahasan kunci jawaban tema 7 kelas 3 halaman 141, tepatnya pada materi pembelajaran 4 subtema 3 Perkembangan Teknologi Komunikasi di buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2018.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal tentang contoh pola hiasan untuk menghias telepon kaleng. Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan buka link tersebut!

Upaya yang Dapat Kita Lakukan Untuk Menjaga Keselamatan Diri Saat Berenang

Pagi hari, Siti menerima pesan singkat (SMS) dari Lani melalui ponsel milik ibu. Rupanya, Lani mengajak Siti untuk berenang bersama. Siti meminta izin kepada Ibu untuk pergi berenang bersama Lani dan Dayu. Ibu mengizinkan Siti pergi berenang. Ibu meminta Bibi untuk menemani Siti pergi berenang.

Berenang merupakan olahraga air yang baik. Pada saat berenang semua otot tubuh bergerak. Namun, kita harus waspada akan bahaya berkegiatan di air. Bahaya yang mungkin terjadi di kolam renang adalah tenggelam. Agar tetap selamat saat berenang, kita harus ditemani oleh orang yang sudah mahir.

Apa saja upaya yang dapat kita lakukan untuk menjaga keselamatan diri saat berenang?

Jawab:

1. Gunakan pelampung
2. Lakukan pemanasan untuk mencegah cedera
3. Berlatih berenang di kolam yang dangkal
4. Tidak berenang sendiri dan pastikan ada yang mengawasi

Baca juga pembahasan soal halaman selanjutnya dibawah ini:

Ayo Membaca! Bacalah teks berikut!

Alat Komunikasi Tulisan

Sejak zaman dahulu, komunikasi secara tertulis sudah mulai dilakukan. Ada surat yang ditulis pada daun lontar.

Selanjutnya, surat ditulis pada selembar kertas dan dimasukkan ke dalam amplop. Surat akan dikirimkan oleh petugas pos dalam waktu tertentu. Waktu penyampaian surat tergantung pada jarak tujuan dan biaya pengiriman. Biasanya sekitar 3 hari sampai 1 minggu.

Pada abad 21, mulai dikenal surat elektronik atau surel. Surel dikirim melalui jaringan internet dengan alat bantu komputer. Melalui surel, pesan dapat diterima di tempat tujuan sesaat setelah dikirim. Tentu saja, hal tersebut sangat membantu komunikasi.

Kini, surel bukan lagi satu-satunya alat komunikasi yang cepat. Melalui telepon seluler, kita dapat berkirim pesan menggunakan aplikasi pesan singkat (SMS). Bahkan, saat ini, kita dapat saling berkirim data penting melalui ponsel dengan berbagai pilihan aplikasi.

Ayo Menulis

Lingkari jenis-jenis produk yang dihasilkan oleh teknologi komunikasi.

Jawaban: buka DISINI.

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 7 kelas 3 SD dan MI di buku tematik siswa halaman 141 tentang Contoh Pola Hiasan Untuk Menghias Telepon Kaleng. semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Kerjakan juga soal lain pada materi pembelajaran 3 subtema 3 Perkembangan Teknologi Komunikasi. Terimakasih, selamat belajar!