Apa Perbedaan Petani di Daerah Dataran Rendah dan Petani di Daerah Dataran Tinggi

Apa perbedaan petani di daerah dataran rendah dan petani di daerah dataran tinggi? Kunci jawaban tema 8 kelas 4 SD dan MI di halaman 24, tepatnya pada materi pembelajaran 3 subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2017.

Apa Perbedaan Petani di Daerah Dataran Rendah dan Petani di Daerah Dataran Tinggi

Baca Juga: Kunci jawaban tema 8 Kelas 4 SD/MI halaman 23, 24, 25, 26, 28, 29 dan 3

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal tentang Mengapa penduduk di desa dan di kota memiliki mata pencaharian yang berbeda. Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan buka link tersebut!

Ayo Membaca

Lingkungan memengaruhi mata pencaharian penduduk di suatu daerah. Mata pencaharian penduduk di suatu daerah berbeda dengan daerah lain. Mata pencaharian penduduk di daerah pesisir pantai berbeda dengan penduduk di daerah dataran rendah maupun di dataran tinggi. Simak penjelasan berikut.

  1. Penduduk di daerah pantai bermata pencaharian sebagai nelayan, petani tambak, pedagang, petani garam, dan perajin.
  2. Penduduk di daerah dataran rendah bermata pencaharian sebagai buruh, petani, pedagang, dan peternak.
  3. Penduduk di daerah dataran tinggi bermata pencaharian sebagai petani, peternak, pedagang, dan pekerja perkebunan, misalnya teh, kopi, dan cengkeh.

Selain itu, penduduk yang tinggal di desa juga memiliki mata pencaharian yang berbeda dengan penduduk di kota. Penduduk di desa lebih banyak bermata pencaharian sebagai petani, peternak, perajin, pedagang, buruh tani dan perkebunan. Sedangkan penduduk di kota bermata pencaharian sebagai pekerja jasa (pegawai bank, konsultan, pengacara, sopir), karyawan, pedagang, dan buruh pabrik.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 23 – 24

Ayo Berdiskusi

Diskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut bersama teman sebangkumu. Tuliskan hasilnya pada tempat yang disediakan.

3. Apa perbedaan petani di daerah dataran rendah dan petani di daerah dataran tinggi?

Jawab: Perbedaan petani di daerah dataran rendah dan petani di daerah dataran tinggi terletak pada tanaman yang mereka tanam. Petani di daerah dataran rendah menanam padi dan palawija. Sedangkan petani di daerah dataran tinggi menanam sayuran seperti kol, wortel, bawang, dan kubis.

Baca juga soal selanjutnya dibawah ini:

4. Apa yang dimaksud dengan pekerja jasa? Sebutkan contohnya.

Jawab, buka DISINI

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 8 kelas 4 SD dan MI di halaman 23, semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Baca juga pembahasan soal lainnya pada materi pembelajaran 3 subtema 1. Terimakasih, selamat belajar!