Jawaban Apa yang Dapat Kamu Lakukan Untuk Ikut Melestarikan Burung Elang Jawa

Apa yang dapat kamu lakukan untuk ikut melestarikan burung elang Jawa, usahaku, pembahasan kunci jawaban tema 9 kelas 4 halaman 38 39 40 44 45 46 tepatnya pada materi pembelajaran 6 subtema 1 Kekayaan Sumber Energi di Indonesia, buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2016.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal tentang Peta Pikiran Dampak Kegiatan Manusia Terhadap Populasi Elang Jawa. Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan buka link tersebut!

Apa yang dapat kamu lakukan untuk ikut melestarikan burung elang Jawa usahaku

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 39

Ayo Membaca
Konservasi Elang di Halimun Salak

Burung elang jawa (Nisaetus bartelsi) merupakan acuan lukisan Burung Garuda. Namun, kini jenis burung itu nyaris punah. Penyebab utama berkurangnya populasi burung elang jawa adalah kerusakan habitat tempat hidupnya. Kerusakan tersebut disebabkan karena adanya bencana alam maupun alih fungsi hutan menjadi ladang atau perkebunan. Ada pula perilaku manusia yang menyebabkan populasi burung ini semakin menyusut tajam yaitu perburuan. Burung elang hasil perburuan diperjualbelikan dan dijadikan koleksi pribadi.

Oleh karena itu, Indonesia berupaya melakukan usaha pelestarian. Salah satunya di Taman Nasional Gunung Salak. Namun, usaha itu juga tidak mudah dilakukan. Penyebabnya yaitu minimnya perhatian dan dukungan pembiayaan. Untuk penandaan burung, misalnya Indonesia masih memakai metode lama yaitu dengan memasang semacam bendera kuning di sayap. Sebagai bandingan di Thailand pemantauan burung sudah berbasis satelit. Sebaliknya, dalam hal pengamatan burung Indonesia masih mengandalkan pengamatan mata.

Ayo Berdiskusi

Apa yang dapat kamu lakukan untuk ikut melestarikan burung elang jawa? Diskusikan bersama teman-temanmu (4-5 orang tiap kelompok).
Tuliskan hasilnya dalam tabel berikut.

Jawaban :

No. Usahaku untuk Ikut Melestarikan Elang Jawa
1. Menyadarkan masyarakat untuk tidak berburu elang jawa.
2. Menjaga habitat tempat hidupnya elang jawa agar tidak semakin berkurang atau rusak.
3. Tidak memburu elang jawa untuk kesenangan pribadi, seperti hobi menembak.
4. Mencegah dan melaporkan jika ada perjual belian elang jawa.
5. Tidak memelihara elang jawa sebagai koleksi pribadi.
6. Membantu pemerintah mengawasi keberadaan elang jawa di sekitar kita.
7. Mengumpulkan dana bersama teman-teman seikhlasnya.
8. Menumbuhkan kesadaran untuk menjaga keberadaan elang jawa melalui diskusi.
9. Melaporkan kepada apabila ada perluasan lahan yang mengganggu habitat elang jawa.
10. Merawat dan menjaga lingkungan di sekitar kita agar tetap hijau.

Ayo Berlatih
Salah satu kewajiban manusia adalah menjaga lingkungan alam. Salah satunya melalui konservasi lingkungan alam. Amatilah bentuk-bentuk konservasi yang ada di daerah tempat tinggalmu! Carilah jawaban pertanyaan tersebut dengan bertanya kepada narasumber di sekitarmu. Kamu dapat bertanya kepada orang tuamu, apak/ bu guru, atau orang-orang lain di sekitarmu. Buatlah laporan hasil wawancaramu seperti contoh dalam kotak berikut.

Jawaban, buka disini: Apa Saja Bentuk-bentuk Konservasi di Daerah Ini dan Kesimpulannya

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 9 kelas 4 SD dan MI di buku tematik siswa halaman 39 materi pembelajaran 6 subtema 1 Kekayaan Sumber Energi di Indonesia. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Terimakasih, selamat belajar! Lihat soal lainnya secara lengkap: Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 38 39 40 44 45 46 Subtema 1 Kekayaan Sumber Energi di Indonesia Pembelajaran 6

2 Comments