Apakah Ciri-Ciri Fisik Anggota Kelompokmu Sama Atau Berbeda

Apakah ciri-ciri fisik (warna kulit, rambut, tinggi, dan lain-lain) anggota kelompokmu sama atau berbeda? Soal materi pembelajaran 2 tema 1 subtema 1 keberagaman budaya bangsaku kelas 4 SD/MI di buku paket tematik halaman 31.

Pembahasan soal kali ini merupakan lanjutan dari pertanyaan sebelumnya, di mana kita telah membahas tentang keberagaman yang kelompok kamu miliki. Apakah kamu sudah mengerjakannya? Jika belum kerjakan soal tersebut terlebih dahulu.

Apakah Ciri-Ciri Fisik Anggota Kelompokmu Sama Atau Berbeda

Indonesia memiliki keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya. Keberagaman di Indonesia terikat oleh rasa persatuan dan kesatuan.  Apakah ciri-ciri fisik anggota kelompokmu sama atau berbeda?

Jawaban :

Berbeda, sebab Indonesia adalah negara yang memiliki banyak suku, ras, dan adat istiadat. Ciri-ciri fisik di kelompok saya berbeda, bagaimana dengan kelompokmu? Silahkan tanyakan pada anggota kelompokmu.

Soal lain pada pembelajaran ke dua :

Mengapa meskipun kalian memiliki ciri-ciri fisik yang berbeda, tetapi tetap harus bekerja sama?

Jawaban : Karena faktor ciri fisik bukan hal penting sebagai orang indonesia berbeda itu hal yang biasa jadi sesuai mutu kita berbeda beda tetapi tetap satu jua kerjasama adalah hal yang baik bagi warga negara Indonesia.

Apakah kalian memiliki pendapat yang sama? Jelaskan!

Jawaban : tentu kita tidak mempunyai pendapat yang sama, karena pikiran setiap orang itu berbeda-beda, dan setiap orang mempunyai hak mengeluarkan pendapat. Lantas bagaimana sikap kita terhadap perbedaan pendapat? Sikap kita adalah saling menghargai pendapat tersebut, tidak saling memaksakan kehendak. Sikap menghargai pendapat satu sama lain perlu ditumbuhkan agar terciptanya kehidupan masyarakat yang damai dan harmonis. Seperti sikap yang mencerminkan pengamalan nilai-nilai sila ke empat pancasila yang bebunyi “Kerakyatan yang di pimpin oleh hikmat kebijaksanaan dan permusyawaratan perwakilan”.

Samakah cara kalian menyampaikan pendapat? Jelaskan!

Jawaban : Berbeda. walaupun pendapat kita sama-sama setuju atau sebaliknya pasti ada perbedaan dlam penyampaiannya.

Apakah keberagaman tersebut membawa manfaat bagi kelompok? Jelaskan!

Jawaban : Iya membawa manfaat. Dengan adanya keberagaman itu jelas membawa manfaat bagi sebuah kelompok atau lebih, karena dengan perbedaan kita bisa lebih memahami dan menghargai keberagaman yang ada