Buatlah Larutan Untuk Mencelup Kain dalam Proses Membuat Batik Jumputan

Buatlah larutan untuk mencelup kain dalam proses membuat batik jumputan, pembahasan kunci jawaban tema 9 kelas 5 halaman 171 tepatnya pada materi pembelajaran 5 subtema 3 Manusia dan Benda di Lingkungannya di buku tematik siswa sekolah dasar.

Buatlah Larutan Untuk Mencelup Kain dalam Proses Membuat Batik Jumputan

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan dari tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal buatlah rancangan kain batik jumputan sesuai keinginanmu di buku tematik.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 171

Ayo Mencoba

Buatlah larutan untuk mencelup kain dalam proses membuat batik jumputan. Untuk bahan membuat larutan, kamu dapat menggunakan seperti uraian sebelumnya. Namun, kamu juga dapat membuat larutan sendiri berdasarkan referensi yang kalian ketahui atau hasil dari bertanya kepada orang yang lebih tahu. Buatlah laporan hasil percobaan kalian. Laporan berisi hal-hal berikut.

1. Bahan untuk membuat larutan.
2. Uraikan termasuk zat tunggal atau zat campuran bahan yang kamu gunakan untuk membuat larutan.
3. Uraikan juga termasuk unsur atau senyawa bahan yang kamu gunakan untuk membuat larutan.
4. Cara membuat larutan untuk membuat batik jumputan.

Tuliskan laporanmu, lalu kumpulkan kepada Bapak atau Ibu Guru.

Jawaban : Laporan Kegiatan Percobaan Membuat Larutan Mencelup Batik Jumputan

Tujuan Percobaan:
Mengetahui cara membuat larutan pencelup batik jumputan.

Alat dan bahan:
– Kompor
– Panci
– Sendok kayu yang digunakan untuk mengaduk
– Ember
– Pewarna dan penguatnya dalam satu kemasan, bisa memakai Wenter atau Wantex. Bahan pewarna termasuk senyawa karena terdiri dari beberapa unsur.
– 2 liter air untuk satu kemasan pewarna. Air termasuk zat tunggal. Air, merupakan senyawa karena terbentuk dari gabungan hidrogen dan oksigen.
– 2 sendok makan garam. Garam termauk zat tunggal. Garam termasuk senyawa karena terdiri dari 2 unsur yang berbeda yakni natrium dan klorida.
– Cuka secukupnya. Cuka termasuk zat tunggal. Asam cuka, merupakan senyawa. Asam cuka merupakan gabungan unsur karbon, hidrogen dan oksigen.

Langkah-langkah Percobaan:
1. Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat bahan pencelup batik jumputan.
2. Masak air sesuai aturan pada pewarna kain.
3. Setelah panas, masukkan zat pewarna satu per satu dan aduk sampai rata.
4. Jika pencelupan lebih dari satu warna maka proses pembuatan larutan harus dipisah.
5. Gunakan satu wadah panci untuk satu warna saja
6. Wantek biru dimasak pada air mendidih hingga larut selanjutnya dibiarkan dingin dan masukkan ke dalam botol air mineral 600 ml, tutup botolnya yang kuat sampai waktu digunakan.
7. Demikian juga untuk warna merah dan kuning lakukan hal yang sama hingga kita punya 3 botol pewarna siap pakai.
8. Larutan pencelup ini sudah siap digunakan.

Hasil percobaan:
Hasil percobaan yang dilakukan menggunakan beberapa senyawa. Hasil larutan pencelup batik jumputan termasuk campuran homogen.

Kesimpulan:
Dari pengamatan percobaan yang telah dilakukan dapat disimpulkan larutan pencelup batik jumputan merupakan campuran homogen.

Demikian pembahasan kunci jawaban soal tema 9 kelas 5 SD Halaman 171 secara lengkap. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 5 subtema 3 Manusia dan Benda di Lingkungannya di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian: Pembelajaran 6 subtema 3