Cara Bermain dan Peraturan Permainan Ayam dan Elang

Cara Bermain dan Peraturan Permainan Ayam dan Elang – Rangkuman materi kelas 6 SD/MI pada pembelajaran 3 tema 2 Persatuan dalam Perbedaan subtema 2 Bekerja Sama Mencapai Tujuan di buku paket tematik 2 halaman 64-65.

Ayo Mengamati! Amati gambar berikut!

Cara Bermain dan Peraturan Permainan Ayam dan Elang

Gambar di atas menceritakan sekelompok siswa yang sedang bermain ‘Ayam dan Elang’. Dalam permainan ini, sekelompok siswa berperan sebagai ayam dan mereka mempunyai tujuan untuk melindungi diri dari serangan elang. Bagaimana tujuan tersebut dapat tercapai? Apa yang harus dilakukan oleh setiap anggota kelompok? Ayo, kita praktikkan permainan ‘Ayam dan Elang’ tersebut!

Cara Bermain dan Peraturan Permainan Ayam dan Elang

A. Cara Bermain Permainan Ayam dan Elang

Kamu dan teman-temanmu akan dikelompokkan dalam beberapa kelompok yang jumlahnya sama.
Setiap kelompok terdiri atas 8–10 siswa.
Salah seorang siswa akan berperan sebagai elang.
Salah seorang siswa akan berperan sebagai induk ayam.
Sisanya akan berperan sebagai anak ayam.
Elang akan mengejar dan menangkap anak ayam satu per satu.
Induk ayam akan berjuang untuk melindungi anak-anaknya.

B. Peraturan Permainan Ayam dan Elang

  1. Elang akan mengejar dan menangkap anak-anak ayam.
  2. Induk ayam akan melindungi anak-anaknya dengan menghalangi elang.
  3. Jika anak ayam terpisah dari induknya, maka anak ayam tersebut dapat berlari sekencang-kencangnya agar tidak tertangkap oleh elang.
  4. Jika elang dapat menangkap semua anak ayam, maka elang dan anak-anak yang ditangkap akan berganti peran menjadi induk ayam dan anak-anak ayam.
  5. Sedangkan induk ayam yang tidak dapat menjaga anaknya akan berganti peran menjadi elang.
  6. Agar permainan lebih menarik, maka jumlah elang dapat ditambah, sehingga induk ayam lebih waspada lagi dalam melindungi anak-anaknya.

Tahukah kamu bahwa dalam permainan diperlukan keterampilan berlari yang baik?

Gerakan Lari

Ketika kamu berlari, gerak utama yang dominan kamu lakukan adalah gerakan langkah kaki dan ayunan lengan. Selain itu, dalam berlari kamu juga perlu memperhatikan kecondongan badan (disesuaikan dengan jenis lari), pengaturan napas, serta harmonisasigerakan lengan dan tungkai.

Yang paling menentukan kecepatanmu dalam berlari adalah panjang langkah dan kerapatan langkah. Langkah kakimu terdiri atas tahap menumpu dan tahap melayang. Dalam proses berlari, gerakanmu dimulai dengan kaki menumpu, kemudian tahap mendorong (kaki tolak), serta gerakan kaki ayun.

Sekarang, kamu sudah tahu apa saja yang perlu diperhatikan agar dapat berlari dengan baik. Sebelum kamu bermain ‘Ayam dan Elang’, lakukan latihan lari dengan benar berdasarkan panduan dari guru. Setelah berlatih lari, sekarang saatnya kamu bermain ‘Ayam dan Elang’. Perhatikan instruksi dari guru!

Dalam permainan ‘Ayam dan Elang’ sangat diperlukan perjuangan dan kerja sama agar anak-anak ayam tidak ditangkap oleh elang. Tahukah kamu bahwa semasa mempertahankan kemerdekaan Indonesia juga diperlukan perjuangan yang luar biasa dan kerja sama dari seluruh rakyat agar kemerdekaan Indonesia tidak direnggut oleh bangsa lain? Ayo, kita pelajari bagaimana rakyat Indonesia berjuang mempertahankan kemerdekaan di Ambarawa!

Baca : Peta Pikiran Pertempuran Ambarawa

Demikian pembahasan rangkuman materi kelas 6 SD tentang cara bermain dan peraturan dalam permainan Ayam dan Elang. Semoga ulasan diatas dapat berguna dan bermanfaat. Terimakasih, selamat belajar!

One Comment