Cerita Fabel Adalah dan Berikan Contohnya | Tema 8 Kelas 4

Cerita fabel adalah dan berikan contohnya! Pembahasan kunci jawaban tema 8 kelas 4 halaman 17, tepatnya pada materi pembelajaran 2 subtema 2 Lingkungan Tempat Tinggalku di buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2017.

Selain pengertian cerita fabel, dibawah ini juga akan kami jelaskan apa yang dimaksud dengan jenaka, mite legenda, saga, cerpen, dan novel beserta contohnya.

Pengertian Fabel

Fabel adalah cerita tentang kehidupan binatang yang berperilaku menyerupai manusia. Fabel termasuk cerita narasi fiksi, yang berarti bukan cerita dari kehidupan nyata. Fabel disebut juga cerita moral karena pesan yang ada di dalam cerita fabel berkaitan erat dengan moral.

Teks cerita fabel tidak hanya mengisahkan kehidupan binatang, tetapi juga mengisahkan kehidupan manusia dengan segala karakternya, sehingga binatang-binatang yang ada pada cerita fabel memiliki karakter seperti manusia.

Ciri-ciri fabel yaitu :

  • Tokoh dalam fabel adalah para binatang.
  • Watak tokoh yang digambarkan ada yang baik dan ada yang buruk (seperti watak manusia).
  • Tokoh-tokohnya dapat berbicara seperti manusia.
  • Terdapat rangkaian peristiwa yang menunjukkan kejadian sebab-akibat. Rangkaian sebab-akibat diurutkan dari awal sampai akhir.
  • Latar yang digunakan adalah latar alam (hutan, sungai, kolam, dll).
    Ciri bahasa yang digunakan adalah kalimat naratif/peristiwa, kalimat
  • langsung yang berupa dialog para tokoh, dan menggunakan kata sehari-hari dalam situasi tidak formal (bahasa percakapan).

Contoh Fabel

Cerita Fabel Adalah dan Berikan Contohnya

Contoh cerita fabel yang cukup populer misalnya seperti Fabel Kisah Semut Dan Gajah.

Rangkuman Cerita tersebut:

Dahulu kala di sebuah hutan sangat rimba. Hiduplah bermacam-macam binatang, dari yang paling kecil seperti Semut dan binatang yang paling besar seperti Gajah.

Gajah sangat angkuh, ia mengakui dirinya paling kuat. Gajah binatang yang di segani di hutan tersebut karena berhasil mengalahkan Harimau si raja hutan. Gajah dengan mudah mengalahkan Harimau, dengan belalainya yang panjang, Harimau diangkat timggi-tinggi dan di banting ke tanah. Karena dapat mengalahkan Harimau, Gajah mengaku sebagai pengusa hutan rimba yang baru.

Gajah sangat sombong. Karena badannya yang sangat besar, ia berpikir dapat mengalahkan semua binatang. Ia menyepelekan hewan-hewan yang berada di hutan. Karena kesombongan itu, ia tidak di senangi oleh hewan-hewan lainnya.Pada suatu hari, Gajah mengadakan suatu sayembara, siapapun yang dapat mengalahkannya, ia berhak menggantikannya sebagai Raja hutan.

Demikian pembahasan secara singkat kunci jawaban tema 8 kelas 4 halaman 17 tentang Cerita Fabel adalah dan berikan contohnya. Semoga bermanfaat!

Baca Juga:

One Comment