2 Contoh Variasi Gerak Dasar Nonlokomotor dalam Permainan Bola Voli

Contoh Variasi Gerak Dasar Nonlokomotor dalam Permainan Bola Voli – Dalam permainan voli, seorang pemain harus menguasai beberapa gerakan dasar, baik itu gerak lokomotor, nonlokomotor maupun manipulatif. Nah pada kesempatan kali ini, akan dijelaskan pengertian dan bentuk gerak dasar nonlokomotor!

Gerak dasar nonlokomotor merupakan keterampilan gerak tanpa berpindah tempat. Keterampilan gerak ini tidak menggunakan bola. Bagaimana bentuk variasi gerak dasar nonlokomotor dalam permainan bola voli?

1. Menekuk Kaki dan Mengayun Lengan;

Variasi Gerak Dasar Nonlokomotor dalam Permainan Bola Voli

Amatilah variasi gerak menekuk kaki dan mengayun lengan seperti gambar diatas. Diskusikan cara melakukan variasi gerak menekuk kaki dan mengayun lengan berdasarkan gambar tersebut. Jelaskan hasil diskusimu kepada guru secara santun.

Gambar diatas menunjukkan cara melakukan variasi gerak dasar nonlokomotor. Posisi badan berdiri dan kedua kaki dibuka selebar bahu. Kedua lutut ditekuk.

Kemudian, ayunkan lengan dari bawah ke atas. Gerakan ini sebagai persiapan untuk memvoli bola kepada teman satu kelompok. Lakukan variasi gerak ini dengan percaya diri.

2. Menekuk Kaki dan Mengayun Lengan ke Atas

Bagaimana cara melakukan variasi gerak menekuk kaki dan mengayun lengan ke atas? Variasi gerak ini untuk persiapan memvoli bola ke arah teman. Kedua kaki dibuka selebar bahu. Kedua lutut ditekuk untuk menjaga keseimbangan tubuh. Lakukan variasi gerak ini dengan percaya diri.

Nah itulah dua contoh gerak nonlokomotor dalam permainan bola voli yang terdiri menekuk kaki dan mengayun lengan, dan menekuk kaki dan mengayun lengan ke atas.

Bagaimana Sikap Tubuh dalam Permainan Bola Voli?

Tahukah kamu, sikap tubuh merupakan posisi tubuh untuk melakukan gerak selanjutnya dalam permainan bola voli? Ya, sikap tubuh yang benar menunjang variasi gerak dasar dalam permainan bola voli. Adapun cara melakukan sikap tubuh yang benar sebagai berikut.

1. Sikap awal, kaki dibuka selebar bahu.
2. Kedua lutut ditekuk sedikit dan badan miring ke depan.
3. Lengan diluruskan ke bawah bersiap memantulkan bola