7 Dampak Positif dan Negatif Social Distancing Bagi Masyarakat & Pelajar

Sebutkan apa saja dampak positif dan negatif social distancing bagi masyarakat umum dan pelajar? Nah pada kesempatan kali kita akan membahas tentang pengaruh ditetapkannya kebijakan pemerintah mengenai pembatasan sosial atau social distancing.

Apa yang dimaksud dengan social distancing? Dikutip dari wikipedia, pembatasan sosial atau social distancing adalah serangkaian tindakan pengendalian infeksi nonfarmasi yang dimaksudkan untuk menghentikan atau memperlambat penyebaran penyakit menular.

Dampak Positif dan Negatif Social Distancing

Dampak positif dan negatif kebijakan social distancing yang diterapkan diberbagai daerah di Indonesia tentu dirasakan oleh banyak orang. Kebijakan pembatasan sosial ini dikeluarkan dengan tujuan untuk menghambat atau menghentikan penyebaran virus corona (covid 19) di Indonesia.

Kebijakan social distancing telah diterapkan oleh pemerintah Indonesia sejak pertengahan maret hingga sekarang (april) dan bahkan bisa diperpanjang. Sebab, virus menular ini semakin berkembang dan banyak korban positif terkena virus corona. Hingga 2 april, jumlah positif corona di Indonesia telah mencapai lebih dari 1700 orang (kompas.com).

Nah berikut ini beberapa pengaruh positif dan negatif kebijakan sosial distancing :

1. Dampak Positif Kebijakan Social Distancing

a. Memutus Mata Rantai Virus Corona

Salah satu dampak positifnya adalah mampu memutus mata rantai penyebaran virus corona. Sebab dengan adanya kebijakan social distancing, semua orang menjaga jarak dan mengurangi kontak langsung dengan sesama. Sehingga dapat memutus mata rantai virus mematikan ini.

b. Tidak Tertular Virus Corona (Covid 19)

Kebijakan social distancing memaksa masyarakat bekerja dari rumah atau WFH (work form home), dan pelajar (siswa siswi, mahasiswa) belajar dari rumah. Bagi masyarakat yang mematuhi kebijakan ini, dan benar-benar tidak melakukan kontak langsung dengan masyarakat luas, tentu tidak akan tertular virus corona. Dan masyarakat menjadi lebih berhati-hati.

c. Hidup Menjadi Lebih Sehat

Adanya kebijakan ini, masyarakat menjadi sadar dan mulai menata hidup dengan sehat. Dari yang biasanya jarang mencuci tangan, hingga sekarang rutin mencuci tangan. Selain itu, kebersihan lingkungan juga salah satu poin penting. Karena di tingkat desa-desa diadakan pembersihan lingkungan hingga penyemprotan.

d. Mengurangi Polusi Udara

Dampak positif kebijakan social distancing keempat yaitu dapat mengurangi polusi udara. Sebab segala aktivitas yang semula dilakukan diluar rumah dengan menggunakan kendaraan (umum, pribadi) menjadi berkurang. Masyarakat lebih banyak beraktivitas di rumah. Pengaruh polusi udara ini dapat sangat terasa di perkotaan. Udara menjadi lebih sejuk dan segar, karena polusi udara menurun.

2. Dampak Negatif Kebijakan Social Distancing

a. Mempengaruhi Kesehatan Mental

Dampak negatif pertama dengan menjaga jarak bisa mempengaruhi kesehatan mental. Sebab manusia notabene adalah makhluk sosial. Kebiasaan-kebiasaan berkumpul dan bersosialisai, kini harus dihindari. Hal ini kemudian dapat memengaruhi kadar hormon oksitosin yang berperan untuk mengatur ikatan sosial.

b. Mempengaruhi Kondisi Ekonomi Masyarakat

Pengaruh yang sangat dirasakan adanya kebijakan social distancing tentu saja bagi para pedagang yang setiap harinya mengais rezeki dari penjualan barang-barang dagangannya. Adanya pembatasan sosial, tentu membuat masyarakat jarang keluar rumah. Dan omset penjualan pedagang menurun drastis, sebab daya beli masyarakat juga menurun. Bahkan banyak orang terkena PHK, kemudian mengganggur tidak memiliki penghasilan sama sekali.

c. Mempengaruhi Kondisi Ekonomi Indonesia

Selain ekonomi masyarakat, ekonomi negara juga terkena dampaknya. Seperti nilai ekspor-impor mengalami defisit, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS menurun dan masih banyak lagi. Dikutip dari kompas.com, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS kembali melemah. Per 2 April 2020, berada pada posisi RP.16.525 per dollar AS.

Nah itulah 7 Dampak Positif dan Negatif Social Distancing (pembatasan sosial) yang dikeluarkan oleh pemerintah demi menghambat laju penyebaran virus corona (covid 19). Semoga informasi diatas bermanfaat dan berguna. Terimakasih. Baca juga: Contoh Teks Persuasi Tentang Corona

One Comment