3 Gambar Peristiwa Mencerminkan Persatuan dan Kesatuan

Contoh gambar peristiwa yang mencerminkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Seperti yang kita ketahui Indonesia merupakan negara dengan beragam suku, budaya, adat istiadat, agama, ras dan bahasa. Untuk menyatukan seluruh masyarakat Indonesia, kita mengenal apa yang namanya Bhineka Tunggal Ika yang merupakan semboyan bangsa Indonesia.

Bhineka Tunggal Ika yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu jua adalah semboyan yang harus kita pegang teguh agar persatuan dan kesatuan masyarakat Indonesia tetap terjaga serta terhindar dari perpecahan.

Nah berikut ini kami sajikan beberapa gambar peristiwa mencerminkan persatuan dan kesatuan :

1. Festival Budaya Nusantara

Gambar Peristiwa Mencerminkan Persatuan dan Kesatuan

Setiap daerah di Indonesia memiliki budaya yang berbeda-beda, sebagai contoh tarian dan pakaian yang merupakan aset berharga setiap daerah dan dalam lingkup nasional merupakan aset bangsa Indonesia yang harus kita lestarikan.

Dalam festival budaya Nusantara, disajikan berbagai budaya daerah-daerah di Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Makna persatuan dan kesatuan dalam festival ini diharapkan dapat menjalin kebersamaan dan saling melengkapi antara satu dengan yang lainnya.

2. Persatuan dan Kesatuan serta Toleransi Antar Umat Beragama

Gambar Persatuan dan Kesatuan Antar Umat Beragama

Secara resmi, di Indonesia terdapat 6 agama yang diakui oleh pemerintah. Yaitu agama Islam, Kristen Protestan, Kristen Katolik, Hindu, Buddha dan Konghucu. Dari keenam agama tersebut, Islam merupakan mayoritas agama yang dianut oleh masyarakat Indonesia.

Sikap saling menghargai antar agama atau toleransi antar agama harus kita jalin agar tidak menimbulkan permasalahan yang berujung pada konflik. Gambar diatas merupakan contoh dari sikap persatuan hidup berdampingan antar umat beragama.

3. Semangat Kekeluargaan dan Tolong Menolong

Gambar Semangat Kekeluargaan dan Tolong Menolong

Kita sering mendengar istilah gotong royong bukan? kegiatan gotongroyong merupakan wujud dari semangat kekeluargaan, rasa persahabatan dan tolong-menolong. Pada saat melakukan kegiatan gotong royong, semua perbedaan dapat ditepiskan.

Masyarakat bahu membahu saling bekerjasama untuk kepentingan bersama tanpa melihat perbedaan antara satu dgn yang lain.Adanya gotong royong, pekerjaan seberat apapun akan terasa ringan dan dapat diselesaikan dengan cepat.

Itulah ketiga contoh gambar peristiwa mencerminkan persatuan dan kesatuan masyarakat Indonesia. Semoga bermanfaat, terimakasih.

One Comment