Informasi Tentang Jenis-Jenis Cerita Fiksi, Cerita Jenaka Adalah

Carilah informasi tentang jenis-jenis cerita fiksi berikut! Cerita jenaka adalah… dan contoh? Pembahasan kunci jawaban tema 8 kelas 4 SD halaman 17, tepatnya pada materi pembelajaran 2 subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku.

Informasi Tentang Jenis-Jenis Cerita Fiksi, Cerita Jenaka Adalah

Pembahasan jenis-jenis cerita fiksi kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan tentang ciri-ciri cerita fiksi. Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan buka link tersebut!

Ayo Berlatih

Siapa saja tokoh-tokoh dalam cerita tersebut? Sebutkan tokoh-tokoh dalam cerita. Kemudian, ceritakan secara lisan cerita tersebut di depan teman-teman dan gurumu.

Jawab: Burung Kasuari, Burung Dara Makota, Burung Pipit dan burung lannya.

Ayo Berdiskusi

Carilah informasi tentang jenis-jenis cerita fiksi berikut!

Jawaban:

a. Cerita jenaka adalah cerita pendek berisi kebodohan atau kecerdikan seseorang dan menimbulkan senyum atau tawa bagi pembaca atau pendengar. Contoh: Pak Pandir, Pak Belalang, dan Lebai Malang.

b. Mite adalah cerita berhubungan dengan kepercayaan suatu benda, peristiwa gaib, alam gaib, atau yang dipercayai mempunyai kekuatan gaib, seperti dewa, peri, dan Tuhan.

c. Fabel adalah cerita dengan tokoh-tokoh binatang yang diceritakan hidup dan bermasyarakat seperti manusia. Contoh: Kancil dengan Buaya dan Burung Bangau.

d. Legenda adalah cerita lama mengisahkan riwayat terjadinya suatu tempat atau wilayah, kejadian alam, asal-usul suatu benda, atau kejadian di suatu tempat atau daerah. Contoh: Terjadinya Gunung Tangkuban Perahu.

e. Saga adalah cerita lama yang mengandung unsur sejarah, misalnya kepahlawanan. Contoh: Calon Arang dan Lutung Kasarung.

f. Cerpen adalah

g. Novel adalah

Pengertian Cerpen dan Novel, buka DISINI.

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 8 kelas 4 SD/MI di buku tematik siswa halaman 17. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Kerjakan juga soal lain pada materi pembelajaran 2 subtema 1. Terimakasih, selamat belajar!