Jumlah Penduduk Dunia Tahun 2020 dan Pertumbuhannya Terbaru

Berapa total jumlah penduduk dunia di tahun 2020? Apakah lebih banyak dibandingkan tahun 2019? Negara mana yang memiliki populasi terbanyak atau terbesar di dunia? Nah berikut ini akan kami sajikan informasi terbaru, terupdate dan terkini beserta rincian pertumbuhan dan perkembangannya dari tahun ke tahun.

Luas bumi kurang lebih 510,1 juta kmĀ², dihuni oleh miliaran jiwa manusia yang dikelompokkan berdasarkan benua. Secara umum, benua di bumi terdiri dari benua Asia, Afrika, Eropa, Amerika Utara, Amerika Selatan dan Oceania.

Benua-benua tersebut dibagi lagi menjadi beberapa kawasan. Jika di total, jumlah negara di keenam benua tersebut mencapai kurang lebih sekitar 235 negara. Berikut ini data rincian jumlah penduduk dunia saat ini, terbaru di tahun 2020 :

Jumlah Penduduk Dunia Tahun 2020

Berdasarkan tabel diatas, dapat kita ketahui bawah populasi penduduk dunia saat ini mencapai kurang lebih 7.794.798.739 atau 7,7 miliar lebih. Kemudian angka persentase pertumbuhannya di tahun 2019-2020 sebesar 1.05% atau jika dihitung bertambah sebanyak lebih dari 81 juta jiwa.

Sementara itu, jika dihitung kepadatan penduduknya berdasarkan luas yang sudah disebutkan diatas, kepadatan penduduk dunia mencapai kurang lebih sekitar 52 penduduk/km2.

Pertumbuhan Jumlah Penduduk Dunia dari Tahun ke Tahun

Pertumbuhan Jumlah Penduduk Dunia dari Tahun ke Tahun

Dilihat pada tabel pertama diatas, pertumbuhan populasi penduduk dunia mengalami peningkatan yang stabil dari tahun ke tahun. Sejak 10 tahun terakhir, persentase pertumbuhan penduduk dunia jika dihitung rata-rata mencapai lebih dari 1%.

20 Negara Dengan Jumlah Penduduk Terbanyak di Dunia Tahun 2020

Berikut ini urutan 20 negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia :

Negara Dengan Jumlah Penduduk Terbanyak di Dunia Tahun 2020

Di urutan pertama yaitu China (Tiongkok) yang mencapai lebih dari 1,4 miliar jiwa. Kedua India, populasinya lebih dari 1,3 miliar jiwa. Ketiga Amerika Serikat, jumlahnya lebih dari 330 juta jiwa. Keempat yaitu Republik Indonesia, dengan populasi terbaru di tahun 2020 mencapai lebih dari 272 jiwa. Posisi ke 4 hingga ke 20 bisa dilihat pada gambar diatas.

Urutan Jumlah Populasi Penduduk di Dunia Berdasarkan Benua

Lima negara terbanyak dari total 20 negara dengan populasi terbesar di dunia, empat diantaranya berasal dari Benua Asia. Maka bisa dipastikan bahwa Asia merupakan Benua dengan penduduk terbanyak di dunia. Berikut ini rinciannya :

Jumlah Penduduk di Benua Berdasarkan Benua

Di urutan pertama Benua Asia, dengan jumlah penduduk mencapai lebih dari 4,6 miliar jiwa. Kedua yakni Benua Afrika, populasinya lebih dari 1,3 miliar jiwa. Ketiga Eropa, di tahun 2020 jumlah penduduknya mencapai lebih dari 747 juta jiwa. Ke-4 dan ke 5 yaitu Amerika Selatan (645 juta jiwa) dan Amerika Utara (368 juta jiwa). Di urutan ke 6 yaitu Oceania sebanyak lebih dari 42 juta jiwa.

12 Comments