Kalimat dan Gagasan Utama Bacaan Hak Sebagai Warga Negara

Tentukan kalimat utama dan gagasan utama masing-masing paragraf bacaan Hak sebagai Warga Negara Indonesia, pembahasan kunci jawaban tema 6 kelas 6 SD halaman 47. Tepatnya pada materi pembelajaran 1 subtema 2 Membangun Masyarakat Sejahtera di buku tematik siswa revisi 2018.

Kalimat utama dan gagasan utama masing-masing paragraf bacaan Hak sebagai Warga Negara Indonesia

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal-soal pembelajaran 6 subtema 1 di buku tematik siswa.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 47

Ayo Berlatih

Teks yang telah disajikan di atas merupakan jenis teks nonfiksi yaitu teks atau tulisan yang dibuat berdasarkan fakta, realita, atau hal-hal yang benar-benar terjadi. Teks nonfiksi tersebut terdiri atas lima paragraf yang setiap paragrafnya terdapat gagasan utama. Gagasan utama adalah suatu gagasan (ide) yang sedang dibicarakan atau dibahas dalam sebuah paragraf. Gagasan utama disebut juga gagasan pokok, pikiran utama, pokok pembicaraan, atau pokok pikiran.

Dalam setiap paragraf terdapat gagasan utama, baik tertulis maupun tersirat. Gagasan utama dapat kamu kenali dengan dua cara. Pertama, membaca teks dengan cermat, kemudian menjawab pertanyaan apa yang sedang dibahas pada teks tersebut? Kedua, menemukan kalimat utama pada setiap paragraf, kemudian menarik kesimpulan gagasan-gagasan utama setiap paragraf dan menyimpulkan gagasan utama teks. Kalimat utama adalah kalimat yang bersifat umum dan mengandung gagasan utama.

Bacalah kembali dengan cermat teks nonfiksi yang telah disajikan di depan. Kemudian tentukan kalimat utama dan gagasan utama masing-masing paragraf bacaan Hak sebagai Warga Negara Indonesia. Sampaikan secara lisan di depan teman-teman kalimat utama dan gagasan utama tersebut. Buatlah rangkuman dari yang disampaikan oleh teman-temanmu dalam bentuk tabel seperti contoh berikut.

Jawaban :

ParagrafKalimat UtamaGagasan Utama
1Hak warga negara Indonesia banyak bentuknya.Hak warga negara Indonesia.
2Setiap warga negara Indonesia berhak mendapat perlindungan hukum.Hak mendapat perlindungan hukum.
3Setiap warga negara Indonesia berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak.Hak mendapat pekerjaan dan penghidupan layak.
4Hak mencapai tujuan nasional Indonesia yaitu hak memperoleh pendidikan dan pengajaran.Hak memperoleh pendidikan dan pengajaran.
5Masih ada banyak hak warga negara Indonesia lainnya yang ditetapkan dalam UUD 1945.Hak warga negara ditetapkan dalam UUD 1945.

Demikian pembahasan kunci jawaban soal tema 6 kelas 6 SD halaman 47 secara lengkap. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 1 subtema 2 Membangun Masyarakat Sejahtera di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian: