Kesimpulan Percobaan Mendorong Meja Sendiri dan Bersama Teman

Kesimpulan Percobaan Mendorong Meja Sendiri dan Bersama Teman – Apa kesimpulanmu? Pembahasan kunci jawaban tema 8 kelas 4 halaman 20 s/d 21. Soal pada materi pembelajaran 2 subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku di buku tematik siswa kurikulum 2013.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal tentang bagaimana pergerakan meja saat didorong sendiri dan berdua.

Pulang sekolah Edo mengendarai sepeda. Di jalan cukup ramai, Edo mengurangi kekuatan saat mengayuh sepedanya. Laju sepeda menjadi lambat. Di jalan lengang, Edo menambah kekuatan saat mengayuh sepeda. Laju sepeda menjadi cepat.

Kekuatan mengayuh memengaruhi laju sepeda. Saat Edo mengurangi kekuatan dalam mengayuh sepeda, Edo telah mengurangi gaya. Sepeda pun bergerak lambat atau pelan. Sebaliknya, saat Edo menambah kekuatan dalam mengayuh sepeda, Edo telah menambah gaya. Sepeda pun bergerak cepat. Dengan demikian, gaya berpengaruh terhadap gerak benda.

Apa kamu masih ingat tentang gaya dan gerak?

Ayo Mencoba

Lakukan percobaan di bawah ini secara berpasangan.

Mendorong Meja Sendiri dan Bersama Teman

Kesimpulan Percobaan Mendorong Meja Sendiri dan Bersama Teman

Tujuan : mengetahui perubahan gerak akibat gaya
Alat : meja

Langkah kegiatan
1. Letakkan meja di tempat cukup luas.
2. Doronglah meja secara sendiri dengan kekuatan penuh. Perhatikan gerakan meja. Apa yang kamu rasakan?
3. Kemudian, doronglah meja bersama temanmu. Gunakan kekuatan penuh seperti saat mendorong sendirian. Perhatikan gerakan meja. Apa yang kamu rasakan?

Ayo Menulis

Tulislah hasil percobaanmu dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut.

3. Apa kesimpulanmu dari percobaan ini?

Jawab: Meja yang didorong oleh seorang anak dengan kekuatan penuh dengan meja didorong oleh dua orang anak yang sama-sama menggunakan kekuatan penuh berbeda. Jumlah gaya yang diperoleh meja yang didorong dua anak dua kali lebih besar dibandingkan jumlah gaya pada meja yang didorong satu anak. Akibatnya, gerakan meja yang didorong dua anak menjadi lebih cepat. Sebaliknya, gerakan meja yang didorong satu anak menjadi lambat. Jadi, pemberian gaya berpengaruh terhadap kecepatan gerak benda.

1. Apa perbedaan yang kamu rasakan saat mendorong meja sendiri dan berdua? Jawab: buka DISINI.
2. Bagaimana pergerakan meja saat didorong sendiri dan berdua? Jawab: buka DISINI.

Ayo Renungkan

Apa yang kamu pelajari hari ini?
Apa yang harus kamu perhatikan saat menyanyi?
Apakah pengaruh gaya terhadap gerak benda?

Kerja Sama dengan Orang Tua : Bertanyalah kepada orang tuamu tentang lagu daerah di lingkungan tempat tinggalmu. Apa saja lagu daerahmu? Kemudian, pilih satu lagu daerahmu. Mintalah orang tuamu untuk menyanyikannya. Tuliskan syair lagu yang dinyanyikan orang tuamu.