Kombinasi Gerakan Renang Gaya Dada : Teknik dan Penjelasannya

Jelaskan bagaimana kombinasi dan koordinasi gerakan renang gaya dada? Sebelum kita bahas materi ini, sebaiknya kalian baca terlebih dahulu teknik dasar renang gaya dada. Nah setelah mempelajari gerak dasar barulah kalian mempraktikkan cara mengombinasikan dan mengoordinasikan gerak dasar renang gaya dada secara menyeluruh.

Sebelum mempraktikkan gerakan tersebut, kerjakan kegiatan berikut. Lakukanlah pemanasan untuk peregangan otot kaki dengan berjalan di pinggir kolam. Peregangan lengan, leher, pinggang, punggung dan perut dengan cara berdiri. Basahi tubuhmu dengan air sebelum masuk kolam renang, dan masuklah ke kolah serta gerakkan kaki dan tanganmu.

Kombinasi Gerakan Renang Gaya Dada

Peregangan otot diperlukan sebelum melakukan renang. Setelah melakukan peregangan otot, kamu dapat mempraktikkan gerakan-gerakan berikut.

Kombinasi Gerakan Renang Gaya Dada

Penguasaan gerak dasar akan memudahkanmu dalam berenang gaya dada. Bersama temanmu, praktikkan kombinasi gerak renang gaya dada. Mintalah pendampingan Bapak/Ibu Guru atau instruktur dalam latihan ini. Agar lebih mudah, ikutilah langkah-langkah berikut.

1. Bersiaplah di pinggir kolam. Masuklah di kolam dan berdiri di pinggir kolam.

2. Tekuk salah satu kaki di tembok, julurkan lengan ke depan. Posisi telapak tangan rapat.

3. Ambil napas dengan mulut. Masukkan kepala ke air diikuti dorongan kaki. Lakukan gerakan meluncur dengan kuat. Amatilah gerakan meluncur seperti gambar berikut.

4. Lakukan kombinasi gerakan meluncur dan gerakan kaki. Gerakkan kaki ke atas dan bawah secara berirama.

5. Setelah gerakan meluncur melambat, gerakkan lengan dengan membuka tangan ke luar. Posisi ibu jari di bawah. Terapkan gerakan lengan dan kaki seperti gambar berikut.

6. Dorong air menggunakan kedua tangan dengan kuat. Angkat kepala ke permukaan air dan ambil napas melalui mulut.

7. Tekuk kaki dari lutut dan lakukan gerakan menendang ke samping, kemudian diluruskan ke belakang. Lengan ditarik selebar bahu atau setengah lingkaran (kira-kira 90°).

8. Masukkan kepala ke air. Kombinasikan gerakan kaki dan lengan dengan menekuk tangan ke bawah dada (posisi telapak tangan menghadap ke dalam).

9. Kombinasikan gerakan kaki dan lengan, rapatkan kedua pangkal paha dan luruskan. Dorong tangan ke depan, posisi telapak tangan berhadapan.

10. Luruskan tungkai dan lengan seperti gerakan meluncur.

11. Ulangi gerakan tersebut secara urut dan berulang-ulang. Lakukan gerakan ini dengan jarak 5–10 meter. Saat mengakhiri gerakan renang gaya dada, lakukan seperti gerakan pada gambar berikut.

Dalam renang gaya dada, perenang mengombinasikan tiga gerakan. Lengan diayunkan ke samping, kemudian, ditekuk sambil melakukan dorong ke air. Posisi kaki lurus ke belakang. Kaki ditekuk dan dibuka ke samping. Gerakan ini untuk mendorong air sambil menekuk lengan di depan dada.

Kaki dan tangan diluruskan secara bersamaan untuk melakukan luncuran. Gerakan dilakukan secara berkesinambungan. Gerakan ini akan mendorong perenang meluncur dengan satu lecutan kaki yang kuat.

Demikian pembahasan materi tentang kombinasi gerakan renang gaya dada. Baca materi selanjutnya : Koordinasi Gerak Renang Gaya Dada atau materi sebelumnya : Teknik Dasar Renang Gaya Dada

One Comment