Kondisi Geografis Pulau Jawa Berdasarkan Peta Luas Batas Alam

Jelaskan bagaimana kondisi geografis Pulau Jawa berdasarkan peta? Pulau Jawa merupakan salah satu dari 6 pulau-pulau besar (terbesar) di Indonesia. Selain memiliki daratan yang luas, populasi penduduk di Pulau Jawa juga yang terbanyak di Indonesia.

Nah berikut ini pembahasan materi tentang kondisi geografis Pulau Jawa secara lengkap berdasarkan peta, meliputi luas, batas (laut daratan), dan keadaan alam (pantai, laut, daratan, dataran rendah dan gunung). Namun, lihat terlebih dahulu peta Pulau Jawa berikut ini :

Kondisi Geografis Pulau Jawa Berdasarkan Peta

1. Luas Pulau Jawa

Dikutip dari wikipedia, total luas Pulau Jawa yaitu mencapai kurang lebih sekitar 28.297 kmĀ².

2. Batas Pulau Jawa

a. Batas Laut : di sebelah utara berbatasan dengan Laut Jawa, selatan dengan Samudra Hindia, timur Selat Bali dan barat Selat Sunda.
b. Batas Daratan : di sebelah utara berbatasan dengan Kep. Karimunjawa dan Kalimantan, di selatan dengan Kep. Cocos (Australia), bagian timur berbatasan dengan Pulau Bali, dan barat dengan Pulau Sumatera.

Selengkapnya: Batas Wilayah Indonesia

2. Keadaan Alam Pulau Jawa

a. Nama-Nama Pantai dan Laut

Pantai terindah di Pulau Jawa : Pantai Karimunjawa, Pantai Pengandaran, Pantai Anyer, Pantau Plengkung, Pantai Balekambang, Pantai Sawarna, Tanjung Lesung, Jungwok, dan Klayaran.

Laut di Pulau Jawa : Ada dua, yakni Laut Jawa dan Samudra Hindia

b. Nama-Nama Dataran Rendah

Di Pulau Jawa terdapat banyak dataran rendah, tiga diantaranya seperti dataran rendah Semarang, Surakarta, dan Madiun.

c. Nama-Nama Gunung

Selain dataran rendah, Pulau Jawa juga memiliki banyak Gunung, sebagian besar masih aktif dan dapat meletus kapan saja. Beberapa gunung tertinggi di Jawa seperti : Gunung Semeru, Gunung Slamet, Gunung Sumbing, Gunung Arjuno, Gunung Raung, Gunung Lawu, dan Gunung Welireng.

Nah itulah penjelasan lengkap mengenai kondisi geografis Pulau Jawa berdasarkan peta, baca juga kondisi geografis pulau-pulau besar di Indonesia lainnya berikut ini :

  • Kondisi Geografis Pulau Kalimantan
  • Kondisi Geografis Pulau Sumatera
  • Kondisi Geografis Pulau Sulawesi
  • Kondisi Geografis Pulau Papua dan Maluku
  • Kondisi Geografis Bali dan Nusa Tenggara