Kosakata Baku dan Tidak Baku Peran Pelajar Mengisi Kemerdekaan

Kosakata baku dan tidak baku dalam bacaan peran pelajar dalam mengisi kemerdekaan, pembahasan kunci jawaban tema 7 kelas 5 halaman 164 tepatnya pada materi pembelajaran 2 subtema 3 Peristiwa Mengisi Kemerdekaan di buku tematik siswa sekolah dasar.

Kosakata baku dan tidak baku dalam bacaan peran pelajar dalam mengisi kemerdekaan

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan dari tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal pembelajaran 1 tentang Faktor Pendukung dan Penghambat Pembangunan Nasional di buku tematik.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 164

Dari bacaan Peran Pelajar dalam Mengisi Kemerdekaan di atas, temukanlah kosakata baku dan tidak baku. Lalu, carilah artinya dengan menggunakan Kamus Besar Bahasa Indonesia, bertanya pada guru, atau berdiskusi.

Jawaban :

Kosakata BakuArtiKosakat Tidak BakuArti
GenerasiMasa orang-orang satu angkatan hidup.
KualitasDerajat atau taraf (kepandaian, kecakapan, dan sebagainya); mutu.Kwalitas
PelajarAnak sekolah (terutama pada sekolah dasar dan sekolah lanjutan); anak didik; murid; siswa.
PramukaPraja Muda Karana; organisasi untuk pemuda yang mendidik para anggotanya dalam berbagai keterampilan, disiplin, kepercayaan pada diri sendiri, saling menolong, dan sebagainya anggota organisasi pramuka.
KreatifMemiliki daya cipta; memiliki kemampuan untuk menciptakan.

Ayo Berlatih

Setelah itu, ceritakan kembali isi bacaan yang berjudul “Peran Pelajar dalam Mengisi Kemerdekaan” dengan menggunakan kata-katamu sendiri. Gunakan kalimat yang efektif.

Jawaban : Negara Kesatuan Republik Indonesia kini telah menjadi negara yang berdaulat dan merdeka. Pelajar memiliki peran untuk mengisi kemerdekaan. Para pelajar dituntut bekerja keras dan belajar dengan sungguh-sungguh untuk meningkatkan kualitas dirinya. Belajar tidak hanya dilakukan di lingkungan sekolah. Belajar dapat dilakukan melalui kegiatan-kegiatan kemasyarakatan. Perjuangan pelajar tidak lagi mengangkat senjata dan berlaga di medan perang. Pelajar harus berjuang untuk melawan kebodohan, kemiskinan, rasa malas, rasa mudah menyerah yang dapat merugikan masyarakat dan bangsa.

Ayo Mencoba

Salah satu peran yang ditunjukkan oleh pelajar dalam mengisi kemerdekaan adalah dengan belajar giat dan melakukan kegiatan-kegiatan yang positif. Carilah informasi mengenai perilaku dan kegiatan positif yang dapat dilakukan pelajar di lingkungan-lingkungan berikut! Perhatikan contoh yang telah dibuat untuk membantumu.

Lihat jawaban soal di atas DISINI

Demikian pembahasan kunci jawaban soal tema 7 kelas 5 SD halaman 164 secara lengkap. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 2 subtema 3 Peristiwa Mengisi Kemerdekaan di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian: