Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 171 172 173 174 175 Pembelajaran 6 Subtema 3 Bersyukur Atas Keberagaman Buku Tematik

Kunci jawaban soal Tema 1 Kelas 4 SD MI halaman 171 172 173 174 175, Subtema 3 Bersyukur Atas Keberagaman tepatnya pada materi pembelajaran 6 di buku tematik siswa. Silahkan kalian pelajari materi subtema 3 kelas 4 SD, lalu kerjakan soal-soal yang diberikan oleh guru mulai dari halaman 171 sampai dengan 175 secara lengkap.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 171 172 173 174 175 Subtema 3 Bersyukur Atas Keberagaman Pembelajaran 6 Buku Tematik

Permainan tradisional merupakan salah satu bentuk keragaman budaya yang ada di Indonesia. Sebelumnya, kamu telah mengenal dan mempelajari permainan tradisional tersebut. Apakah kamu masih ingat cara memainkannya? Ceritakan apa yang kamu ketahui kepada teman satu kelompok.

Tahukah Kamu?

  • Permainan tradisional Engklek dapat dimainkan dengan beberapa cara yang berbeda? Permainan tradisional Engklek dikenal juga dengan istilah Angklek atau Ingkling. Permainan Engklek merupakan permainan berjalan atau melompat dengan menggunakan satu kaki pada bidang datar dengan peraturan yang disederhanakan dan disepakati oleh para pemainnya.
  • Permainan tradisional ini memiliki banyak variasi tergantung kesepakatan yang memainkannya.
  • Berdasarkan penelitian, ditemukan 43 jenis permainan Engklek, namanya pun berbeda-beda di tiap daerah. Istilah Engklek yang biasa digunakan di daerah Jawa. Pola petak Engklek ada 11 macam. Yang biasa digunakan di Jawa jenis Engklek Ebrek dan Engklek Gunungan.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 171

Bagaimana di tempat tinggalmu? Apakah kamu juga menemukan permainan sejenis Engklek? Disebut apakah permainan Englek di lingkungan tempat tinggalmu?

Sebelumnya kamu juga telah belajar keterampilan dasar yang diperlukan dalam permainan Engklek. Apa saja keterampilan dasar tersebut? Diskusikan secara berpasangan dan tuliskan hasilnya.

Jawab: Permaianan engklek memiliki banyak nama sesuai daerah masing-masing. Misalnya saja permaianan ini disebut satatak di daerah Riau, Tejek-tejekkan di daerah Jambi, Marsitekka di daerah Batak Toba, Cengkelng di daerah Palembang, Dampu bulan di daerah Betawi, Sikka Doka di daerah NTT, Asinan di daerah Kalimantan, Dengkelng di daerah Bali, Tepok Gunung di daerah Jawa Barat, Gili-gili di daerah Merauke, dan Engkleng di daerah Pacitan, Jawa Timur. Keterampilan dasar yang diperlukan dalam permainan engklek adalah keterampilan dasar berjalan, berlari, dan melompat.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 172 – 173

Ayo Berdiskusi

Tulis pengalamanmu bermain Engklek bersama teman-temanmu dengan menjawab pertanyaan berikut.

1. Keterampilan dasar apa saja yang kamu perlukan dalam bermain Engklek? Jelaskan. Jawab: Keterampilan dasar yang diperlukan dalam bermain engklek adalah berjalan, berlari, dan melompat yang ini semua merupakan keterampilan dasar lokomotor dalam bermain engklek.

2. Apakah kamu dapat melakukan keterampilan dasar tersebut dengan baik? Jelaskan. Jawab: Saya dapat melakukanya keterampilan dasar tersebut dengan baik. Hal ini dikarenakan saya sudah terbiasa melakukan kegiatan seperti berlari, berjalan, dan melompat.

3. Apa rencanamu untuk meningkatkan keterampilan tersebut di masa yang akan datang? Jawab: Saya akan banyak berlatih gerak dasar berjalan, berlari, dan melompat.

4. Sikap apa saja yang harus kamu tunjukkan ketika bermain Engklek dengan teman yang berbeda-beda? Jawab: Sikap yang harus saya tunjukkan ketika bermain engklek dengan teman yang berbeda-beda adalah kerja sama, toleransi, dan saling menghargai.

5. Apakah dalam permainan engklek diperlukan kerja sama yang baik dari pemainnya? Jelaskan. Jawab: Dalam permainan engklek diperlukan kerja sama yang baik dari pemainnya, yaitu kerja sama dalam hal saling mentaati peraturan yang sudah dibuat secara bersama sama sebelum melakukan permainan.

6. Apa yang terjadi jika tidak ada kerja sama yang baik antara pemain Engklek? Jawab:Permainan tidak akan berjalan dengan baik, karena masing-masing mementingkan diri sendiri.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 174

Ayo Berlatih

Tentunya kamu masih ingat cerita tentang Sikap Membantu Bersama. Apakah kamu masih ingat gagasan pokok tentang cerita tersebut? Diskusikan hal tersebut secara berpasangan dengan temanmu.

Sekarang dengarkan gurumu membacakan kembali cerita tersebut. Buatlah ringkasan dari teks lisan tentang Wedang Jahe tersebut pada bagan berikut dengan menuliskan kembali terlebih dahulu gagasan pokok dan gagasan pendukung.

Gagasan Pokok dan Pendukung Teks Wedang Jahe Buatan Ibu

Jawaba: buka DISINI

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 175

Tuhan Yang Maha Esa menganugerahi kita keragaman, yaitu keragaman suku, agama, sosial dan budaya, hingga makanan tradisional. Keragaman tersebut perlu kita hargai dan syukuri.

1. Bagaimana caramu bersyukur atas keberagaman yang ada? Jelaskan. Jawab: Cara bersyukur atas keberagaman yang ada adalah dengan cara menghargai, melestarikan, dan menjaga segala keberagaman yang sudah ada. Tidak mempermasalahkan keberagaman yang sudah ada, justru merasa bangga dengan adanya keberagaman di Indonesia.

2. Apa manfaat yang kamu peroleh dari keberagaman yang ada? Jawab: buka DISINI.

Demikian pembahasan secara lengkap kunci jawaban tema 1 kelas 4 SD MI halaman 171 172 173 174 175 Subtema 3 Bersyukur Atas Keberagaman pembelajaran 6 pada buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2017. Semoga bermanfaat dan berguna. Terimakasih, selamat belajar! Baca Juga Pembahasan Pembelajaran Selanjutnya : Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 2 3 4 5 6 7 8 9 Pembelajaran 1 Subtema 1 Sumber Energi

10 Comments