Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 2 Subtema 4 Bermain di Tempat Wisata Pembelajaran 2 Di Buku Tematik Halaman 184 185 186 187 188 190 192

Kunci jawaban soal Tema 2 Bermain di Lingkunganku Kelas 2 SD/MI Subtema 4 Bermain di Tempat Wisata, tepatnya pada materi pembelajaran 1 di buku tematik siswa halaman 184 185 186 187 188 190 192. Silahkan kalian pelajari materi subtema 4 kelas 2 SD, lalu kerjakan soal-soal yang diberikan oleh guru mulai dari halaman 184 sampai dengan 192 secara lengkap.

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 2 Subtema 4 Bermain di Tempat Wisata Pembelajaran 2 Di Buku Tematik Halaman 184 185 186 187 188 190 192

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 2 SD di Halaman 184 185

Beni ingin bermain pasir. Ia akan membuat istana pasir.

Ayo Mengamati! Amatilah judul teks yang ditulis gurumu di papan tulis!

Apa yang kamu ketahui tentang “Istana Pasir”? Coba ceritakan di hadapan teman-temanmu! Kemudian, simaklah cerita yang disampaikannya tentang “Istana Pasir”!

Sesuaikah ceritamu dengan teks berikut? Bacalah dengan lancar!

Istana Pasir

Istana pasir adalah bermain membuat bangunan istana terbuat dari pasir. Bahan utama yang digunakan adalah pasir dan air. Istana pasir biasanya dibuat di pantai. Membuat bangunan dari pasir dilakukan oleh anak-anak dengan menggunakan ember dan sekop.

Tetapi orang dewasa sering membimbing dalam membuat istana pasir. Bahan lain yang digunakan dalam kegiatan adalah salju. Ada dua jenis istana pasir.

Pertama, “khas” istana pasir. Terdiri dari beberapa jenis dasar dengan beberapa jenis menara, atau satu menara di atas. Kedua, “tetes” istana pasir. Pasir yang sangat basah diteteskan di atas pasir basah lainnya dan menciptakan menara gumpalan pasir.

Ayo Menulis!

Buatlah 5 pertanyaan tentang teks bacaan di atas!
1. Apa saja yang harus dipersiapkan untuk membuat istana pasir?
2. Apakah dalam pembuatan istana pasir memerlukan keahlian khusus?
3. Apakah dalam pembuatan istana pasir memerlukan pasir yang bagus?
4. Mengapa istana pasir identik dengan pasir?
5. Bagaimana bentuk istana pasir yang sering dibuat?

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 2 SD di Halaman 185 186

Ayo Berlatih!

Jawablah pertanyaan berikut sesuai dengan isi teks bacaan!
1. Apa bahan utama membuat istana pasir?
2. Di mana istana pasir dibuat?
3. Siapa yang suka membuat istana pasir?
4. Apa bentuk istana pasir “khas”?
5. Bagaimana cara membuat istana pasir “tetes”?

Jawaban :

1. Bahan utama pembuatannya adalah pasir dan air.
2. Dibuat di pinggir pantai.
3. Yang suka membuat istana pasir adalah anak-anak.
4. Bentuk istana pasir yang khas seperti terdapat satu menara di atas istana. Terdiri dari beberapa jenis dasar dengan beberapa jenis menara.
5. Cara membuat istana pasir tetes yaitu dengan pasir yang sangat basah, kemudian diteteskan diatas pasir basah lainnya sehingga menciptakan menara gumpalan pasir.

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 2 SD di Halaman 187

Ayo Mencoba! Buatlah laporan pengamatanmu!

Keragaman Benda di Pantai

Alat dan bahan: air, pasir, ember, sekop, dan kerang.
Petunjuk:
1. Pilihlah 3 gambar benda yang digunakan dalam membuat istana pasir.
2. Amatilah gambar tersebut satu persatu!
3. Isilah titik-titik di bawah!

Hasil pengamatan:
1. Nama benda : Air
Ciri-ciri benda : Air merupakan benda cair, bentuk air menyesuaikan dengan wadahnya. Jika menguap, air menjadi gas dan jika membeku, menjadi es.

2. Nama benda : Pasir
Ciri-ciri benda : Pasir merupakan benda padat, bentuknya tetap dan tidak dapat berubah-ubah. Warna dan bentuknya tergantung atom silika yang membentuknya. Dapat digunakan untuk industri pembuatan kaca dan produk turunannya. Kerap ditemukan di daerah yang berbatasan langsung dengan massa air dalam jumlah besar, seperti pantai.

3. Nama benda : Ember
Ciri-ciri benda : Ember merupakan benda padat, bentuknya tetap dan tidak dapat berubah-ubah. Ember terbuat dari berbagai material, seperti besi, aluminium, hingga plastik. Dapat digunakan untuk wadah.

4. Nama benda : Sekop
Ciri-ciri benda : Sekop merupakan benda padat, bentuk dan ukurannya bervariasi tergantung kegunaannya. Terbuat dari berbagai material dari besi hingga plastik. Digunakan untuk mengambil sejumlah massa dari dalam tanah. Disertai dengan pegangan pada salah satu ujungnya. Salah satu ujungnya yang digunakan untuk menyekop biasanya berbentuk segitiga.

5. Nama benda : Kerang
Ciri-ciri benda : Kerang merupakan benda padat, bentuknya tetap dan tidak dapat berubah-ubah. Salah satu hewan yang tinggal di perairan. Tergolong hewan moluska. Memiliki cangkang yang dapat membuka dan menutup

Berdasarkan pengamatan dapat disimpulkan bahwa: Setiap benda memiliki ciri-ciri khusus yang menjadikannya unik dibandingkan benda lain.

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 2 SD di Halaman 188

Ayo Berlatih!

Berdasarkan pengamatanmu, kelompokkanlah yang termasuk benda tetap dan benda yang tidak tetap! Berikan tanda centang untuk benda yang tetap!

Jawaban :

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 2 SD di Halaman 190

Ayo Berlatih!

Tampilkanlah teks percakapan di atas ke depan kelasmu! Perhatikan ekspresi dan intonasimu! Kemudian, diskusikan dengan teman sebangkumu.

Aturan di Rumah
1. Aturan Harus menghormati kedua orangtua.
2. Tidak berbuat gaduh di dalam rumah.
3. Saling menghargai antara anggota kelaurga.
3. Menjaga nama baik keluarga.
4. Mematuhi perintah orang tua.
5. Saling membantu jika ada anggota yang kesusahan.

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 2 SD di Halaman 192

Ayo Berlatih!

Simaklah gurumu menyampaikan aturan dalam bermain domba serigala! Kemudian, praktikkanlah gerak dasar menekuk! Praktikkan juga permainan domba serigala bersama teman sekelasmu!

Ayo Menulis!

Coba ceritakan kembali cara melakukan permainan domba serigala!

Cara melakukan permainan tersebut, bisa baca DISINI.

Demikian pembahasan secara lengkap kunci jawaban tema 2 kelas 2 subtema 4 Bermain di Tempat Wisata pada pembelajaran 2 di buku tematik siswa halaman 184 185 186 187 188 190 192. Semoga bermanfaat dan berguna. Terimakasih, selamat belajar!