TERBARU! Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Subtema 3 Halaman 152 154 155 157

Kunci jawaban soal Tema 3 Benda di Sekitarku Kelas 3 SD/MI Subtema 3 Perubahan Wujud Benda, tepatnya pada materi pembelajaran 4 di buku tematik siswa halaman 152 154 155 157. Silahkan kalian pelajari materi subtema 3 kelas 3 SD, lalu kerjakan soal-soal yang diberikan oleh guru mulai dari halaman 152 sampai dengan 157 secara lengkap.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Subtema 3 Halaman 152 154 155 157

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 SD di Halaman 152

Ayo Mengamati!

Perhatikan gelas yang berisi air es! Apa yang terjadi pada bagian luar gelas? Apa yang menyebabkan hal itu terjadi? Tuliskan dan sampaikan pendapatmu!

Jawaban :

Saat gelas diisi es, gelas menjadi dingin. Udara yang ada di sekeliling gelas mengandung uap air. Saat gelas diisi es, gelas menjadi dingin. Udara yang bersentuhan dengan gelas dingin ini akan turun suhunya. Uap air yang ada di udara pun ikut mendingin. Jika suhunya sudah dingin, uap air ini akan mengembun membentuk tetes-tetes air di bagian dinding luar gelas.

Ayo Membaca!

Mengembun adalah proses perubahan wujud dari gas menjadi cair. Ada dua contoh peristiwa mengembun dalam kehidupan sehari-hari. Ketika kalian memasukkan pecahan-pecahan es batu ke dalam gelas. Sisi luar gelas mula-mula kering. Beberapa saat kemudian, sisi luar gelas terdapat bintik-bintik air.

Perhatikan ketika kalian naik mobil pada saat cuaca cerah. Kaca jendela mobil bagian dalam kering. Ketika hujan turun, kaca mobil bagian dalam menjadi buram. Apabila kalian menempelkan telapak tangan pada kaca, telapak tangan menjadi basah. Bagaimana kedua peristiwa itu dapat terjadi?

Mungkinkah es yang mencair dapat menembus gelas? Mengapa sisi luar gelas menjadi basah? Kamu perlu memahaminya. Bacalah penjelasan berikut ini!

Udara di sekitarmu banyak mengandung uap air. Ketika uap air bersentuhan dengan benda-benda yang lebih dingin (suhunya rendah), maka berubah menjadi bintik-bintik air.

Jadi, tetes-tetes air di sisi luar gelas bukan berasal dari dalam gelas. Akan tetapi, tetes-tetes air berasal dari uap air di sekitarnya.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 SD di Halaman 154

Ayo Mencoba!

Kamu telah membaca penjelasan di atas. Adakah kata yang belum kamu pahami? Berdiskusilah untuk memahami artinya! Tuliskan hasilnya pada tabel berikut!

NoKosakata BaruArti
1EmbunEmbun adalah uap air yang mengalami proses pengembunan, yaitu proses berubahnya gas menjadi cair.
2UapUap adalah titik-titik dari benda cair (contohnya air) di udara 
3CuacaCuaca adalah keadaan udara pada saat tertentu dan di wilayah tertentu yang relatif sempit dan pada jangka waktu yang singkat.
4SuhuSuhu adalah suatu besaran yang menunjukkan derajat panas benda.

Buatlah kalimat dari kosakata tersebut! Pilihlah satu kata saja!

Contoh Kalimat :

1. Embun : Embun pagi di depan rumahku terasa dingin sekali.

2. Uap : Di daerah tempat tinggalku terdapat pembangkit listrik tenaga uap.

3. Cuaca : Cuaca pada hari ini sangat cerah.

4. Suhu : Suhu udara di siang hari sangat panas, mencapai 38 derajat celcius

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 SD di Halaman 155

Ayo Mengamati!

Kamu perlu mengetahui contoh lain tentang proses mengembun. Lakukanlah percobaan berikut ini!

Alat dan Bahan
1. Siapkan gelas berisi air panas/ hangat.
2. Tutuplah gelas tersebut dengan tutup gelas.
3. Biarkan 1-2 menit.
4. Bukalah tutup gelas tersebut. Perhatikan apa yang terjadi di permukaan tutup gelas.

Kamu telah mengamati hasilnya. Tuliskan hasil percobaan!

Jawaban :

Air panas mengalami penguapan sehingga terbentuk uap air. Uap air menempel di tutup gelas sehingga membentuk titik titik air karena mengalami proses pengembunan. Pada saat tutup gelas dibuka ada titik air yang menempel.

Ayo Berlatih!

Kamu telah membaca dan melakukan percobaan. Lengkapilah bagan berikut ini!

Jawaban :

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 SD di Halaman 155

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 SD di Halaman 157

Ayo Berdiskusi!

Siti dan teman-temannya baru saja melakukan percobaan di dalam kelas. Percobaan di kelas menggunakan es batu dan air. Ternyata lantai kelas menjadi basah. Siti meminta bantuan petugas kebersihan sekolah untuk mengeringkan lantai kelas.

Petugas menggunakan kain pel dibantu Siti dan teman-temannya. Apakah di sekolahmu mempunyai petugas kebersihan? Apa saja tugas-tugasnya? Lakukan secara berkelompok. Wawancarailah orang-orang yang mempunyai peran di sekolahmu. Tanyakanlah tugas dari masing-masing orang tersebut.

Tuliskan hasilnya di tempat yang telah disediakan! Soal dan jawaban :

NoPeranTugas
1Kepala SekolahMengatur semua kegiatan yang berlangsung di sekolah.
2Guru KelasPengelola pembelajaran di kelas dan menyelenggarakan administrasikan kelas 
3Guru PenjasMengelola pembelajaran pendidikan Jasmani di sekolah
4Petugas Kebersihan SekolahMengurus dan menjaga kebersihan di lingkungan sekolah.
5Petugas PerpustakaanMengurus pelayanan perpustakaan, membuat peraturan di perpustakaan, membuat perencanaan untuk mengadakan buku.
6Penjaga SekolahMelaksanakan tugas pengamanan sekolah dan memelihara dan menjaga barang-barang milik sekolah.

Kegiatan Bersama Orang Tua : Berdiskusi tentang beragam peran yang ada di lingkungan rumah bersama orang tua. Kegiatan lainnya adalah mengamati proses mengembun di sekitar rumah.

Demikian pembahasan secara lengkap kunci jawaban tema 3 kelas 3 SD subtema 3 Perubahan Wujud Benda pada pembelajaran 4 di buku tematik siswa halaman 152 154 155 157. Semoga bermanfaat dan berguna. Terimakasih, selamat belajar! Selanjutnya jawaban pembelajaran 5 halaman 160 161 163 164 165 166 167

2 Comments