Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 69 70 71 73 74 75 Pembelajaran 3 Subtema 2 Hubungan Antar Makhluk Hidup dalam Ekosistem

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 69 70 71 73 74 75 pembelajaran 3 Subtema 2 Hubungan Antar makhluk Hidup dalam Ekosistem tepatnya pada materi di buku tematik siswa. Silahkan kalian pelajari materi subtema 2 kelas 5 SD, lalu kerjakan soal-soal yang diberikan oleh guru mulai dari halaman 69 sampai 75 secara lengkap.

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 69 70 71 73 74 75

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 69

Lihat bacaan Sistem Irigasi Subak pada halaman 68 di buku tematik Subtema 2 Hubungan Antar makhluk Hidup dalam Ekosistem. Berdasarkan bacaan di atas, lakukanlan kegiatan berikut.

1. Tentukan pokok pikiran dan informasi penting dari bacaan dengan menggunakan tabel di bawah ini.

Jawaban :

ParagrafPikiran UtamaInformasi Penting
1Subak adalah sekumpulan petani di Bali yang mengelola sistem irigasi.– 1 kelompok subak biasanya memiliki satu sumber air.
– Setiap anggota harus bertanggung jawab terhadap penggunaan air.
– Para anggota kelompok subak menggunakan sistem gotong royong dan saling bantu.
2Sistem irigasi subak dipimpin oleh seorang pekaseh atau klean subak.– Para pekaseh bekerja sama dengan para kepala desa dan perangkat.
– Para pekaseh ini diangkat oleh petani.
– Mereka mengatur dan memberitahukan ketersediaan air pada area persawahan kelompoknya.
3Sistem irigasi subak dibangun oleh masyarakat Bali sejak beratus tahun lalu.– Subak memperhatikan asas kerja sama dengan menggunakan sistem meminjam air kepada anggotanya.
– Semua persoalan pertanian dibahas secara musyawarah.
– Tahun 2012 subak diakui sebagai salah satu warisan dunia oleh UNESCO.

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 70

2. Buatlah ringkasan berdasarkan bacaan tersebut.
Dengan menggunakan tabel yang berisi pokok pikiran dan informasi penting tersebut, buatlah sebuah ringkasan. Tuliskan ringkasanmu dalam satu paragraf dengan menggunakan kalimatmu sendiri. Perhatikan tanda baca, penggunaan huruf kapital yang tepat, dan penggunaan kata-kata baku dalam kalimat bahasa Indonesia yang baik dan benar.

3. Bersama dengan kelompokmu, diskusikanlah pertanyaan-pertanyaan berikut ini. Jawablah di buku catatanmu. Setelah itu, presentasikan hasil diskusimu.

a. Apakah tujuan dibentuknya subak?
b. Apa saja manfaat yang diperoleh para petani dari sistem irigasi subak di Bali?
c. Apa sajakah peran pekaseh?
d. Bagaimana cara anggota kelompok subak di Bali dalam mengambil keputusan?
e. Apa yang menyebabkan sistem subak berhasil meraih perhatian dunia?
f. Jelaskan nilai-nilai persatuan dan kesatuan yang didapatkan dari sistem irigasi subak di Bali.

Jawaban, buka disini: Ringkasan Berdasarkan Bacaan Sistem Irigasi Subak Tersebut

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 71

Bersama dengan teman sebangkumu, carilah informasi tentang kegiatan masyarakat Indonesia sebagai negara agraris dan negara kepulauan berkaitan dengan mata pencaharian mereka. Beberapa contoh kehidupan masyarakat di atas dapat kamu gunakan sebagai sumber ide.

Setelah kamu mendapatkan informasi, buatlah sebuah tulisan nonfiksi secara mandiri sebanyak tiga paragraf atau lebih. Gunakan ejaan dan tata bahasa Indonesia yang baik dan benar. Menulislah dengan rapi dan jangan lupa menggunakan huruf kapital serta tanda baca yang sesuai kaidah.
Setelah itu, tukarkanlah hasil tulisanmu dengan tulisan teman sebangku.

Jawaban : Agraris merupakan sektor bidang pertanian. Negara disebut negara agraris karena sebagian besar penduduknya bekerja di sektor pertanian. Keberadaan petani menjadi penting bagi negara-negara agraris untuk ikt berturut serta berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Negara Indonesia di juluki sebagai negara agraris karena sebagian besar mata pencaharian rakyatnya adalah sebagai seorang petani. Sektor pertanian juga memliki peran penting untuk meningkatkan perekonomian dan memenuhi kebutuhan pangan.

Selain itu Indonesia juga terkenal dengan hasil perkebunannya, seperti karet, kelapa sawit, tembakau, kapas, kopi, beras, dan tebu.

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 73 74

Berdasarkan bacaan peristiwa proklamasi kemerdekaan republik indonesia di atas dan sumber informasi lainnya, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini.

1. Mengapa bangsa Indonesia perlu melakukan proklamasi kemerdekaannya?
2. Apakah akibat dari peristiwa Proklamasi Kemerdekaan terhadap kehidupan bangsa Indonesia?
3. Bagaimana nilai-nilai persatuan dan kesatuan diterapkan pada peristiwa tersebut?
4. Tahukah kamu tentang peristiwa Rengasdengklok yang terjadi sebelum peristiwa proklamasi? Carilah informasi tentang peristiwa itu, dan tuliskan temuanmu di tempat yang tersedia di bawah ini.

Jawaban, buka disini: Mengapa Bangsa Indonesia Perlu Melakukan Proklamasi Kemerdekaannya

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 75

Ayo Berlatih

1. Jelaskanlah nilai-nilai persatuan dan kesatuan yang ditunjukkan masyarakat Bali melalui sistem subak!
2. Jelaskanlah contoh kegiatan ekonomi masyarakat yang tinggal di daerah pantai!
3. Jelaskan secara singkat peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945!
4. Tahukah kamu mengapa golongan pemuda meminta Ir. Soekarno dan Drs. Muhammad Hatta untuk membacakan Teks Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia?
5. Apakah manfaat yang diperoleh rakyat Indonesia dengan adanya peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia?

Jawaban, buka disini: Nilai-Nilai Persatuan dan Kesatuan Masyarakat Bali Melalui Sistem Subak

Demikian pembahasan secara lengkap kunci jawaban tema 5 kelas 5 halaman 69 70 71 73 74 75 subtema 2 Hubungan Antar makhluk Hidup dalam Ekosistem pada pembelajaran 3 di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat dan berguna. Terimakasih, selamat belajar!

16 Comments