Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 169 170 171 172 174 175 Pembelajaran 4 Subtema 3 Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan Buku Tematik

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 169 170 171 172 174 175 pembelajaran 4 Subtema 3 Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan tepatnya pada materi di buku tematik siswa. Silahkan kalian pelajari materi subtema 3 kelas 5 SD, lalu kerjakan soal-soal yang diberikan oleh guru mulai dari halaman 169 sampai 175 secara lengkap.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 169 170 171 172 174 175

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 169

Pada halaman 168 terdapat bacaan tentang Permasalahan Sosial di Sekitar Kita. Temukanlah pokok pikiran dalam setiap paragraf dengan melakukan kegiatan berikut ini.

1. Siapkan sejumlah kartu pokok pikiran seperti contoh di bawah ini sesuai dengan jumlah paragraf pada bacaan di atas.
2. Bacalah kembali bacaan tersebut dan temukan pokok pikiran di setiap paragrafnya.
3. Tuliskanlah pokok pikiran tersebut pada lembar kertas kecil yang telah kamu siapkan.
4. Diskusikanlah pokok pikiranmu dengan teman-teman di dalam kelompokmu. Berikan komentar dan saran yang membangun untuk setiap pokok pikiran yang dibuat temanmu.
5. Kelompokkan pokok pikiran yang sama pada setiap paragraf.
6. Ambillah sebuah karton, lalu tuliskan di bagian paling atas judul bacaan.
7. Buatlah garis-garis penghubung sesuai jumlah paragraf yang ada.
8. Tempelkan semua pokok pikiran yang dibuat teman sekelompokmu sesuai paragrafnya.
9. Buatlah sebuah paragraf untuk membuat kesimpulan terhadap bacaan tersebut.
10. Presentasikanlah hasil analisis bacaanmu di depan kelas.

Jawaban : Silahkan kalian tulis jawaban dibawah ini pada kartu yang sudah kalian buat.

Paragraf 1 :
Tanggung jawab warga negara sesuai perannya

Paragraf 2 :
Akibat warga negara tidak melaksanakan tanggung jawabnya

Paragraf 3 :
Kebiasaan tidak terpuji dengan membuang sampah sembarangan

Paragraf 4 :
Sungai dijadikan tempat pembuangan sampah

Paragraf 5 :
Bangunan liar didirikan di fasilitas umum

Paragraf 6
Kemacetan pada jam sibuk warga

Kesimpulan : Setiap warga negara memiliki tanggung jawab yang harus dilaksanakan sesuai perannya di dalam masyarakat. Anggota masyarakat yang tidak melaksanakan tanggung jawabnya akan menimbulkan masalah sosial di lingkungan masyarakatnya. Dampak permasalahan sosial yang terjadi di lingkungan masyarakat diantaranya yaitu, kali atau sungai yang kotor mengakibatkan menurunya kualitas lingkungan sekitar dan banjir, bangunan liar menyebabkan masalah kesehatan dan kebersihan lingkungan, kemacetan lalu lintas dapat menimbulkan ketidakamanan dan ketidaknyamanan para pengguna jalan dan masyarakat sekitar.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 170

Ayo Berdiskusi

Dalam kegiatan ini, kamu diminta untuk membuat dua pertanyaan berdasarkan bacaan. Tuliskanlah pertanyaanmu pada selembar kertas kecil. Tuliskan nama, pertanyaan yang jelas dengan menggunakan kalimat tanya yang tepat. Gulunglah kertas pertanyaanmu lalu masukkan ke dalam sebuah wadah. Secara bergiliran anggota kelompok mengambil gulungan kertas dari dalam wadah. Secara bersamaan bukalah lembar pertanyaan yang kamu dapatkan. Lalu, tuliskan jawabannya di bawah pertanyaan tersebut. Tempelkan kertas pertanyaan dan jawabannya di salah satu dinding kelas. Lakukan kegiatan yang sama untuk pertanyaan kedua.

Jawaban :

– Apa saja akibat yang akan terjadi bila anggota masyarakat tidak melaksanakan tanggung jawabnya?
– Sebutkan 3 jenis-jenis permasalahan sosial yang terjadi di lingkungan masyarakat!

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 171

Ayo Mengamati

Permasalahan Sosial di Lingkungan sekitar

Ayo perhatikan sekelilingmu. Bersama dengan teman kelompokmu yang tinggal di daerah yang berdekatan, lakukan pengamatan terhadap kehidupan masyarakat di sekitarmu. Carilah informasi dari Ketua RT, atau orang tuamu tentang permasalahan sosial apa saja yang terjadi di sekitarmu. Identifikasikan penyebab masalah sosial tersebut dihubungkan dengan pelaksanaan hak dan kewajiban anggota masyarakat. Sebutkan juga, usaha apa saja yang telah dilakukan untuk mengatasinya. Tuliskan informasi dan hasil identifikasi yang kamu lakukan di tabel berikut ini.

Jawaban :

Masalah SosialPenyebabAkibatUsaha Untuk Mengatasi
SampahKebiasaan membuang limbah tidak pada tempatnyaKenyamanan dan kesehatan tergangguProgram daur ulang limbah, sosialisasi hidup sehat dan berdisiplin
Sungai kotorKebiasaan membuang sampah/ limbah ke sungaiSungai jadi sarang penyakit, serta mengakibatkan banjir saat musim hujanSosialisasi tentang Prokasih (Program Kali Bersih), serta sosialisasi tentang pentingnya sungai dan program kesehatan warga
Bangunan liarKemiskinan, pembuatan bangunan di fasilitas umumTidak nyaman dan tidak aman para pengguna fasilitas umumMengentaskan kemiskinan, program rumah susun bagi warga miskin
Kemacetan laulintasPenumpukan kendaraan pada jam sibuk dan tidak patuhnya pengguna jalan menaati peraturan lalu lintasTidak nyamannya pengguna jalan dan masyarakatMembuat peraturan lalu lintas yang lebih baik, sosialisasi tertib berkendara, menambah jumlah jalan

Tuliskan kesimpulanmu disini,

Jawaban : Adanya masalah sosial di sekitar kita dapat berdampak permasalahan bagi semua. Masalah sosial terjadi karena adanya hak dan kewajiban yang tidak seimbang dan tidak dijalankan oleh warga dengan baik. Semua permasalah sosial tersebut bisa diselesaikan bila hak dan kewajiban semua warga dapat dilakukan secara beriringan.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 172

Bagaimana dengan lingkungan sekolahmu? Adakah permasalahan yang dengan mudah kamu jumpai di sekolah?

Lakukanlah hal yang sama dengan mengidentifikasi permasalahan yang sering terjadi di sekolahmu. Kamu tahu bahwa sebagai pelajar memiliki hak dan kewajiban. Demikian juga dengan anggota komunitas sekolahmu, seperti para guru dan pegawai lainnya.

Jawaban, buka disini: Masalah Sosial di Lingkungan Sekolah dan Kesimpulan

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 174

Berdasarkan bacaan di atas, jawablah beberapa pertanyaan berikut ini. Lihat bacaan Usaha Bolu Meranti Medan di buku tematik siswa.

1. Bagaimana kue Bolu Meranti menjadi oleh-oleh khas Kota Medan?
2. Apa saja usaha yang dilakukan pemiliknya sehingga membuat bolu ini terkenal?
3. Bagaimana pengaruh keberadaan Bolu Meranti terhadap pembangunan ekonomi masyarakat Kota Medan?
4. Bagaimana pengaruh keberadaan Bolu Meranti terhadap pembangunan sosial budaya masyarakatnya?
5. Apakah di daerahmu juga punya sesuatu yang biasa dijadikan oleh-oleh khas daerahmu?

Jawaban, buka disini: Bagaimana Kue Bolu Meranti Menjadi Oleh-Oleh khas Kota Medan

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 175

Ayo Mengamati

Bagaimana dengan kegiatan masyarakat di daerah tempat tinggalmu? Lakukanlah kegiatan berikut ini di dalam kelompok.

1. Carilah informasi tentang oleh-oleh khas daerahmu yang terkenal sampai wilayah lain. Oleh-oleh itu dapat berupa makanan, atau kerajinan tangan khas daerah sepeti kain, patung, atau kerajinan lainnya.
2. Catatlah informasi tersebut.
3. Tuliskanlah kesimpulanmu dari kegiatan ini.

Demikian pembahasan secara lengkap kunci jawaban tema 6 kelas 5 halaman 169 170 171 172 174 175 Subtema 3 Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan pada pembelajaran 4 di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat dan berguna. Terimakasih, selamat belajar! Lihat juga pembahasan soal lain dikolom pencarian.

8 Comments