Masalah Sosial di Lingkungan Sekolah dan Kesimpulan Tema 6

Lakukanlah hal yang sama dengan mengidentifikasi Masalah Sosial di Lingkungan Sekolah buatlah kesimpulan disini, penyebab, akibat, usaha untuk mengatasi, pembahasan kunci jawaban tema 6 kelas 5 halaman 169 170 171 172 174 175 Tepatnya pada materi pembelajaran 4 subtema 3 Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan di buku tematik siswa.

Masalah Sosial di Lingkungan Sekolah dan Kesimpulan

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan dari tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal tentang Masalah Sosial di Lingkungan Tempat Tinggal di buku tematik siswa.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 172

Bagaimana dengan lingkungan sekolahmu? Adakah permasalahan yang dengan mudah kamu jumpai di sekolah?

Lakukanlah hal yang sama dengan mengidentifikasi permasalahan yang sering terjadi di sekolahmu. Kamu tahu bahwa sebagai pelajar memiliki hak dan kewajiban. Demikian juga dengan anggota komunitas sekolahmu, seperti para guru dan pegawai lainnya.

Jawaban :

Masalah SosialPenyebabAkibatUsaha Untuk Mengatasi
Perkelahian siswaTidak adanya rasa persaudaraan dan saling mengasihiTimbul perpecahan di kalangan siswa dan menjadi tidak nyamannya suasana belajarLebih membiasakan siswa untuk lebih mengenal satu dengan yang lain
Bolos sekolahTidak disiplin terhadap waktuKegiatan pembelajaran tergangguMemberikan sosialisasi/bimbingan tentang disiplin dan pentingnya bersekolah
Kekerasan fisik guruKurangnya pengertian dan pemahaman guruSuasana pembelajaran tidak nyaman, siswa jadi takut ke sekolahPelatihan guru, sosialisasi tujuan pendidikan di sekolah
Bullying siswaAdanya seseorang atau sekelompok siswa yang merasa lebih kuat dan hebat dari siswa yang lainKetidaknyamanan siswa lain terutama korban bully sehingga menderita secara fisik, verbal atau emosional/psikologisMeningkatkan nilai-nilai agama dalam kehidupan di sekolah serta mempererat persatuan, persaudaraan, dan persamaan kedudukan di mata siswa.

Buatlah kesimpulanmu di sini :

Adanya masalah sosial di lingkungan sekolah dapat menyebabkan tidak kondusifnya atau tidak nyamannya suasana pembelajaran di sekolah. Oleh karena itu, diperlukan kerjasama semua pihak untuk menghilangkan/mengurangi masalah sosial tersebut, baik dari pihak siswa sendiri, pihak sekolah/guru, pihak wali murid, pihak komite dan masyarakat. Lebih menekankan tentang pentingnya hak, kewajiban dan tanggung jawab secara bersama-sama.

Ayo Membaca

1. Bagaimana kue Bolu Meranti menjadi oleh-oleh khas Kota Medan?
2. Apa saja usaha yang dilakukan pemiliknya sehingga membuat bolu ini terkenal?
3. Bagaimana pengaruh keberadaan Bolu Meranti terhadap pembangunan ekonomi masyarakat Kota Medan?
4. Bagaimana pengaruh keberadaan Bolu Meranti terhadap pembangunan sosial budaya masyarakatnya?
5. Apakah di daerahmu juga punya sesuatu yang biasa dijadikan oleh-oleh khas daerahmu?

Jawaban, buka disini: Bagaimana Kue Bolu Meranti Menjadi Oleh-Oleh khas Kota Medan

Demikian pembahasan kunci jawaban soal tema 6 kelas 5 SD halaman 172 secara lengkap. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 4 subtema 3 Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian:

2 Comments