Makna yang Terkandung Dari Lagu Yamko Rambe Yamko Tema 8 Kelas 4

Apa makna yang terkandung dari lagu Yamko Rambe Yamko? Pembahasan kunci jawaban tema 8 kelas 4 SD dan MI halaman 15, tepatnya pada materi pembelajaran 2 subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku di buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2017.

Makna yang Terkandung Dari Lagu Yamko Rambe Yamko Tema 8 Kelas 4

Pembahasan makna lagu berjudul Yamko Rambe Yamko dari Papua kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal tentang tinggi rendah pada lagu tersebut. Sudah mengerjakannya kan? jika belum, silahkan buka link berikut ini!

Baca juga: Identifikasi Tinggi Rendah Nada dari Notasi Lagu Yamko Rambe Yamko

Lagu Yamko Rambe Yamko adalah lagu daerah yang berasal dari Papua. Lagu Yamko Rambe Yamko dinyanyikan dengan nada dasar C=do. Birama lagunya adalah 4/4. Birama 4/4/ berarti dalam satu birama terdapat empat ketukan.

Pada lagu Yamko Rambe Yanko, tinggi rendah nada yang digunakan adalah nada tinggi dan nada sedang. Nada rendah tidak digunakan dalam notasi lagu Yamko Rambe Yamko.

Kamu dapat pula mengetuk tempo lagu yang dinyanyikan. Rasakan bila tempo itu dipercepat.

Apa makna yang terkandung dari lagu ”Yamko Rambe Yamko”?

Jawaban:

Yamko Rambe Yamko lagu tentang peperangan yang menyedihkan. Lagu ini mengisahkan sebuah pertikaian dalam negeri. Di dalam lirik lagu ini, si penyanyi hendak menjadi pahlawan (disebut bunga bangsa) dan mempertahankan kemerdekaan.

Kerjakan juga soal selanjutnya:

Ayo Berlatih

Siapa saja tokoh-tokoh dalam cerita tersebut? Sebutkan tokoh-tokoh dalam cerita. Kemudian, ceritakan secara lisan cerita tersebut di depan teman-teman dan gurumu.

Jawab: buka DISINI.

Demikian pembahasan secara singkat kunci jawaban tema 8 kelas 4 SD/MI di buku tematik siswa halaman 15. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Terimakasih, selamat belajar!