Mengapa Seorang Tokoh Cerita Disebut Tokoh Utama dan Tambahan

Mengapa seorang tokoh cerita dapat disebut tokoh utama dan tokoh tambahan? Pembahasan Kunci jawaban Tema 8 kelas 4 halaman 39, tepatnya pada materi pembelajaran 4 subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku di buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2017.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal tentang Apa yang dimaksud dengan tokoh utama dan tambahan? Sudah mengerkannya kan? Jika belum, silahkan buka link tersebut!

Sudah mengerkannya kan? Jika belum, silahkan buka link tersebut!

Mengapa Seorang Tokoh Cerita Disebut Tokoh Utama dan Tambahan

Ayo Renungkan

1) Apa yang dimaksud dengan tokoh utama?

Jawab: Tokoh utama adalah tokoh yang memiliki peran penting dalam cerita, ditampilkan terus-menerus, dan mendominasi cerita.

2) Apa yang dimaksud dengan tokoh tambahan?

Jawab: Tokoh tambahan adalah tokoh yang dimunculkan sekali atau beberapa kali dalam cerita.

3) Mengapa tokoh cerita dapat disebut tokoh utama?

Jawab: Tokoh dapat disebut sebagai tokoh utama karena sebagai pembawa pesan, amanat, moral atau sesuatu yang ingin disampaikan pengarang.

4) Mengapa seorang tokoh cerita dapat disebut tokoh tambahan?

Jawab: Seorang tokoh dapat disebut tokoh tambahan karena hanya untuk menghidupkan cerita atau sekadar pemanis cerita.

Kerja Sama dengan Orang Tua : Carilah informasi tentang kegiatan ekonomi di lingkungan tempat tinggalmu. Apa pengaruh lingkungan terhadap kegiatan ekonomi masyarakat di lingkungan tempat tinggalmu? Diskusikan bersama orang tuamu.

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 7 kelas 4 SD/MI di buku tematik siswa halaman 39. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Kerjakan juga soal lain pada materi pembelajaran 4 subtema 1. Terimakasih, selamat belajar!