Pada Bagian Mana Lagu Apuse Dinyanyikan dengan Nada Tinggi?

Pada bagian mana lagu Apuse dinyanyikan dengan nada tinggi? Pada bagian mana lagu dinyanyikan dengan nada rendah? Pembahasan kunci jawaban tema 7 kelas 4 halaman 14, tepatnya pada materi pembelajaran 2 subtema 1 Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku. Buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2017.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas, sebelumnya di mana kalian telah mengerjakan soal tentang Informasi Baru yang Kamu Dapatkan dalam Teks Seni Gerabah pada materi pembelajaran 1. Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan buka link tersebut!

Ayo Mengamati!

Salah satu lagu terkenal dari Papua adalah “Apuse”. Lirik lagu “Apuse” menceritakan kisah perpisahan seseorang dengan kakek dan neneknya. Si cucu ini akan merantau ke negeri seberang. Perhatikan notasi lagu “Apuse” berikut. Dengarkan gurumu menyanyikan lagu ini.

Pada Bagian Mana Lagu Apuse Dinyanyikan dengan Nada Tinggi

Ayo Bernyanyi!

Bapak/Ibu gurumu telah memberi contoh menyanyikan lagu “Apuse”. Cobalah menyanyikan bersama teman-temanmu, lalu nyanyikan sendiri secara bergantian.

Ayo Berdiskusi!

Kamu telah menyanyikan lagu “Apuse”. Diskusikan jawaban pertanyaan-pertanyaan berikut bersama teman sebangkumu.

2. Pada bagian mana lagu dinyanyikan dengan nada tinggi?

Jawab:

Apuse kokon dao
Yarabe soren doreri
Wuf lenso bani nema baki pase

Apuse kokon dao
Yarabe soren doreri
Wuf lenso bani nema baki pase

Arafabye aswarakwar
Arafabye aswarakwar

Warna merah = nada tinggi

Kerjakan juga soal nomor 1, 3, dan 4 berikut ini :

1. Dapatkah kamu rasakan naik turunnya nada pada lagu “Apuse”? Jawab: buka DISINI.
3. Pada bagian mana lagu dinyanyikan dengan nada rendah? Jawab: buka DISINI.
4. Tuliskan syair lagu “Apuse”, lalu berikan tanda sesuai naik turunnya nada pada setiap suku kata lagu tersebut. Berikan tanda dengan menarik garis naik, rata, atau turun. Jawab: buka DISINI.

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 7 kelas 4 SD/MI di buku tematik siswa halaman 14 tentang Pada Bagian Mana Lagu Apuse Dinyanyikan dengan Nada Tinggi, tepatnya pada materi pembelajaran 2 subtema 1 Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Terimakasih, selamat belajar!