Pembelajaran 1 Tema 1 Subtema 1 Organ Gerak Hewan

Rangkuman materi pembelajaran 1 tema 1 subtema 1 Organ Gerak Hewan Kelas 5 SD dan kunci jawabannya. Pada topik pelajaran tematik 1 SD/MI kelas V tentang “Organ Gerak Hewan dan Manusia” dibagi menjadi beberapa subtema, salah satunya Organ Gerak Hewan. Subtema 1 ini dibagi menjadi 6 pembelajaran. Berikut ini ringkasan isi pembelajaran pertama.

Pembelajaran 1 Tema 1 Subtema 1 Organ Gerak Hewan

Pak, lucu ya, kelincikelinci itu. Bulunya tebal dan gerak-geriknya lincah. Kenapa kelinci bisa meloncat dan berlari dengan lincah seperti itu, ya?

Benar. Kelinci dapat bergerak lincah karena didukung oleh organ-organ geraknya. Pada dasarnya, organ gerak kelinci serta hewan lainnya hampir sama dengan organ gerak manusia.

Tanpa organ gerak, kita tidak bisa melakukan kegiatan apapun.

Ayo Membaca!

Organ Gerak Manusia dan Hewan

Salah satu ciri dari makhluk hidup adalah bergerak. Secara umum, gerak dapat diartikan berpindah tempat atau perubahan posisi sebagian atau seluruh bagian dari tubuh. Makhluk hidup akan bergerak apabila ada rangsangan yang mengenai sebagian atau seluruh bagian tubuhnya.

Gerak pada manusia dan hewan menggunakan organ gerak yang tersusun dalam sistem gerak. Organ gerak berguna untuk berjalan, berlari, melompat, meloncat, memegang, menggali, memanjat, berenang, dan sebagainya.

Organ gerak pada hewan dan manusia memiliki kesamaan. Alat-alat gerak yang digunakan pada manusia dan hewan ada dua macam, yaitu alat gerak pasif berupa tulang dan alat gerak aktif berupa otot. Kedua alat gerak ini akan bekerja sama dalam melakukan pergerakan. Kerja sama antara kedua alat gerak tersebut membentuk suatu sistem yang disebut sistem gerak.

Materi Pembelajaran 1 Tema 1 Subtema 1 Organ Gerak Hewan Kelas 5

Tulang disebut alat gerak pasif karena tulang tidak dapat bergerak dengan sendirinya. Tanpa adanya alat gerak aktif yang memengaruhi tulang, maka tulang-tulang pada manusia dan hewan akan diam dan tidak dapat membentuk alat pergerakan yang sesungguhnya. Walaupun merupakan alat gerak pasif, akan tetapi tulang mempunyai peranan yang besar dalam sistem gerak manusia dan hewan.

Otot disebut alat gerak aktif karena otot memiliki suatu senyawa kimia yang membuatnhya dapat bergerak. Pada saat otot yang menempel pada tulang bergerak, otot tersebut akan membuat tulang bergerak.

Ayo Berlatih

Teks berjudul “Organ Gerak Manusia dan Hewan” terdiri atas lima paragraf. Masing-masing paragraf tersusun dari ide atau gagasan pokok ditambah dengan kalimat-kalimat pengembang.

Ide pokok adalah gagasan yang menjadi dasar sebuah paragraf. Ide pokok disajikan ke dalam bentuk kalimat utama. Kalimat utama yang memuat ide pokok ini bisa berada di awal paragraf, di tengah paragraf, atau di akhir paragraf.

Contoh:

PARAGRAF 1

Ide Pokok : Salah satu ciri dari makhluk hidup adalah bergerak.
Kalimat Pengembang : Secara umum gerak dapat diartikan berpindah tempat atau perubahan posisi sebagian atau seluruh bagian dari tubuh makhluk hidup.

Berdasarkan informasi di atas, temukan ide pokok dan kalimat pengembang dari masing-masing paragraf.

Jawaban :

1. Paragraf 2, Ide pokok : Gerak pada manusia dan hewan menggunakan organ gerak tersusun dalam sistem gerak.

Kalimat Pengembang : Organ gerak berguna untuk berjalan, berlari, melompat, meloncat, memegang, menggali, memanjat, berenang, dan sebagainya.

2. Paragraf 3, Ide Pokok : Organ gerak manusia dan hewan memiliki kesamaan yakni tulang dan otot.

Kalimat Pengembang : Kedua alat gerak ini akan bekerja sama dalam melakukan pergerakan.

3. Paragraf 4: Ide Pokok : Tulang merupakan alat gerak pasif.

Kalimat Pengembang : Tanpa adanya alat gerak aktif yang memengaruhi tulang, maka tulang-tulang pada manusia dan hewan akan diam dan tidak dapat membentuk alat pergerakan yang sesungguhnya.

4. Paragraf 5: Ide Pokok : Otot merupakan alat gerak aktif

Kalimat Pengembang : Pada saat otot yang menempel pada tulang bergerak, otot tersebut akan membuat tulang bergerak.

Ayo Menulis!

Kembangkan ide-ide pokok berikut menjadi sebuah paragraf!

1. Organ gerak terdiri atas dua macam.

Contoh : Organ gerak manusia dan hewan terdiri dari dua macam. Ada organ gerak pasif, yakni tulang. Ada juga organ gerak aktif, yakni otot. Tulang dan otot memiliki fungsi masingmasing dalam sistem gerak manusia dan hewan.

2. Organ gerak banyak sekali fungsinya.

Contoh : Organ gerak banyak sekali fungsinya. Dengan organ gerak, kita dapat melakukan gerakan-gerakan dalam kegiatan sehari-hari. Misalnya, berjalan, berlari, memanjat, memegang, berenang, menggenggam, menoleh, dan lain-lain.

3. Tanpa organ gerak, manusia tidak dapat bergerak.

Contoh : Tanpa organ gerak manusia tidak akan bisa melakukan gerakan apaapa. Manusia tidak akan bisa melakukan aktivitas sehari-hari. Hal tersebut dikarenakan organ gerak adalah sistem yang meneruskan perintah dari otak dalam mengendalikan gerakan-gerakan, baik gerakan-gerakan spontan karena adanya rangsangan dari luar maupun gerakan-gerakan terencana.

Ayo Berdiskusi!

Kamu sudah berhasil menentukan ide pokok dari masing-masing paragraf bacaan “Organ Gerak Manusia dan Hewan” di atas. Sekarang, coba diskusikan dengan temanmu tentang Ide Pokok suatu bacaan.

Diskusikan tentang hal-hal berikut:
1. Pengertian Ide Pokok Bacaan
2. Fungsi Ide Pokok Bacaan
3. Cara Menentukan Ide Pokok Bacaan

Nah itulah rangkuman materi pembelajaran 1 tema 1 subtema 1 Organ Gerak Hewan Kelas 4 SD dan kunci jawabannya secara singkat, semoga bermanfaat. Lihat secara lengkap? Buka buku siswa dan guru tema 1 subtema 1 Organ Gerak Hewan. Terimakasih.

One Comment