Pembelajaran 1 Tema 1 Subtema 1 Tumbuhan Sahabatku Kelas 6

Rangkuman materi pembelajaran 1 tema 1 subtema 1 Tumbuhan Sahabatku Kelas 6 SD dan kunci jawabannya. Pada topik pelajaran tematik 1 SD/MI kelas VI tentang “Selamatkan Makhluk Hidup” dibagi menjadi beberapa subtema, salah satunya Tumbuhan Sahabatku. Subtema 1 ini dibagi menjadi 6 pembelajaran. Berikut ini ringkasan isi pembelajaran pertama.

Perhatikan berbagai tumbuhan di sekitarmu. Apa manfaat tumbuhan bagi kehidupan? Yuk, kita cari tahu.

Ayo Berdiskusi! Amatilah gambar berikut.

Pembelajaran 1 Tema 1 Subtema 1 Tumbuhan Sahabatku Kelas 6

Buatlah dua pertanyaan mengenai tumbuhan sebagai sumber kehidupan.

Mintalah temanmu untuk menjawabnya lalu diskusikanlah. Ternyata, tumbuhan dimanfaatkan oleh manusia dan hewan sebagai bahan makanan. Jadi, tumbuhan merupakan sumber kehidupan bagi semua makhluk hidup.

Ayo Membaca! Berikut adalah laporan pengamatan Edo.

Bagaimana Jagung Berkembang Biak?

Jagung merupakan salah satu tanaman yang dijadikan bahan makanan pokok di berbagai, negara, salah satunya di Indonesia. Di Indonesia, penduduk Pulau Madura menjadikan jagung sebagai makanan pokoknya. Jagung merupakan salah satu tanaman penghasil karbohidrat yang sangat diperlukan oleh tubuh.

Materi Pembelajaran 1 Tema 1 Subtema Tumbuhan Sahabatku

Seorang petani jagung, memulai pembiakan tanamannya dengan menanam biji jagung. Setelah tiga sampai empat hari bakal tanaman akan muncul di permukaan tanah. Tanaman jagung akan terus tumbuh menjadi besar. Tiga hingga tiga setengah bulan, buah jagung dapat dipanen oleh petani. Buah jagung yang berbentuk seperti tongkol pada
mulanya berupa sekuntum bunga.

Bunga jagung memiliki helai-helai rambut halus pada bagian ujungnya. Pada helai rambut tersebut terdapat tepung sari. Tepung sari akan terbang terbawa angin ketika angin bertiup. Tepung sari yang terbawa angin, sebagian akan jatuh di kepala putik yang terletak di bagian bawah bunga pada pohon jagung yang lain. Ketika itulah terjadi pembuahan.

Setelah terjadi pembuahan, bunga jagung tersebut terus berkembang hingga menjadi buah jagung. Perkembangan itulah yang dapat diamati dari waktu ke waktu. Buah jagung akan siap dipanen ketika rambut jagung sudah berwarna kecokelatan dan bagian tongkolnya sudah mengering. Apabila buah jagung tersebut dikupas akan memperlihatkan biji jagung yang kekuningan. Bagian yang dimakan oleh manusia adalah biji jagung.

Supaya jagung selalu tersedia sebagai bahan makanan manusia, maka petani jagung harus menanam kembali sebagian biji jagung dari hasil panen. Biji jagung yang tua dapat ditanam kembali. Dari sinilah akan dimulai lagi perkembangbiakan jagung.

Soal :

Tulislah ide pokok dan informasi penting dari teks berjudul ‘Bagaimana Jagung Berkembang Biak?’ dengan mengisi diagram berikut.

Diskusikan diagrammu dengan teman kelompokmu. Kembangkan ide pokok dan informasi pada diagram menjadi sebuah tulisan. Serahkan tulisanmu kepada gurumu.

Ayo Mengamati!

Salah satu contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan bunga adalah tumbuhan jagung. Tepung sari pada bunga jagung akan terbang terbawa angin ketika angin bertiup. Tepung sari yang terbawa angin, sebagian akan jatuh di kepala putik yang terletak di bagian bawah bunga pada pohon jagung yang lain. Ketika itulah terjadi pembuahan.

Perkembangbiakan ini dinamakan perkembangbiakan generatif. Tahukah kamu bagaimana proses perkembangbiakan generatif? Amatilah gambar bagian–bagian bunga berikut ini.

Kunci jawaban Pembelajaran 1 Tema 1 Subtema Tumbuhan Sahabatku Kelas 6

Ayo Berdiskusi !

Amatilah lingkungan di sekitarmu. Temukan satu jenis tumbuhan yang sedang berbunga. Gambarkan bagian-bagian bunga dan tuliskan cara penyerbukannya pada kolom berikut ini. Cek jawabannya DISINI.

Sampaikan hasilnya kepada teman kelompokmu. Adakah perbedaan dengan hasil temanmu? Apakah perbedaannya? Diskusikan perbedaan tersebut dengan temanmu! Menurutmu, apa manfaat perkembangbiakan generatif? Carilah informasinya dan tuliskan pada tempat yang disediakan.

Manfaat perkembang biakkan generatif: Dapat melakukan pengembangan varietas tanaman baru dengan penyilangan. Menghasilkan bibit yang memiliki akar dan batang kuat. Melestarikan keanekaragaman hayati.

Ayo Berlatih!

Bunga yang indah bukan hanya tumbuh di Indonesia. Negara-negara lain seperti negara tetangga pun memiliki bunga yang cantik. Karena kondisi geografis yang hampir sama, bunga yang tumbuh tidak jauh berbeda jenisnya. Perhatikan jenis-jenis bunga yang tumbuh di negara-negara tetangga.

Bunga kembang sepatu tumbuh di Indonesia dan Malaysia. Bunga ini dapat digunakan sebagai pewarna. Di Malaysia, bunga kembang sepatu dinamakan Bunga Raya dan merupakan bunga nasional.

bunga kamboja

Perhatikan bunga kamboja pada gambar diatas. Bunga ini sering digunakan dalam perlengkapan tari di Bali. Dor Champa atau bunga kamboja dapat ditemukan di Indonesia dan Laos. Di negara tersebut bunga ini digunakan untuk dekorasi upacara keagamaan dan penyambutan tamu.

Malaysia, Laos, dan Indonesia hidup berdampingan. Meskipun berbeda negara, namun ketiganya memiliki persamaan dalam kehidupan sosial dan budaya. Masih banyak negara lainnya yang memiliki kesamaan. Oleh sebab itu, mereka menggabungkan diri dalam suatu organisasi yang bernama ASEAN, yaitu persatuan negara-negara se-Asia Tenggara. Berikut adalah ke-10 negara ASEAN.

Kondisi Geografis Asia Tenggara

Letak geografis Asia Tenggara berada di antara tiga perairan, yaitu:

  • Samudra Hindia dan Teluk Benggala di bagian barat;
  • Laut Cina Selatan di utara; dan
  • Samudra Pasifik di timur

Wilayah Asia Tenggara dibagi menjadi dua dataran yaitu:

  1. Daratan Berbentuk Semenanjung : Wilayah yang berbentuk semenanjung adalah Myanmar, Thailand, Laos, Kamboja, Vietnam, dan wilayah Malaysia bagian barat.
  2. Daratan Berbentuk Gugusan Kepulauan : Wilayah yang berbentuk gugusan kepulauan adalah Filipina, Indonesia, wilayah Malaysia bagian timur, Singapura, dan Brunei Darussalam.

Nah itulah rangkuman materi pembelajaran 1 tema 1 subtema 1 Tumbuhan Sahabatku Kelas 6 SD dan kunci jawabannya secara singkat, semoga bermanfaat. Lihat secara lengkap? Buka buku siswa dan guru tema 1 subtema 1 Tumbuhan Sahabatku.

2 Comments