Pembelajaran 1 Tema 1 Subtema 1 Tumbuhan Sumber Kehidupan Kelas 6

Rangkuman materi pembelajaran 1 tema 1 subtema 1 Tumbuhan Sumber Kehidupan Kelas 6 SD dan kunci jawabannya. Pada topik pelajaran tematik 1 SD/MI kelas VI tentang “Selamatkan Makhluk Hidup” dibagi menjadi beberapa subtema, salah satunya Tumbuhan Sumber Kehidupan. Subtema 1 ini dibagi menjadi 6 pembelajaran. Berikut ini ringkasan isi pembelajaran pertama.

Tahukah Kamu? Perhatikan lingkungan di sekitarmu. Berbagai jenis tumbuhan ada di sekitarmu. Apa manfaat tumbuhan bagi kehidupan? Yuk, kita cari tahu!

Ayo Amati! Amatilah gambar berikut ini!

Pembelajaran 1 Tema 1 Subtema 1 Tumbuhan Sumber Kehidupan

Setelah mengamati gambar diatas, bersama dengan kelompokmu, jawablah pertanyaan berikut!

1. Siapa saja yang memperoleh manfaat dari tumbuhan?
2. Apa manfaat tumbuhan bagi manusia?
3. Apa manfaat tumbuhan bagi hewan?
4. Apakah tumbuhan merupakan sumber bagi kehidupan? Jelaskan!
5. Apa yang akan terjadi jika tidak ada tumbuhan? Coba jelaskan menurutmu!

Sampaikan hasil diskusi dengan kelompokmu di depan kelas.

Pembahasan jawaban soal pertanyaan diatas :

1. Hewan dan manusia memperoleh manfaat dari tumbuhan.

2. Manfaat tumbuhan bagi manusia, antara lain sebagai sumber energi bagi manusia, sumber vitamin untuk menjaga kesehatan tubuh, sumber oksigen untuk bernapas, pengikat air tanah, dan peneduh dan memperindah kehidupan di bumi.

3. Manfaat tumbuhan bagi hewan, yaitu sebagai sumber energi bagi hewan untuk tumbuh berkembang menjadi besar.

4. Ya, tumbuhan merupakan sumber bagi kehidupan manusia dan hewan, karena tumbuhan adalah produsen penghasil cadangan makanan dan sumber oksigen untuk bernapas dan melindungi bumi dari sengatan sinar matahari.

5. Beberapa hal yang akan terjadi jika tidak ada tumbuhan adalah manusia dan hewan tidak memiliki sumber makanan dan bumi akan gersang, sehingga kehidupan akan berakhir.

Ternyata, tumbuhan dimanfaatkan oleh manusia sebagai bahan makanan. Tumbuhan juga dimanfaatkan oleh hewan sebagai bahan makanan. Jadi, tumbuhan merupakan sumber kehidupan bagi semua makhluk hidup.

Setelah mengetahui manfaat tumbuhan bagi kehidupan, Udin ingin belajar lebih jauh mengenai perkembangbiakan tumbuhan. Cermati kisah Udin berikut ini.

KISAH UDIN

Liburan sekolah telah tiba. Udin mengunjungi pamannya di desa. Pak Umar, nama pamannya. Dia seorang petani jagung. Udin datang ke rumah pamannya tidak untuk berlibur saja. Udin juga ingin belajar. Ibu guru memberikan tugas selama liburan. Ibu guru ingin anak-anak memberikan laporan terperinci (laporan investigasi) tentang satu hal yang menarik dan bermanfaat yang dilihat selama liburan. Udin ingin mengetahui tentang tanaman jagung, terutama tentang perkembangbiakannya.

Hari pertama di rumah paman, Udin mengajukan beberapa pertanyaan tentang cara menanam jagung kepada pamannya.

“Paman, aku ingin mengetahui bagaimana jagung berkembang biak. Aku juga ingin mengetahui, seandainya paman tidak menanam biji jagung di ladang saat musim tanam. Apakah mungkin tanaman jagung akan terus bertambah banyak?” begitu Udin mengawali pertanyaannya.

“Wah, pertanyaanmu menarik sekali, Udin. Besok pagi-pagi, kamu ikut paman ke ladang, ya. Paman dan beberapa pekerja di ladang akan menjawab pertanyaan-pertanyaanmu.”

Seminggu lamanya Udin berlibur di rumah pamannya. Udin memperoleh banyak informasi baru mengenai tanaman jagung. Udin juga mencari gambar-gambar tentang perkembangbiakan tanaman jagung untuk melengkapi laporannya.

Udin senang sekali. Liburannya memberikan banyak oleh-oleh. Udin senang karena dapat bertemu pamannya. Udin menikmati tinggal di lingkungan yang berbeda. Udin juga senang memperoleh pengetahuan baru tentang tanaman jagung yang merupakan salah satu makanan kesukaannya.

Soal dan pembahasan jawabannya!

1. Apa yang dilakukan Udin ketika liburan sekolah? Udin mencari informasi tentang perkembangbiakan tanaman jagung dengan melakukan wawancara, mengamati, dan mencari gambar saat liburan sekolah.

2. Siapakah Pak Umar itu? Apa pekerjaan Pak Umar? Pak Umar adalah paman Udin, ia seorang petani jagung.

3. Apa yang ingin Udin pelajari dari Pak Umar? Udin ingin mempelajari tentang perkembangbiakan tanaman jagung dari Pak Umar.

4. Mengapa Udin bertanya berbagai hal mengenai jagung kepada Pak Umar? Untuk mengumpulkan informasi, yang akan Udin tulis dalam bentuk teks laporan

5. Apa saja yang dilakukan Udin untuk membuat tugas laporannya? Udin melakukan investigasi untuk membuat tugas laporannya.

Amatilah bagian–bagian bunga sempurna berikut ini.

Materi Pembelajaran 1 Tema 1 Subtema 1 Tumbuhan Sumber Kehidupan Kelas 6

Carilah bunga di lingkungan sekolahmu. Petiklah bunga tersebut, kemudian amati bagian-bagiannya. Gambarlah bagian-bagian bunga tersebut. Bandingkan hasilmu dengan temanmu. Apakah sama? Apakah semua bunga merupakan bunga sempurna? Jelaskan!

Perkembangbiakan secara generatif (kawin) :

  1. Perkembangbiakan secara generatif (secara kawin) dilakukan melalui proses penyerbukan dan pembuahan.
  2. Perkembangbiakan generatif pada tumbuhan diawali dengan penyerbukan, yaitu melekatnya atau jatuhnya serbuk sari ke kepala putik.
  3. Setelah terjadi penyerbukan, pada serbuk sari tumbuh buluh serbuk sari yang menuju ke ruang bakal biji. Kemudian serbuk sari (sel kelamin jantan atau spermatozoid) akan masuk ke ruang bakal biji melalui buluh serbuk sari.
  4. Di dalam ruang bakal biji terjadi pembuahan, yaitu peleburan serbuk sari (sel kelamin jantan atau spermatozoid) dengan kepala putik (sel kelamin betina atau sel telur).
  5. Hasil dari pembuahan adalah zigot.
  6. Zigot berkembang menjadi lembaga, bakal biji berkembang menjadi biji dan bakal buah, kemudian bakal buah berkembang menjadi daging buah.
  7. Lembaga yang berada di dalam biji merupakan calon tumbuhan baru.

Ladang Sumber Kehidupan

Pak Umar memiliki ladang seluas 1.000 m2. Ladang tersebut merupakan sumber mata pencaharian Pak Umar dan keluarganya. Selain hasil dari menanam dijual, bahan makanan yang berasal dari ladang juga diolah untuk dimakan oleh Pak Umar dan keluarganya.

Pak Umar dan keluarganya merawat tumbuhan di ladang dengan penuh kasih sayang. Pak Umar menanami 0,25 bagian dari ladangnya dengan kacang panjang, ¼ bagian ditanami pohon mangga, dan sisanya ditanami jagung.

1. Tuliskan luas setiap bagian ladang Pak Umar dalam bentuk pecahan biasa, desimal, dan persen pada tabel berikut

Kunci Jawaban Pembelajaran 1 Tema 1 Subtema 1 Tumbuhan Sumber Kehidupan

2. Dalam satu tahun Pak Umar tiga kali memanen jagung, dua kali memanen mangga, dan empat kali memanen kacang panjang. Hitung total jumlah setiap jenis tanaman tersebut yang dijual dan dikonsumsi. Tuliskan dalam tabel berikut.

Pembelajaran 1 Tema 1 Subtema 1 Tumbuhan Sumber Kehidupan Kelas 6

2. Berapa rupiah uang yang didapat Pak Umar dari hasil panen untuk semua jenis tanaman?

Materi 1 Tema 1 Subtema 1 Tumbuhan Sumber Kehidupan

2. Berapa rupiah uang yang digunakan Pak Umar setiap tahun untuk membeli pupuk dan perawatan, ditabung untuk biaya sekolah anak-anaknya, dan untuk biaya kehidupan sehari-hari?

Berapa rupiah uang yang digunakan Pak Umar setiap tahun untuk membeli pupuk dan perawatan

Nah itulah rangkuman materi pembelajaran 1 tema 1 subtema 1 Tumbuhan Sumber Kehidupan Kelas 6 SD dan kunci jawabannya secara lengkap, semoga bermanfaat. Terimakasih.

One Comment