Pemimpin Idolamu dan Nilai-nilai Kepemimpinan Mencerminkan Pengamalan

Tulislah pemimpin idolamu dan nilai-nilai kepemimpinan yang mencerminkan pengamalan nilai-nilai persatuan dan kesatuan, pembahasan kunci jawaban tema 7 kelas 6 halaman 53 54 55 58 59 60 tepatnya pada materi pembelajaran 1 Subtema 2 Pemimpin Idolaku.

Tuliskan Pemimpin Idolamu dan Nilai Kepemimpinan Mencerminkan Pengamalan

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal Nilai Kemanusiaan Apakah yang Diterapkan Petugas Pemadam Kebakaran di buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2018.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 53

Ayo Menulis

Kamu sudah belajar tentang kepemimpinan dan nilai-nilai yang harus dimiliki. Di sekitar kita banyak pemimpin yang baik dan kita mengidolakannya. Apakah kamu memiliki seorang pemimpin idola? Siapakah dia? Mengapa kamu mengidolakannya?

Tulislah pemimpin idolamu dan nilai-nilai kepemimpinan yang mencerminkan pengamalan nilai-nilai persatuan dan kesatuan. Jangan lupa menuliskan contoh kegiatan yang telah dilakukannya.

Jawaban : Pemimpin idola saya adalah bapak saya sendiri. Beliau orang yang agamis, ramah selalu optimis, tidak membeda-bedakan orang, dan selalu bersyukur dan selalu berpikiran positif serta tegas. Beliau membuat program 1 jam bersama keluarga tanpa perangkat elektronik seperti bermain HP ataupun menonton TV. Kegiatan yang kami lakukan macam-macam selama program 1 jam tanpa gadget tersebut, antara lain berdiskusi sambil bersantai di teras rumah, rekreasi atau makan bersama keluarga atau kegiatan yang lainnya. Dengan kegiatan tersebut, maka timbul diantara kami sekeluarga rasa kebersamaan dan rasa persatuan diantara anak-anak beliau semakin kuat.

Contoh pemimpin lain yaitu Ir. Soekarno.

Ir. Soekarno adalah presiden pertama Indonesia. Beliau selalu menanamkan rasa persatuan dan pentingnya mengenang perjuangan kemerdekaan dengan semboyan “jasmerah” yaitu jangan sekali sekali melupakan sejarah. Dengan melihat sejarah bangsa Indonesia yang berjuang dalam mendapatkan kemerdekaan dan seharusnya para penerus bangsa harus berjuang untuk mempertahankan kemerdekaan.

Sifat kepemimpinan yang juga menonjol dari Ir. Soekarno yaitu rasa percaya diri yang kuat, penuh inisiatif dan inovatif serta kaya akan ide dan gagasan baru.

Diskusikan tulisanmu dengan tulisan teman satu kelompokmu. Adakah persamaan antara hasil tulisanmu dengan hasil tulisan mereka?

Gabungkanlah nilai-nilai kepemimpinan tokoh idolamu dan nilai-nilai kepemimpinan yang dimiliki oleh pemimpin idola teman satu kelompokmu. Pilihlah tiga nilai kepemimpinan dan contoh kegiatannya yang patut diteladani. Tuliskan ketiga nilai tersebut pada kotak yang bertuliskan ‘nilai’ dan tuliskan kegiatan yang telah dilakukannya pada kotak di sebelah kanan.

Jawaban, buka disini: Gabungkanlah Nilai-Nilai Kepemimpinan Tokoh Idolamu dan Teman

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 7 kelas 6 halaman 53 secara lengkap. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 1 subtema 2 Pemimpin Idolaku di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian:

One Comment