Pengaruh Perubahan Cuaca Bagi Kehidupan Manusia Tema 5 Kelas 3

Pengaruh perubahan cuaca bagi kehidupan manusia, dapatkah kamu menyusun informasi dari berita yang didengar oleh Lani? Tuliskan informasi tersebut pada tempat yang telah disediakan. Pembahasan kunci jawaban tema 5 kelas 3 halaman 103, tepatnya pada materi pembelajaran 5 subtema 2 Perubahan Cauca, buku tematik kurikulum 2013 revisi 2017.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal tentang Mengapa bersatu dalam keberagaman itu penting. Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan buka link tersebut!

Ayo Membaca!

Lani dan teman-teman beristirahat sejenak dari permainan mereka. Mereka duduk-duduk di pinggir lapangan. Lani lalu bercerita tentang berita tadi malam di radio. Ternyata, pengaruh cuaca terhadap kehidupan manusia itu sangat besar.

Pengaruh cuaca terhadap kehidupan manusia itu sangat besar.

Apa Saja Pengaruh Cuaca bagi Kehidupan Manusia?\

Saat cuaca hujan, tanah akan menjadi basah. Berbagai jenis tumbuhan menyukai kondisi seperti ini. Cuaca panas berpengaruh terhadap kegiatan menjemur pakaian basah. Pakaian yang kita jemur akan cepat kering.

Cuaca juga berpengaruh terhadap pakaian yang kamu gunakan. Saat cuaca hujan, suhu udara sangat dingin. Kita memakai pakaian tebal agar tubuh tidak kedinginan. Saat cuaca panas, tubuh kita berkeringat. Kita membutuhkan pakaian yang dapat menyerap keringat.

Ayo Menulis!

Dapatkah kamu menyusun informasi dari berita yang didengar oleh Lani?

Bacalah sekali lagi teks berita yang diceritakan Lani. Diskusikanlah dengan temanmu. Lalu, susun informasi yang kamu peroleh dari teks berita tersebut.

Tuliskan informasi tersebut pada tempat yang telah disediakan.

Jawaban:

Pengaruh Perubahan Cuaca Bagi Kehidupan Manusia Tema 5 Kelas 3

Ayo Mengamati!

Udara masih terasa sejuk. Lani dan teman-teman kembali bermain lompat tali. Talinya terbuat dari rangkaian karet gelang. Saat asyik bermain, tiba-tiba talinya putus. Karet-karet gelang berceceran di atas lapangan. Teman-teman langsung membantu Siti memperbaiki tali itu.

Edo dan Beni memungut karet gelang yang berceceran di atas lapangan. Mereka mengumpulkan karet gelang itu ke Udin. Udin kemudian menyerahkan karet gelang tersebut kepada Siti. Dayu dan Lani membantu merangkai kembali karet gelang tersebut.

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 5 kelas 3 SD/MI di buku tematik siswa halaman 103. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian, kerjakan juga soal lain pada materi pembelajaran 5 subtema 2 Perubahan Cuaca. Terimakasih, selamat belajar!